Mendikbud: Anggaran Kurikulum 2013 Sesuai Jumlah Sasaran

Mon, 05/06/2013 (All day)

Semarang, Jawa Tengah --- Kebijakan Kurikulum 2013 secara positif akan tetap dilaksanakan pada Juli tahun ini. Saat ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang mematangkan nominal anggaran kurikulum 2013. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh ketika ditemui usai memberikan Sosialisasi Kurikulum di Universitas Negeri Semarang (Unes), Semarang, Sabtu (4/5), mengatakan anggaran kurikulum 2013 akan disesuaikan dengan jumlah sasaran peserta didik. "Anggaran prinsipnya sudah oke, dan penetapannya bergantung dari sasarannya itu," ujarnya.

Dia menjanjikan, penetapan jumlah sasaran akan selesai pada Senin minggu depan (6/5). "Sekarang sedang dimatangkan, Insya Allah, Senin akan diputuskan SD, SMP, SMA/SMKnya berapa," jelasnya. 

Terkait penetapan sasaran, Mendikbud juga menegaskan untuk lebih realistis, dengan prinsip bertahap dan terbatas. Maksudnya, bertahap bagi setiap jenjang yaitu kelas I dan IV untuk SD, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk SMA/SMK. "Kita tidak ingin menggebu-gebu, kita ingin realistis saja. Kalau bisanya 2.000, ya 2.000," katanya.

Walaupun begitu, dia melanjutkan,  penetapan sasaran itu tetap harus mewakili tiap provinsi di Indonesia. Menteri Nuh menyebutkan, keputusan penyesuaian jumlah anggaran dengan jumlah sasaran peserta didik merupakan hasil rapat Mendikbud dengan Wakil Presiden Boediono terkait anggaran kurikulum pada Selasa pekan lalu, (30/4). (GG)