Siswa Blayney High School Australia Antusias Belajar Budaya Indonesia  ( 25 September 2024, Dilihat 114 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra kembali menggelar kegiatan Indonesia Goes to School, pada Rabu (18/9). Dalam kegiatan ini, kantor Atdikbud KBRI Canberra berkunjung ke Blayney High School, yang terletak di negara bagian New South Wales, Australia. Tim dari kantor Atdikbud memberikan lokakarya tari dan pameran tentang budaya-budaya Indonesia kepada siswa-siswi yang belajar Bahasa Indonesia di sekolah Blayney. 
 

Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam Rangka Kemitraan dengan Komisi X DPR RI  ( 25 September 2024, Dilihat 80 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan (Pusbanglin) Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), melaksanakan kegiatan Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Rangka Kemitraan dengan Komisi X DPR RI. Kegiatan yang diselenggarakan di Jember, pada Minggu (22/9), dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri atas komunitas, guru, mahasiswa, pemangku kepentingan, dan juga wartawan.
 

Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Rangka Kemitraan dengan Komisi X DPR RI  ( 24 September 2024, Dilihat 191 kali . )
Untuk memperkuat pemahaman dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa bekerja sama dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengadakan kegiatan Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas penggunaan KBBI sebagai acuan utama dalam berbahasa Indonesia di kalangan masyarakat, khususnya di Provinsi Bengkulu.
 

Pendidikan Guru Penggerak, Berdampak Langsung Bagi Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila  ( 24 September 2024, Dilihat 81 kali . )
Dampak positif dari program Pendidikan Guru Penggerak bagi pribadi atau karakter murid dan guru begitu terasa. Setidaknya hal ini yang dirasakan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani, ketika membuka koordinasi dan temu sapa capaian program prioritas Kemendikbudristek, dengan 261 Guru Penggerak se-Kabupaten Merauke. 
 

Sinergi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu & Pemda untuk Pembudayaan Literasi, Inovasi, & Kretivitas  ( 24 September 2024, Dilihat 44 kali . )
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Republik Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas di Balai Raya Semarak Bengkulu. Kegiatan ini merupakan bagian dari "Gelar Karya Revolusi Mental melalui Aksi Nyata Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas", yang melibatkan 16 kementerian/lembaga, pemangku kepentingan, dan perwakilan masyarakat lingkup Provinsi Bengkulu.
 

KBBI Modern, untuk Bahasa Indonesia Maju  ( 24 September 2024, Dilihat 58 kali . )
Berkolaborasi dengan Komisi X DPR RI, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan (Pusbanglin) Bahasa dan Sastra, kembali menggelar Diseminasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kegiatan diseminasi kali ini dilaksanakan di Medan, Sumatra Utara. Kegiatan yang diikuti oleh 100 pelaku pendidikan pengguna KBBI di Sumatra Utara ini merupakan salah satu upaya Badan Bahasa dalam menjaga muruah bahasa Indonesia melalui peningkatan mutu dan pemodernan KBBI.
 

140 SMK Papua Ikuti Pendampingan Tracer Study untuk Perbaiki Kualitas Data  ( 23 September 2024, Dilihat 281 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali melaksanakan program pendampingan penelusuran lulusan (tracer study) bagi SMK di wilayah Papua. Kegiatan ini diselenggarakan pada 16-18 September 2024 di Sorong, Papua Barat, dengan melibatkan 140 SMK dari enam provinsi di Papua. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan data akurat yang akan digunakan dalam penyusunan kebijakan di tingkat pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota.
 

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung dan Pagar Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  ( 22 September 2024, Dilihat 273 kali . )
Dalam rangka wujud nyata komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam memperkuat tugas dan fungsi di bidang kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung dan pagar Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung yang berlangsung pada Jumat (12/9).
 

Ajang FLS2N Dikmen 2024 Lahirkan Ratusan Talenta Muda dengan Bakat Seni Budaya  ( 22 September 2024, Dilihat 50 kali . )
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Pendidikan Menengah 2024 secara resmi ditutup. Acara ini sebagai perwujudan nyata dari implementasi Kebijakan Manajemen Talenta Nasional di bidang seni budaya dan komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter.
 

Kemendikbudristek Raih Empat Penghargaan pada Media Relations Awards 2024  ( 21 September 2024, Dilihat 30 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih empat penghargaan pada Media Relations Awards dalam puncak peringatan ulang tahun ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS). Apresiasi ini diberikan kepada media, korporasi, institusi, dan pemerintah daerah atas sumbangsihnya memajukan industri pers dan ekosistem media selama tahun 2024. 
 

Merawat Seni Biduk Sayak sebagai Simbol Harmonisasi Hidup dan Cinta  ( 20 September 2024, Dilihat 270 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama pemerintah daerah Jambi dan Sumatera Barat menyelenggarakan Festival Biduk Sayak di Lapangan Desa Jernih, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Rabu (18/9), sebagai salah satu tradisi kearifan lokal yang dipertunjukkan pada agenda Kenduri Swarnabhumi 2024.
 

KBRI Berlin Bersama IHK Trier & Karlsruhe Institute of Technology Kembangkan Industri Semikonduktor  ( 20 September 2024, Dilihat 409 kali . )
Usaha merealisasikan visi strategis nasional dalam membangun ekosistem industri semikonduktor di tanah air terus digencarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin. Deputy Chief of Mission (DCM), Fajar Wirawan Harijo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Roniyus Marjunus, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Berlin, Gading Parasati, dan Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Budi Annisa Sidi, mengadakan kunjungan ke Industrie- und  Handelskammer (IHK) Trier dan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) di Karlsruhe, Jerman. Kedua lembaga tersebut dinilai penting sebagai mitra kerja sama dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang semikonduktor.
 

Social Campaign SDGs: Bukti Kontribusi Awardee IISMA Terhadap Isu Global  ( 19 September 2024, Dilihat 396 kali . )
Mahasiswa penerima beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 membagikan bukti kontribusi mereka terhadap isu-isu global melalui acara IISMA Pre-Departure Series Final Presentation Sustainable Development Goals (SDGs) Challenge 2024 yang digelar secara daring melalui Zoom.
 

Film Tulang Belulang Tulang Hasil Inkubasi Indonesiana Film Siap Tayang di Bioskop  ( 19 September 2024, Dilihat 2513 kali . )
Film Tulang Belulang Tulang besutan sutradara Sammaria Sari Simanjuntak dan Lies Nanci Supangkat produksi Adhya Pictures dan Pomp Pictures siap tayang di layar lebar bioskop pada 26 September 2024. Film Tulang Belulang Tulang menjadi bukti nyata kesuksesan hasil inkubasi program Indonesiana Film 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung inisiatif masyarakat di bidang kebudayaan. 
 

Indonesia Raih Dua Emas, Satu Perak, dan Dua Medallion for Excellence pada WSC 2024  ( 19 September 2024, Dilihat 447 kali . )
Prestasi pelajar Indonesia terus bersinar di Ajang Talenta Internasional. Kali ini, Tim Indonesia sukses mengharumkan nama Indonesia pada ajang WorldSkills Competition (WSC) ke-47 tahun 2024. Raihan dua Medali Emas, satu Medali Perak, dan dua Medallion for Excellence menempatkan Indonesia di posisi ke-11 dari 46 negara pada ajang yang berlangsung di Lyon, Prancis pada 10 s.d. 15 September 2024.
 

Bangkitkan Minat Baca Anak, Badan Bahasa Gelar Pertemuan Penulis Komik   ( 19 September 2024, Dilihat 143 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menggelar Pertemuan Penulis Komik Bahan Bacaan Literasi di Jakarta, pada 17—20 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam menghasilkan bahan bacaan komik literasi guna mendukung Gerakan Literasi Nasional 2024 yang telah dicanangkan sejak 2016 lalu. 
 

Sorak Kemenangan Provinsi Jawa Tengah sebagai Juara Tanda Berakhirnya FLS2N 2024  ( 19 September 2024, Dilihat 387 kali . )
Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN2N) resmi ditutup pada 13 September 2024. FLS2N menjadi ajang bergengsi bagi peserta didik yang memiliki talenta dan minat di bidang seni untuk menorehkan karya dan prestasinya. Setiap tahunnya generasi muda bertalenta dari 38 provinsi mengikuti FLS2N di semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan PDBK.
 

Kemendikbudiristek Tekankan Pentingnya Pemimpin yang Mengutamakan Layanan Pendidikan Berkualitas  ( 18 September 2024, Dilihat 198 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan nasional melalui langkah transformasi pendidikan yang komprehensif. Dengan fokus pada inovasi kurikulum, pemberdayaan guru, dan penerapan teknologi di kelas, Kemendikbudristek berupaya memastikan agar setiap anak memiliki akses ke pendidikan berkualitas, guna menciptakan lompatan besar dalam pendidikan Indonesia.
 

Peringati 5 Tahun WTBOS, Instalasi Karya Seni Dipamerkan di Bandara Internasional Minangkabau  ( 18 September 2024, Dilihat 410 kali . )
Instalasi karya seni dari empat perupa Sumatra Barat dipamerkan pada ruang kedatangan penumpang di Bandar Udara Internasional Minangkabau. Pameran bertajuk “Seri Karya Seni Instalasi untuk Memperingati 5 tahun Penetapan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) sebagai Warisan Dunia” ini telah berlangsung sejak bulan Juni 2024 dan akan berakhir di bulan Desember 2024.
 
 

90 Siswa SD di Canberra Belajar Budaya Indonesia di KBRI  ( 18 September 2024, Dilihat 360 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra menerima kunjungan dari 90 siswa kelas 3 Ngunawal Primary School Canberra, pada Selasa (17/9/2024). Kunjungan kali ini merupakan keempat kalinya KBRI membuka pintu bagi sekolah-sekolah di Australia untuk belajar budaya Indonesia di tahun 2024.
 

Prosesi Ajun Arah: Penghormatan Leluhur di Festival Lek Nagroi Baton Tarnda-Ngidut Pitlah nga Lamoa  ( 18 September 2024, Dilihat 400 kali . )
Festival Lek Nagroi Baton Tarnda-Ngidut Pitlah nga Lamoa, yang merupakan bagian dari rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024, tak sekadar menjadi ajang pertunjukan seni budaya. Di dalam festival budaya yang digelar di Jajun Pertemuan Empat Luhah, Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, terdapat ritual sakral yang selalu dilakukan sebelum pesta rakyat atau helat besar dimulai, yakni prosesi Ajun Arah. Prosesi ini adalah wujud penghormatan kepada leluhur dan simbol permohonan restu dari para pemimpin adat setempat sebelum masyarakat menggelar acara besar.
 

Tujuh Festival Kenduri Swarnabhumi 2024 Libatkan Generasi Muda Peduli Lingkungan DAS Batanghari  ( 18 September 2024, Dilihat 414 kali . )
Kenduri Swarnabhumi 2024 telah sukses menggelar tujuh dari total 12 festival yang berlangsung di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, Provinsi Jambi. Selain merayakan keberagaman budaya lokal, rangkaian festival ini secara aktif mengangkat isu-isu sosial dan lingkungan, khususnya yang terkait dengan pelestarian air melalui tradisi-tradisi unik seperti bekarang, mandi aek, dan lubuk larangan. Semua kegiatan tersebut melibatkan generasi muda, mengajarkan mereka pentingnya menjaga warisan alam dan budaya yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.
 

Kian Berdampak, Sepuluh Tahun Pembangunan Pendidikan Berada di Koridor Yang Tepat  ( 18 September 2024, Dilihat 207 kali . )
Pembangunan pendidikan nasional selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah berada di koridor yang tepat. Capaian pemerataan akses kepada layanan pendidikan serta peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan dengan berbagai terobosan Merdeka Belajar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul.