Apresiasi Guru PAUD dan Pendidikan Masyarakat Tahun 2017 Digelar di Bengkulu  10 Juli 2017  ← Back



Bengkulu, Kemendikbud
--- Kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Tingkat Nasional Tahun 2017 digelar di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 9 s.d. 15 Juli 2017. Sekitar 1.000 guru dan tenaga kependidikan PAUD dan Dikmas berprestasi dari 34 provinsi akan berkompetisi untuk 17 jenis lomba.
Ke-17 jenis lomba itu antara lain lomba untuk Guru Kelompok Bermain (KB)/Tempat Penitipan Anak (TPA)/Satuan PAUD Sejenis (SPS), Pengelola KB/TPA/SPA, Instruktur Kursus Komputer, Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Pengelola Lembaga dan Pelatihan (LKP), Pamong Belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan Tutor Paket B/Paket C. Yang menarik, ada dua jenis lomba yang termasuk hiburan dan menuntut kekompakan dan kreativitas para peserta, yaitu lomba Paduan Suara dan Senam Maumere Kreasi Daerah.
Kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas merupakan program tahunan dari Direktorat Pembinaan Guru dan  Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada penyelenggaraan tahun ini, tema yang diangkat adalah “GTK PAUD dan Dikmas Berkarakter, Cerdas dan Profesional”. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan mutu pembinaan, memotivasi, dan menyebarluaskan hasil karya GTK PAUD dan Dikmas dalam rangka mengaktualisasi potensi yang dimiliki.
Dalam mengikuti lomba, para peserta akan diuji kompetensi dan kreativitasnya sesuai dengan bidang masing-masing, antara lain inovasi pengelolaan PAUD untuk Pengelola KB/TPA/SPS, inovasi pembelajaran modifikasi dan kreasi desain busana kerja wanita/pria menggunakan bahan batik untuk Instruktur Kursus Tata Busana, inovasi pembelajaran efisiensi bahan bakar pada kendaraan sepeda motor sistem injeksi untuk Instruktur Kursus Otomotif Teknik Sepeda Motor, dan Pengembangan  Pembelajaran Pendidikan Vokasi yang Kreatif dan Inovatif  dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan untuk Tutor Paket C.
 
Hari ini, Senin (10/7/2017), menjadi hari pertama pelaksanaan lomba dalam kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Tingkat Nasional Tahun 2017. Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas dikemas dalam bentuk penampilan karya terbaik yang merupakan hasil inovasi dan pengalaman baik (best practices) yang sudah dilakukan di masing-masing satuan pendidikan nasional. Para peserta akan menyajikan karya terbaik sesuai topik atau tema yang telah ditentukan topik atau tema untuk setiap jenis GTK PAUD dan Dikmas. Selamat berkompetisi! (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6362 kali