Kemdikbud Bersiap Sambut Upacara HUT ke-67 RI

Rabu, 15/08/2012

Jakarta --- Halaman Kantor Kemdikbud yang terletak di Jalan Sudirman Senayan Jakarta sejak seminggu terakhir ini, terus berbenah.  Merapikan tanaman, memasang umbul-umbul, spanduk, dan baliho serta menghias  kain merah putih yang terpasang di sepanjang pagar Kantor Kemdikbud adalah beberapa aktivitas yang berlangsung belakangan ini. Pohon yang rindang dan rumput yang hijau menambah asri suasana.

Semua aktivitas itu adalah untuk menyemarakkan upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-67 Kemerdekaan Republik Indonesia,  di Kantor Kemdikbud, Jumat, 17 Agustus 2012.

Upacara akan berlangsung pada pukul 07.00 WIB. Sebanyak 1.000 pegawai negeri sipil di lingkungan Kemdikbud, mulai dari pejabat eselon I, II,III, IV, dan staf  akan mengikuti upacara ini. Pembina Upacara adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Nuh, selain menyampaikan pidatonya juga akan menyematkan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada 130 pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Para penerima penghargaan ini telah mengabdi dan bekerja selama 10 hingga 30 tahun.

Peringatan Upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini mempunyai  kesamaan seperti peristiwa 67 tahun yang lalu, ketika Soekarno dan Mohamad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan RI. Peringatan sama-sama dilakukan pada Hari Jumat, juga pada Bulan Ramadhan persis seperti tahun ini. “Karena itu, kami siapkan dengan baik,” ujar Kepala Biro Umum Kemdikbud, M.Q. Wisnu Aji, di kantornya, Jakarta pada Rabu (15/8).

Rangkaian upacara HUT Ke-67  Kemerdekaan RI, di Kemdikbud diawali dengan  pengibaran bendera merah putih. Selanjutnya mengheningkan cipta, pembacaan naskah Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, penyematan Satyalencana Karya Satya. Lalu, sambutan pembina upacara, dan ditutup dengan pembacaan doa.  (ST)

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013