Kuis Ki Hajar Tahun Ini Diperluas

Jumat, 28/10/2011 - 07:00

Lomba Kuis Ki Hajar atau “Kuis Kita Harus Belajar” merupakan lomba tahunan yang diadakan Pustekkom melalui TV Edukasi yang diperuntukkan bagi para peserta didik.  Kuis ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada insan pendidikan yang memanfaatkan tayangan pendidikan TV, sebagai salah satu bentuk pendayagunaan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk pendidikan.

Tahun ini adalah tahun pertama lomba diikuti oleh peserta didik dari semua jenjang dari SD hingga SMA. Tahun-tahun sebelumnya, kuis ini hanya diikuti siswa SMP.

Kegiatan kuis ini terdiri dari dua  tahapan yaitu in air dan off air. Proses on air berjalan dari 18 Juli – 31 Agustus 2011 yang menghasilkan finalis lomba. Sedangkan lomba off air berlangsung dari 16 September – 30 September 2011 di 10 kota. Finalis dari kegiatan off air yang telah terjaring kemudian digabungkan dengan para finalis on air untuk mengikuti proses penyeleksian Grand Final di Jakarta.

Acara ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan TV Edukasi dan Pustekkom kepada khalayak luas, terutama masyarakat Jakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan TV Edukasi semakin dikenal luas oleh masyarakat dan fungsi utama TV Edukasi sebagai sarana pendidikan yang mendayagunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan secara optimal. (Lian)

Berita dan Opini Terkait Kurikulum 2013