Ayo Ikuti Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara!  04 Mei 2016  ← Back

Jakarta, Kemendikbud --- Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara kembali digelar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kesenian mengundang putra-putri Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan bermain musik untuk mengikuti Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara tahun 2016. Audisi akan dilaksanakan di dua provinsi, yaitu Jakarta, pada 11 s.d 12 Mei 2016, dan Yogyakarta, pada 31 Mei s.d 2 Juni 2016.

Audisi Gita Bahana Nusantara di Jakarta akan diselenggarakan di Aula Insan Berprestasi, Gedung Ki Hadjar Dewantara, Kantor Kemendikbud, pada 11 s.d 12 Mei 2016, mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Sedangkan audisi di Yogyakarta akan berlangsung di Auditorium SMKN 2 Kasihan, Bantul, Yogyakarta, selama tiga hari, yaitu 31 Mei s.d 2 Juni 2016, mulai pukul 09.00 WIB.

Bagi peserta yang lolos audisi akan tampil pada acara kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI pada tanggal 15 Agustus 2016 dan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2016, di Istana Merdeka RI. Setelah lolos audisi, para putra-putri terpilih akan dikarantina selama 19 hari pada tanggal 1 s.d. 19 Agustus 2016.

Instrumen atau alat musik yang akan digunakan dalam Orkestra Gita Bahana Nusantara yaitu Biola, Contra Bass, Flute/Piccolo, Oboe, Basson, Clarinete, Saxophone, Trumpet, Trombone, Piano/Keyboard, Perkusi, dan instrument etnis. Kuota penerimaan calon peserta audisi hanya 150 orang di masing-masing kota yang menjadi tempat audisi.

Materi yang akan diaudisikan adalah memainkan tangga nada mayor, minor, dan arpeggio, serta memainkan Concerto/Sonata/Pieces yang teknik keterampilannya setingkat dengan Concerto, kemudian juga memainkan 'primavista'. Khusus Bass Elektrik dan Keyboard, mampu memainkan salah satu karya standar yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Materi terakhir adalah memainkan lagu nasional atau daerah yang bertempo lambat dari salah satu provinsi di Indonesia. 

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan cara pendaftaran Audisi Orkestra Gita Bahana Nusantara 2016 dapat dilihat di tautan berikut: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/05/audisi-orkestra-gita-bahana-nusantara-2016

Sumber :

 


Penulis : Desliana Maulipaksi
Editor :
Dilihat 3867 kali