Gita Bahana Nusantara Membahana di Gedung MPR  14 Agustus 2015  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Setelah menggelar konser uji gelar di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud pada Rabu lalu (12/8/2015), penampilan Gita Bahana Nusantara (GBN) 2015 yang kedua berlangsung di Gedung MPR RI pada Jumat pagi (14/8/2015). Gita Bahana Nusantara tampil di dua sidang di Gedung MPR, yaitu Sidang Paripurna MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI.
 
Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Endang Caturwati mengatakan, tahun 2015 ini merupakan penampilan Gita Bahana Nusantara yang ke-13 dalam memeriahkan Acara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Ia mengatakan, tahun ini pengelolaan Gita Bahana Nusantara kembali dipegang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), setelah sebelumnya berada di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
Persiapan Gita Bahana Nusantara tampil di Gedung MPR tadi dan Istana Merdeka pada 17 Agustus nanti sudah melalui berbagai proses, mulai dari audisi hingga pemusatan latihan di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta Barat. Untuk di MPR, karena tampil mulai pukul 08.00 WIB, anggota Gita Bahana Nusantara sudah tiba di Gedung MPR sejak subuh.
 
“Kita dari subuh. Karena ngeset alat, check sound,” ujarnya di Gedung MPR, Jakarta, Jumat (14/8/2015).
 
Pada Sidang Paripurna MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI, Gita Bahana Nusantara menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengiringi momen mengheningkan cipta. Kemudian di akhir penutupan Sidang Bersama DPR dan DPD RI, mereka menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Nyiur Melambai.
 
Endang mengatakan, usai tampil di Gedung MPR, anggota Gita Bahana Nusantara akan kembali ke Cibubur untuk melakukan persiapan tampil di Istana Merdeka dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi ke-70 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2015. Besok mereka akan melakukan setting alat atau check sound di Istana Merdeka.
 
“Paling latihan sekarang ya tinggal latihan olah vokal saja dan jaga stamina,” tuturnya.
 
Kemudian pada tanggal 18 Agustus nanti, lanjut Endang, Gita Bahana Nusantara akan kembali tampil di Kemendikbud atas permintaan Mendikbud Anies Baswedan. “Kemarin Pak Menteri ingin semua staf kementerian harus nonton. Jadi tanggal 18 akan tampil kembali di kementerian, pukul 10,” katanya.
 
Pada penampilan uji gelar di Kemendikbud, Rabu (12/8/2015) lalu, Mendikbud Anies Baswedan secara teknis tidak memberikan masukan untuk Gita Bahana Nusantara karena penampilan mereka dinilai sudah bagus. Pembekalan yang diberikan Mendikbud saat itu terkait dengan pemberian motivasi untuk menyemangati anggota Gita Bahana Nusantara menjelang tampil di Gedung MPR dan Istana Merdeka. (Desliana Maulipaksi)

Sumber :

 


Penulis :
Editor :
Dilihat 595 kali