Warga Jakarta Nikmati Pergelaran Wayang Kulit di Kemdikbud

Sun, 05/05/2013 (All day)

Jakarta --- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013 dimeriahkan dengan pergelaran wayang kulit dengan lakon Begawan Cipto Ning. Pergelaran wayang kulit tersebut diselenggarakan di Plasa Insan Berprestasi Gedung A Kemdikbud, Jakarta, pada Jumat malam (3/5). Dalam pergelaran tersebut, diadakan juga dialog interaktif dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengenai Kurikulum 2013.

Ki Anom Suroto bertindak sebagai dalang dalam pergelaran wayang kulit. Pergelaran wayang kulit dari dalang asal Solo tersebut dimeriahkan dengan kehadiran Kirun dan Mamik Prakoso sebagai bintang tamu. Antusiasme masyarakat terhadap pergelaran wayang kulit ini pun cukup tinggi. Ratusan orang mendatangi Gedung A Kemdikbud untuk menikmati pergelaran wayang kulit yang dimeriahkan juga dengan kehadiran para pedagang kaki lima di lapangan Kemdikbud.

Dalam dialog interaktif di sela-sela pergelaran wayang kulit, Mendikbud M. Nuh menjawab pertanyaan seputar Kurikulum 2013. Dijelaskannya, perubahan kurikulum pada tahun 2013 ini dilakukan karena pertimbangan perubahan zaman. Kurikulum 2013 akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2013/2014.

Pemberlakuan kurikulum baru tersebut akan dilakukan secara bertahap dan terbatas. Bertahap berarti untuk awal akan diberlakukan bagi kelas 1, 4, 7, dan 10. Sedangkan terbatas diartikan bahwa jumlah sekolah yang melaksanakannya disesuaikan dengan tingkat kesiapan sekolah. (DM)