Mendikbud Lantik 17 Pejabat Kemdikbud

Fri, 03/22/2013 (All day)

Jakarta --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melantik 17 pejabat Kemdikbud yang terdiri atas rektor, pejabat kopertis, dan pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Kemdikbud. Pelantikan berlangsung di Graha Utama Gedung A Kemdikbud, Jumat (22/3) pagi.

Dalam arahannya Mendikbud mengatakan, pejabat yang baru saja dilantik harus mengedepankan pentingnya tata kelola. Baik tata kelola anggaran maupun tata kelola sumber daya manusia dan keilmuannya. “Tolong betul pembenahan tata kelola dengan menganut prinsip-prinsip good governance dijadikan pegangan dalam mengelola perguruan tinggi kita. Tidak hanya menyangkut materi, APBN, tapi termasuk tata kelola pengelolaan keilmuan kita,” kata Mendikbud.

Khusus untuk rektor perguruan tinggi, Mendikbud meminta agar perguruan tinggi berpegang pada tri dharma perguruan tinggi secara utuh. Perguruan tinggi tidak boleh membeda-bedakan antara bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “Yakinkan kepada seluruh civitas akademika, bahwa tiga pilar itulah yang harus kita kembangkan, kita tumbuhkan dan kita ditegakkan,” katanya.

17 pejabat yang dilantik Mendikbud antara lain, Rochmat Wahab sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta periode ke-dua, I Gede Arya Sughiarta sebagai Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar, Bambang Widigdo sebagai Rektor Universitas Borneo Tarakan, Dadang Sudiyarto sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III di Jakarta, I Made Madera sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VIII Denpasar, Tapilatu Matheis William sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah XII Ambon.

Untuk pejabat struktural Kemdikbud, Mendikbud melantik Mansur Fauzi sebagai Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling, dan sepuluh kepala bidang dan kepala subbidang di Kemdikbud. (AR)