Indonesia Tuan Rumah Forum Keberagaman Bahasa Asia-Eropa

Fri, 08/31/2012 (All day)

Jakarta -- Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum keberagaman bahasa Asia-Europe Meeting (ASEM). Forum ini akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 4-5 September 2012. Kegiatan ini merupakan forum diskusi terbuka antara pembuat keputusan, ahli bahasa, serta perwakilan masyarakat yang aktif dalam pelestarian bahasa daerah yang terancam punah di Asia dan Eropa.

“Forum ini adalah ajang bertukar pikiran dan berbagi pengalaman antar negara-negara anggota, dalam menghadapi masalah keberagaman bahasa dan menghadapi kepunahan bahasa daerah,”  kata  Kepala Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mahsun, di kantor Badan Bahasa, Rawamangun Jakarta, Jumat (31/08).

Tema yang diangkat dalam forum ini adalah “Melestarikan dan Mempromosikan Keberagaman Bahasa di Asia dan Eropa Menuju Pengembangan yang Berkelanjutan”. Dengan tema tersebut akan dijadikan empat pokok bahasan dalam forum.

Pertama, forum akan membahas kebijakan keberagaman bahasa di Asia dan Eropa dan permasalahannya. Kedua, akan dibahas juga pertukaran contoh ideal dalam memelihara dan mempromosikan keberagaman bahasa dan budaya di Asia dan Eropa. Ketiga, Strategi dalam melindungi dan mempromosikan keberagaman bahasa terkait dengan pembangunan ekonomi berkelanjutan di Asia dan Eropa. Dan yang keempat, forum juga akan membahas peran media dan teknologi informasi dan komunikasi dalam memelihara mempromosikan keberagaman bahasa di Asia dan Eropa.

Badan Bahasa sebagai instansi yang menangani masalah kebahasaan dan kesastraan di Indonesia, berkomitmen akan terus menerus meningkatkan mutu kerja sama dan kemitraan antar negara dalam forum ini, hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan peran bahasa dalam berbagai bidang serta upaya pelestarian bahasa di Indonesia. (AR)