Kemendikbudristek Perkuat Peserta Didik Kursus dan Pelatihan dengan Pendidikan Karakter  ( 31 Juli 2024, Dilihat 26 kali . )
Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjadi lembaga pendidikan yang kerap dipilih masyarakat untuk mengakses keterampilan karena dinilai fleksibel dan memiliki durasi waktu belajar yang singkat. Namun, untuk bisa bersaing di dunia kerja, peserta didik LKP tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis, mereka juga dituntut memiliki karakter yang kuat.
 

Kolaborasi Pelaku Budaya Indonesia dengan Internasional untuk Pemajuan Kebudayaan Indonesia  ( 31 Juli 2024, Dilihat 56 kali . )
Dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, menyelenggarakan Program Residensi Pemajuan Kebudayaan Tahun 2024. Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan pembinaan yang termuat dalam salah satu di antara 4 aspek penguatan tata kelola kebudayaan lainnya, yakni pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan.
 

Siswa Indonesia Raih Tiga Penghargaan Pada World Schools Debating Championship (WSDC) 2024 di Serbia  ( 30 Juli 2024, Dilihat 162 kali . )
Prestasi gemilang kembali diraih pelajar Indonesia di ajang talenta internasional. Kali ini, lima pelajar jenjang SMA sukses mengukir prestasi di ajang debat tingkat dunia, yaitu World Schools Debating Championship (WSDC) yang diikuti oleh 68 negara dan berlangsung pada 16 s.d. 22 Juli di Belgrade, Serbia. Indonesia berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus yaitu, Top Ten English as Foreign Language (EFL) Best Speaker, Honorable Mention (Octofinalist), dan Best EFL Team.
 

MPLS 2024 SMAN 1 Singkawang Merawat Keberagaman, Menjunjung Tinggi Toleransi  ( 30 Juli 2024, Dilihat 233 kali . )
Singkawang, Kota Seribu Kelenteng, merupakan kota yang terkenal akan keberagaman etnis dan budaya. Kota seluas 504 km2 ini menjadi wilayah damai yang ditinggali oleh berbagai suku dari Tiongkok, Dayak, Jawa, Madura, dan Melayu. Keberagaman yang harmonis ini menjadikan Singkawang dinobatkan sebagai Kota Toleransi di Indonesia. Kebanggaan inilah yang ingin disuarakan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Singkawang dalam pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun ajaran 2024/2025.  
 

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tetap Berjalan  ( 29 Juli 2024, Dilihat 78146 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menegaskan bahwa program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester ganjil tahun akademik 2024/2025 tetap berjalan. 
 

Mentas PAUDPEDIA 2024 Deklarasikan Pemenuhan Hak Kemampuan Fondasi Anak Usia Dini  ( 29 Juli 2024, Dilihat 111 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidkan Menengah  (Ditjen PAUD Dikdasmen) menjadikan peringatan Hari Anak Nasional 2024 sebagai momentum untuk mengampanyekan dan melakukan deklarasi pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini.
 

100 SMK Penerima Bantuan Pemerintah Penyelarasan SPV dengan DUDIKA Ikuti Bimtek Tahun 2024  ( 29 Juli 2024, Dilihat 365 kali . )
Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Pemerintah Penyelarasan Satuan Pendidikan Vokasi (SPV) dengan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25–27 Juli 2024 di Hotel Ciputra Jakarta, dengan tujuan meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan vokasi melalui sinergi dengan dunia usaha dan industri.
 

Sidang Komite Warisan Dunia ke-46 Jadi Momen Indonesia Tunjukkan Keagungan Muarajambi  ( 29 Juli 2024, Dilihat 45 kali . )
Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi ditampilkan dalam bentuk visualisasi foto dan infografis secara lugas dan epik lewat pameran di sela pelaksanaan Sidang Komite Warisan Dunia ke-46 United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di New Delhi, India pada tanggal 21 s.d 31 Juli 2024.
 

Enam Pelajar Indonesia Bersinar di Olimpiade Matematika Internasional 2024   ( 29 Juli 2024, Dilihat 111 kali . )
Enam pelajar Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa dengan membawa pulang medali emas dan penghargaan bergengsi lainnya pada ajang 65th International Mathematical Olympiad (IMO) 2024. Acara ini berlangsung pada tanggal 11 s.d. 22 Juli 2024 di Universitas Bath, Inggris.
 

Membanggakan, Universitas Al-Azhar Kairo Siap Mulai Program Studi Bahasa Indonesia  ( 29 Juli 2024, Dilihat 181 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo sukses melakukan diplomasi lunak dalam hal inisiasi pembukaan program studi (prodi) Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar Kairo yang akan dimulai pada tahun akademik 2025.
 

Parade Puisi untuk Gaza: Suara Solidaritas Sastrawan dan Budayawan Indonesia  ( 29 Juli 2024, Dilihat 118 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Majalah Sastra Horison dan Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) menyelenggarakan kegiatan Parade Puisi untuk Gaza. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sasadu, Gedung M. Tabrani, Badan Bahasa, pada Sabtu (27/7). Kegiatan ini diadakan secara hibrida dan dihadiri oleh lebih dari 100 orang sastrawan, budayawan, dan tamu undangan secara luring. Sementara itu, peserta daring menyaksikan melalui kanal Youtube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
 

Jumpa Sobat Merdeka: Ajang Temu dan Apresiasi  ( 29 Juli 2024, Dilihat 116 kali . )
Kampus Merdeka menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk mengapresiasi para penerima manfaat yakni mahasiswa, dosen, dan praktisi. Melalui platform Cerita Kampus Merdeka, mereka diajak berbagi pengalaman saat mengikuti program-program Kampus Merdeka atau Kampus Merdeka Mandiri. Hanya dalam waktu yang singkat, tercatat sebanyak 1.313 tulisan yang masuk ke platform. Ribuan tulisan autentik dari para penerima manfaat ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru yang lebih seimbang kepada publik tentang Kampus Merdeka.
 

Belajar Di Luar Kelas Bersama Kareta Sobat BBGP Provinsi Jawa Barat  ( 29 Juli 2024, Dilihat 70 kali . )
Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan ekologis dan ekopedagogik bagi tenaga pendidik, peserta didik dan masyarakat di pesisir Desa Mayangan, Legok Kulon, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat mengadakan program Kendaraan Rekreatif Edukatif Sarana Kolaborasi Balai Besar Guru Penggerak Jabar atau disebut “Kareta Sobat”.
 

Beragam Kegiatan Warnai Galanggang Arang di Kab. Tanah Datar  ( 27 Juli 2024, Dilihat 65 kali . )
Dengan mengusung tema “Anak Nagari Merawat Warisan Dunia”, kegiatan Galanggang Arang 2024 di Kabupaten Tanah Datar dipusatkan di dua nagari, yakni Nagari Tanjung Barulak dan Nagari Sumpur. Pelaksanaan Galanggang Arang 2024 di Kabupaten Tanah Datar merupakan kegiatan keenam, setelah dibuka di Kota Padang tanggal 4 Mei lalu, dan berlanjut ke Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Padang Pariaman dan Sijunjung. Setelah Tanah Datar Galanggang Arang 2024 akan berlanjut di Kabupaten Solok dan Kota Padangpanjang.  
 

Membangun Masa Depan: Ekspose Pendidikan Vokasi 2020-2024  ( 27 Juli 2024, Dilihat 175 kali . )
Dalam empat tahun terakhir, Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menunjukkan keseriusannya dalam mentransformasi sektor pendidikan vokasi.
 

Badan Bahasa Menggelar Uji Keterbacaan Bahan Bacaan Bermutu (Buku Braille)  ( 27 Juli 2024, Dilihat 169 kali . )
Untuk meningkatkan kualitas literasi Indonesia, khususnya anak-anak difabel netra, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), berinovasi mengalihwahanakan 100 judul buku bacaan bermutu (buku cerita bergambar) ke dalam bentuk buku Braille dan mengajak 84 orang teman netra (peserta didik, mahasiswa, dan guru dengan hambatan penglihatan) dari beberapa SLB di Jakarta beserta para pendampingnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan Uji Keterbacaan Bahasa Bermutu (Buku Braille) di Hotel Mercure Jakarta Simatupang, Jakarta pada 24–25 Juli 2024.
 

Bersinergi Wujudkan Sekolah Sehat dan Merdeka dari Kekerasan  ( 26 Juli 2024, Dilihat 136 kali . )
Untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2024 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) dengan tema “Gerak Bersama Wujudkan Sekolah Sehat dan Merdeka dari Kekerasan”. Tema tersebut merupakan turunan dari tema utama peringatan HAN 2024, yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.
 

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih 1 Emas, 3 Perunggu, dan 2 Honorable Mention pada IMO ke-65  ( 26 Juli 2024, Dilihat 209 kali . )
Enam pelajar Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Matematika Indonesia sukses menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Olimpiade Matematika Internasional atau International Mathematical Olympiad (IMO) ke-65. Satu Medali Emas, tiga Medali Perunggu, dan dua Honorable Mention berhasil diperoleh tim Indonesia setelah bersaing dengan 609 siswa dari 109 negara di IMO pada tanggal 11 s.d. 22 Juli 2024 di Bath, Britania Raya. 
 

JWG Indonesia-Filipina Berhasil Mengeksplorasi Kerja Sama yang Berpotensi Besar untuk Pendidikan  ( 26 Juli 2024, Dilihat 114 kali . )
Kegiatan Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group/JWG) Indonesia dan Filipina di Bidang Pendidikan yang diselenggarakan di Bali secara resmi ditutup pada Rabu (24/7). JWG Indonesia dan Filipina merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan tiga lembaga pendidikan Filipina, yaitu the Commission on Higher Education (CHED), the Department of Education (DepEd), dan the Technical Education and Skills Development Authority (TESDA).
 

Kemendikbudristek Dorong Kemitraan Pendidikan Tinggi dan Vokasi dengan Filipina   ( 26 Juli 2024, Dilihat 107 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen untuk terus mengakselerasi transformasi pendidikan tinggi dan vokasi melalui kemitraan internasional. Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group/JWG) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Filipina di bidang pendidikan memberikan kesempatan bagi kedua negara untuk mengeksplorasi potensi kerja sama yang dapat dijajaki.
 

Departemen ITP-IPB University Siap Bermitra Dengan Kampus Top Australia  ( 26 Juli 2024, Dilihat 172 kali . )
Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) IPB University melakukan inisiasi kerja sama pendidikan dengan Food Science and Technology, University of New South Wales (FST-UNSW) Australia. Beberapa kerja sama yang direncanakan oleh keduanya antara lain pengembangan program double degree untuk sarjana, mobilitas internasional untuk dosen dan mahasiswa, serta penelitian bersama. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara ITP-IPB University dan FST-UNSW pada Kamis (25/7).
 

Memperkokoh Warisan Budaya di Galanggang Arang #5 Sijunjung 2024  ( 26 Juli 2024, Dilihat 151 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, kembali menggelar Galanggang Arang #5 Sijunjung 2024. Acara ini akan digelar pada tanggal 26 s.d. 27 Juli 2024 di beberapa titik, yaitu di Stasiun Padang Sibusuk, Stasiun Muaro (Logas), Gedung Joeang, Balairuang Lansek Manih, dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kabupaten Sijunjung. Pada gelaran kelima ini Galanggang Arang mengangkat tema “WTBOS dalam ingatan kolektif masyarakat Sijunjung: Perjumpaan antara tradisi, modernitas, dan nasionalisme.”
 

Langkah Besar Menuju Standar Kompetensi Penerjemah Indonesia  ( 25 Juli 2024, Dilihat 348 kali . )
Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Lokakarya Konvensi Nasional Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (RKKNI) Bidang Penerjemahan. Kegiatan ini berlangsung di Jakarta, pada 24—26 Juli 2024 dan diikuti 62 orang peserta yang berasal dari kementerian/lembaga, asosiasi profesi, perguruan tinggi, komunitas, dan praktisi.
 

LLDikti Wilayah XVI Gencarkan MBKM Mandiri di Sulawesi Tengah  ( 25 Juli 2024, Dilihat 132 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog (Kemendikbudristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XVI terus menggencarkan kampanye Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengaktivasi MBKM Mandiri di Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 19 Juli 2024 melalui dialog multipihak bersama 31 perwakilan dari perguruan tinggi se-Sulawesi Tengah dan 28 perwakilan dari berbagai organisasi pemerintahan dan bisnis, baik nasional, provinsi, maupun kabupaten dan kota sekitar. Dalam dialog tersebut, para peserta merancang berbagai kegiatan MBKM Mandiri yang akan dijalankan secara bersama-sama.