Kemendikbudristek Ajak Generasi Muda Bergotong Royong Lanjutkan Kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan  ( 17 Agustus 2024, Dilihat 7 kali . )
Perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlangsung semarak. Pagi ini, mengunakan busana adat Jawa dengan kebaya berbahan beludru berwarna merah marun, Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti mengajak semua pihak untuk memaknai kemerdekaan bangsa dengan meresapi nilai-nilai perjuangan melalui semangat gotong royong.  
 

Mendikbudristek Terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana  ( 17 Agustus 2024, Dilihat 4 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mendapat anugerah tanda kehormatan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada hari Rabu, (14/8) di Istana Negara, Jakarta. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 108/TK/TH 2024, Mendikbudristek mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana.
 
 

Jawaban Doa Guru Sely Dalam Pengabdian Mengajar Selama 20 Tahun  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 35 kali . )
Setelah 20 tahun mengajar, Sely Nindyawati, seorang guru di SD Negeri Sarikarya Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya lolos seleksi Apartur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN P3K) pada 2021 lalu. 
 

Pemangku Kepentingan di Jakarta Berbagi Kisah dan Perkuat Komitmen Sukseskan Sekolah Penggerak  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 34 kali . )
Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta menggelar Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak (PSP) Provinsi DKI Jakarta kembali digelar pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2024 di Jakarta. Forum yang dihadiri oleh berbagai pihak mulai dari pengelola pendidikan, kepala sekolah, hingga fasilitator ini diharapkan menjadi momentum penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di DKI Jakarta.
 

Promosi Budaya Lewat Konser Angklung Orchestra Berlin (AOB) dan Angklung Hamburg Orchestra (AHO)  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 30 kali . )
Angklung Orchestra Berlin (AOB) sukses menggelar konser di Aula Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin pada 28 Juli 2024. Konser ini dimulai sekitar pukul 14:15 sampai pukul 17:00 CEST.  Meskipun diadakan di hari Minggu, pengunjung konser Angklung AOB mencapai 75 orang. Menariknya, mayoritas pengunjung merupakan warga negara asing dari Jerman, Inggris, India, dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat internasional yang ada di Berlin memiliki antusias yang tinggi terhadap kebudayaan Indonesia.
 

Kurikulum Merdeka Bantu Siti dan Ryan Wujudkan Cita-Cita  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 37 kali . )
Implementasi Kurikulum Merdeka menjadi angin segar bagi warga satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia. Konsep fleksibilitas dan keberpihakan pada murid yang diusung dalam Kurikulum Merdeka memungkinkan para murid untuk belajar dengan suasana yang lebih menyenangkan dan ceria.
 

Perjalanan Mengejar Mimpi: Dari Mahasiswa “Kupu-kupu” Menjadi Awardee IISMA  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 56 kali . )
Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) telah membantu Anisa Faza untuk mewujudkan mimpi bersekolah di luar negeri. Mahasiswi semester 5 dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya tersebut kini sedang mempersiapkan diri untuk berangkat ke Yuan Ze University di Taiwan pada September mendatang.
 
 

Berkat IISMA, Penerima KIP Kuliah Belajar hingga ke Taipei  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 55 kali . )
Wily Wiryawan, seorang mahasiswa aktif jurusan Teknik Manufaktur di Politeknik Manufaktur Bandung, adalah contoh nyata bagaimana ketekunan dan tekad bisa membawa seseorang menuju pengalaman yang luar biasa. Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Wily kini siap menjelajahi dunia pendidikan luar negeri yang sebelumnya hanya bisa ia impikan.
 
 

Upaya Pemajuan Kebudayaan melalui Kegiatan Residensi yang Menyenangkan  ( 16 Agustus 2024, Dilihat 62 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (Direktorat PTLK) melaksanakan kegiatan bertajuk Residensi Pemajuan Kebudayaan (RPK) 2024. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 27 Agustus 2024 di tiga daerah yaitu Yogyakarta, Pekanbaru, dan Cirebon. Residensi Pemajuan Kebudayaan 2024 adalah program yang diselengarakan oleh Kemendikbudristek dengan tujuan untuk memperkuat kolaborasi dan diplomasi budaya antara pelaku budaya nasional dan internasional, sekaligus memperluas jejaring budaya Indonesia di tingkat global.
 

Kemendikbudristek Kenalkan Warisan Budaya Indonesia di HUT ke-79 RI  ( 15 Agustus 2024, Dilihat 175 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  melalui Direktorat Pelindungan Kebudayaan menggelar pameran dan gelar wicara bertajuk “LEGASI” atau Kaleidoskop Keberagaman Indonesia. Kegiatan yang digelar bertepatan dengan momentum HUT ke-79 RI ini berlangsung pada 15 s.d. 21 Agustus 2024 di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI.  “Meniti Masa Menuju Gemilang Budaya” adalah tema yang diangkat.
 

Dukung BIAS 2024, Kemendikbudristek Gelar Semarak Imunisasi Gerakan Sekolah Sehat di Boyolali  ( 15 Agustus 2024, Dilihat 82 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyelenggarakan Semarak Imunisasi Gerakan Sekolah Sehat 2024 di SDN 1 Kemiri, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (15/8). Mengusung tema “Mewujudkan Generasi Sehat, Cerdas, Berkarakter melalui Imunisasi dan Asupan Makanan Bergizi”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan sekolah dan peserta didik, serta mensukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) tahun 2024.
 

Kemendikbudristek Sosialisasikan Praktik Baik Asesmen Nasional Untuk Peningkatan Layanan Pendidikan  ( 15 Agustus 2024, Dilihat 174 kali . )
Dalam mempersiapkan Asesmen Nasional 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar webinar bertajuk “Mengikuti Asesmen Nasional untuk Meningkatkan Layanan Sekolah”, Rabu (14/8). Webinar tersebut digelar dengan tujuan untuk membagi praktik baik strategi kesiapan Asesmen Nasional kepada Kepala Satuan Pendidikan, Guru, dan Operator, sehingga Asesmen Nasional dapat dimaknai sebagai perencanaan penting berbasis data dalam peningkatan layanan di sekolah.
 

Gema Gita Bahana Nusantara Pukau Ribuan Penonton dalam Konser Kemerdekaan  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 269 kali . )
Gita Bahana Nusantara (GBN) sukses menggelar Konser Kemerdekaan di Ruang Publik. Bertempat di Museum Fatahillah Komplek Kota Tua Jakarta, tim orkestra dan paduan suara yang terdiri dari pemuda-pemudi berusia 16 s.d. 23 tahun dari seluruh provinsi di Indonesia yang bertalenta di bidang seni suara dan musik; tampil memukau ribuan penonton yang menyaksikan baik secara luring maupun daring melalui Youtube Kemendikbud RI, Sabtu (10/8).
 

Cerita Guru Penggerak: Beni Saputra dan Perjuangannya Jadi Guru   ( 14 Agustus 2024, Dilihat 147 kali . )
Adalah Beni Saputra. Di balik tubuhnya yang tergolong kurus, bersemayam adicita yang luar biasa besar. Ya, Beni merupakan seorang guru, lulusan Pendidikan Guru Penggerak, dan sudah dua tahun ini menjadi Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 47 Kota Pekanbaru Provinsi Riau.
 

Beni Saputra dan Optimisme Songsong Indonesia Emas 2045  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 112 kali . )
Program Pendidikan Guru Pengerak (PGP) merupakan salah satu program prioritas di Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). PGP tertuang dalam Episode 5 Gerakan Merdeka Belajar.
 

KH. Ali Manshur Shiddiq dan Harry Roesli Terima Tanda Kehormatan dari Presiden  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 73 kali . )
Presiden Joko Widodo menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma kepada Alm. KH. Ali Manshur Shiddiq dan Alm. Djauhar Zaharsyah Fahrudin Roesli (Harry Roesli) pada Rabu, 14 Agustus 2024 di Istana Negara. Bintang Budaya Parama Dharma adalah tanda kehormatan yang diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang telah menyumbangkan nilai-nilai luhur sebagai darma baktinya dalam bidang kebudayaan. Kedua penerima tanda kehormatan tersebut diusulkan kepada Presiden oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) cq Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan melalui program Anugerah Kebudayaan Indonesia.
 

Inspirasi dan Implementasi Gerakan Sekolah Sehat di Lingkungan Pendidikan  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 128 kali . )
Puncak Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menghadirkan sesi gelar wicara inspiratif. Sesi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai implementasi Gerakan Sekolah Sehat di lingkungan satuan pendidikan, sehingga dapat menciptakan ekosistem sekolah yang lebih sehat dan mendukung perkembangan optimal bagi peserta didik.
 

Siswa Sekolah Indonesia Cairo Semarakkan Turnamen Catur Pelajar di Mesir  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 253 kali . )
Sepuluh siswa berbakat dari Sekolah Indonesia Cairo (SIC) ikut menyemarakkan turnamen catur pelajar tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Catur Pemerintah Provinsi Gharbiyah, Mesir. Ajang bergengsi ini diikuti oleh 120 peserta dari 4 provinsi di Mesir dan berlangsung di Oxford Language School, Kota Tanta pada Sabtu (10/8).
 

Memahami Peluang Industri Semikonduktor melalui Acara Kopi Darat Pustaka Anak Bangsa PPI Jerman  ( 14 Agustus 2024, Dilihat 124 kali . )
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman sukses menyelenggarakan acara Kopi Darat Pustaka Anak Bangsa. Acara yang mengangkat tema “Bridging the Gap Between Research and Industry: Indonesia’s Road Map to Master Semiconductor Key Industry” ini berlangsung pada 28 Juni 2024 di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin secara hybrid. Kegiatan dihadiri 21 secara langsung, dan 27 lainnya secara daring.
 

Program "Sagu Sapa" Memberdayakan Guru dan Meningkatkan Pembelajaran di SD Negeri 47 Pekanbaru  ( 13 Agustus 2024, Dilihat 136 kali . )
Dalam memantau perkembangan implementasi pelaksanaan program Merdeka Belajar, khususnya Program Prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependididkan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, melakukan kunjungan kerja, Kamis (8/8) ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dalam kunjungannya Dirjen GTK melakukan kunjungan ke SD Negeri 47 Pekanbaru untuk berdialog dengan Guru Penggerak yang diangkat menjadi kepala sekolah.
 

Kemendikbudristek-AMAN Berkolaborasi Selenggarakan Musyawarah Besar Pendidikan Adat Nusantara  ( 13 Agustus 2024, Dilihat 71 kali . )
Dalam rangka memperingati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Agustus setiap tahunnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (Dit. KMA), Direktorat Jenderal Kebudayaan, berkolaborasi dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyelenggarakan Musyawarah Besar Pendidikan Adat Nusantara pada tanggal 12 s.d. 15 Agustus 2024 yang diselenggarakan di Sekolah Adat Osing Pesinauan, Banyuwangi.