Jawa Tengah Siap Selenggarakan UN SD

Senin, 06/05/2013

Semarang, Jateng--Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Dasar (UN SD) besok, Senin (6/5), Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Nur Hadi Armiyanto menyatakan kesiapan Jawa Tengah untuk menyelenggarakan UN SD dengan lancar. "Alhamdullilah, tiga hari sebelum hari H, sudah kami selesaikan semuanya,"ujarnya, kemarin, Sabtu(4/5).

Mengenai antisipasi keamanan naskah soal UN, Nur Hadi mengungkapkan adanya langkah preventif yang sudah dilakukan, yaitu pengecekan ulang pasca pengepakan naskah soal.

Dia, ditemui saat Sosialisasi Kurikulum di Universitas Negeri Semarang, menjelaskan naskah soal yang sekiranya sudah layak didistribusikan kembali dibongkar untuk dicek ulang kualitas cetaknya. Pembongkaran ini dilakukan saat naskah tersebut masih di percetakan. Kadisdik yang baru dilantik enam bulan lalu ini menjelaskan prosedur pembongkaran. "Naskah yang sudah selesai dicetak, dan dikemas, kami bongkar kembali," jelasnya.

Apabila terdapat naskah soal yang  tidak sesuai urutan, maka naskah tersebut akan dicetak ulang. "Kami lakukan teknik itu dengan sampling pada beberapa kabupaten di Semarang," lanjutnya.

Nur Hadi mengungkapkan terdapat sekitar 1,5 juta peserta didik yang mengikuti UN SD di Jateng. "Jadi hampir seratus juta soal yang kami persiapkan," tutur Nur Hadi. 

Terkait laporan kesiapan Jateng, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M.Nuh pun meninjau ke tempat penyimpanan naskah soal, di Dinas Pendidkan Pemprov Jateng. Nuh mengapresiasi terhadap kesiapan Jateng tersebut."Bagus, semuanya sesuai POS, lancar ya untuk esok,"ujarnya.(GG)
 

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013