Mendikbud: Kapan Hutang Layanan Bisa Dilunasi?

Sun, 03/10/2013 (All day)

Jakarta -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh pada saat melantik dan mengambil sumpah para pejabat eselon II, eselon III dan eselon IV di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menekankan kepada setiap pejabat yang baru dilantik agar mereka membuat rekapitulasi berapa hutang piutang layanan yang belum terlunasi. "Kemudian targetkan kapan hutang piutang layanan tersebut dapat dilunasi," ujar Mendikbud di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Jumat (08/03).

Menteri Nuh juga mengingatkan para pejabat untuk fokus meningkatkan layanan terbaik kepada masyarakat maupun institusi yang berkaitan dengan masalah pendidikan dan kebudayaan sesuai tugas, pokok, dan fungsi masing-masing. "Mari kita selalu berkomitmen dalam memberikan layanan terbaik ke masyarakat, mereka akan memberikan nilai positif jika kita memberikan layanan yang baik," kata mantan Menkominfo tersebut.

Terkait dengan pengelolaan APBN agar sesuai dengan prinsip akuntabilitas dan peraturan yang berlaku. "Kita tidak ingin ada berita penyimpangan dalam pengelolaan anggaran yang akan membuat kita terjerat di masa yang akan datang," tegasnya. Karena itu, perencanaan keuangan harus berbasis kinerja, dan tidak perlu ada rasa ketakutan yang berlebihan  yang akan membuat sulit bergerak. "Tetapi apa yang menjadi program prioritas harus dilaksanakan dengan baik dan tuntas," imbuh Menteri Nuh.

Para pejabat yang dilantik adalah  mereka yang sudah menduduki jabatan sebelumnya pada saat masih dalam Kementerian Pendidikan Nasional dan sebagian pejabat  baru yang menduduki jabatan baru.  Dalam pelantikan tersebut, Mendikbud melantik 350 pejabat baru terdiri dari 33 pejabat eselon II, 102 pejabat eselon III, dan 215 pejabat eselon IV di lingkungan Kemdikbud. Dalam kesempatan tersebut juga dilantik 3 direktur politeknik yang baru yaitu Direktur Politeknik Negeri Fakfak, Direktur Politeknik Madiun dan Direktur Politeknik Negeri Madura.

Khusus untuk ketiga direktur politeknik  Menteri Nuh berpesan sebagai politeknik baru supaya berupaya meletakkan pondasi yang benar dan kokoh baik pondasi manajemen maupun pondasi akademik. "Mumpung masih awal kembangkan tradisi akademik, semangat kerja keras dan taati aturan tentang akuntabilitas," pesan Mendikbud.

Hadir pada acara pelantikan tersebut Wakil Menteri Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti, para pejabat eselon I di lingkungan Kemdikbud, dan Bupati Fakfak Muhammad Iswanas. (JS)