Pendidikan Karakter dalam Penyelenggaraan FLS2N

Rabu, 20/06/2012

Mataram -- Penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2012 ini termasuk upaya untuk membina karakter siswa. “Selain sejumlah lomba dan festival seni untuk mengembangkan aspek etika dan estetika siswa, panitia juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk pendidikan karakter,” kata Suharlan, Ketua Umum Perlombaan FLS2N Tingkat SMA, di Mataram, Senin (18/6). "Panitia sudah menyiapkan sebuah acara untuk menggali dan mengembangkan potensi siswa."

Sebelum perlombaan dimulai pada Selasa (19/6), panitia FLS2N tingkat SMA menggelar sebuah acara untuk pembinaan karakter, penggalian dan pengembangan potensi siswa pada Senin, di Grand Legi Hotel. Para siswa SMA peserta FLS2N tampak semangat mengikuti acara tersebut. Mereka aktif dalam diskusi dan menyimak pemaparan dari narasumber yang dihadirkan yaitu Baby Poernomo.

Lebih lanjut Suharlan menjelaskan bahwa pembinaan karakter dalam kegiatan FLS2N ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan-kegiatan, dalam rangka pendidikan karakter siswa. Kegiatan-kegiatan dalam rangka pendidikan karakter yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA antara lain kemah pendidikan karakter, kemah bagi guru pembina, dan lain-lain.

Dalam kesempatan lain seorang pendamping dari Maluku, Engle Luturmele mengatakan FLS2N ini memacu anak didiknya untuk lebih percaya diri dan tekun berlatih. "Anak didik saya, Jose Lesnussa, seorang tuna rungu sekaligus tuna grahita, tekun berlatih dan mampu tampil penuh percaya diri." ujarnya. Selain itu ia menyadari bahwa memiliki potensi yang bisa digali dan dikembangkan untuk masa depannya. (NW)

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013