Wahana Jelajah Angkasa Hari Ini Diresmikan

Wed, 03/13/2013 (All day)

Tangerang Selatan -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Rabu (13/3/2013) meresmikan Wahana Jelajah Angkasa, yaitu sebuah laboratorium mini untuk mengamati jagad raya melalui gambar-gambar yang diambil dari repository organisasi penjelajahan luar angkasa Amerika Serikat (NASA). Peresmian wahana ini digelar di kantor Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud, Ciputat Tangerang Selatan, dimana Wahana Jelajah Angkasa ini berada. Wahana pendidikan ini hadir berkat kerja sama antara Pustekkom Kemdikbud dengan Microsoft Research.

Mendikbud menyambut positif hadirnya wahana pendidikan ini, dan berharap Wahana Jelajah Angkasa tersebut menjadi wahana wisata edukasi yang mencerdaskan sekaligas menyenangkan. "Istilah wisata edukasi ini kita gunakan karena kita menginginkan ada suasana yang lain dan sekaligus untuk membedakan edukasi yang berbasis konservatif dan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," kata Menteri Nuh. Mantan Rektor ITS tersebut lebih lanjut mengemukakan bahwa ujung atau muara yang ingin diperoleh dari wisata edukasi ini adalah siswa atau pengunjung mendapatkan ilmu, ketrampilan, dan sikap yang positif.

Kepada pimpinan Pustekkom dan jajarannya, Mendikbud berpesan dua hal. Pertama, agar Pustekkom mengintegrasikan dengan matang seluruh elemen dan fasilitas yang dimilikinya sebagai satu kesatuan yang utuh. "Kedua, tidak cukup hanya keluarga besar kemdikbud saja yang tahu semua fasilitas Pustekkom, namun masyarakat umum harus mengetahui apa yg kita miliki," ujar mantan Menkominfo tersebut.

Kepala Pustekkom, Ari Santoso dalam kesempatan tersebut menyatakan kesiapannya untuk menjalankan pesan Mendikbud tersebut. Saat ini, menurut Ari Santoso, Wahana Jelajah Angkasa ini telah diintegrasikan dengan Portal Rumah Belajar (http://belajar.kemdikbud.go.id) dan TV Edukasi. "Jadi masyarakat selain dapat datang berkunjung ke Pustekkom untuk belajar di wahana ini,dapat juga memanfaatkan Rumah Belajar karena sudah ada integrasi," ujar dosen ITS tersebut. Selain itu sosialisasi tentang fasilitas yang dimiliki Pustekkom kepada masyarakat umum khususnya masyarakat pendidikan terus dilakukan, kata Kepala Pustekkom. (NW)