Praktik Baik dan Kolaborasi di SMPN 5 Kudus dalam Penguatan Literasi  ( 14 September 2024, Dilihat 18 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggulirkan Kebijakan Merdeka Belajar episode ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam paparan peluncuran menekankan pentingnya program literasi yang menyenangkan bagi anak-anak. 
 

Manifestasi Wirausaha Muda Berbasis Digital ala Politeknik Hasnur  ( 12 September 2024, Dilihat 154 kali . )
Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) program Wirausaha Merdeka (WMK) Angkatan 3 Tahun 2024, Politeknik Hasnur berkomitmen untuk mencetak wirausaha muda berbasis digital. Hal ini selaras dengan tujuan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu mentransformasi sistem pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan lingkungan dan zaman.
 

ULT Kemendikbudristek Kembali Raih Penghargaan pada Ajang The Best Contact Center Indonesia 2024  ( 12 September 2024, Dilihat 94 kali . )
Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih penghargaan dalam acara The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (11/9). Ini kali keduanya ULT Kemendikbudristek berpartisipasi pada ajang yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). Pada kesempatan ini, ULT Kemendikbudristek berhasil mendapatkan 4 penghargaan pada kategori Program Korporat, yaitu Gold – Employee Engagement, Gold – Contact Center Operations, Gold – Technology Innovation, dan Silver – The Best Customer Experience. 
 

Harmony in the Pacific: Jembatan Budaya Indonesia dengan Negara Pasifik   ( 12 September 2024, Dilihat 93 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri dan KBRI Suva melalui program Harmony in the Pacific berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Pasifik melalui pendekatan kebudayaan dan warisan bersama (culture and shared heritage). Program ini merupakan bagian dari visi “Pacific Elevation” yang bertujuan meningkatkan kerja sama antara Indonesia Timur dengan negara-negara di Pasifik.
 

UPI dan Universitas King Abdulaziz Jalin Kerja Sama Strategis Pendidikan  ( 12 September 2024, Dilihat 234 kali . )
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan College of Education King Abdulaziz University di Jeddah menandatangani perjanjian kerja sama strategis yang bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademik dan kolaborasi penelitian, pada Selasa (10/9).
 

MSIB Angkatan 7 Resmi Dimulai  ( 12 September 2024, Dilihat 181 kali . )
Program Magang dan Studi Independen (MSIB) resmi melepas mahasiswa peserta program angkatan ketujuh di Jakarta, pada Jumat (6/9). Program favorit yang bernaung di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini kembali menunjukkan taringnya dengan mengirim 30.228 mahasiswa ke 379 mitra dunia usaha dunia industri untuk belajar menjadi talenta terbaik Indonesia.
 

Kemendikbudristek Dapat Tambahan Anggaran untuk Peningkatan Kesejahteraan Guru dan Program Prioritas  ( 12 September 2024, Dilihat 183 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menegaskan bahwa tambahan anggaran Kemendikbudristek Tahun Anggaran 2025 berdasarkan Panja Pembiayaan Pendidikan sebesar Rp10,4 triliun akan difokuskan pada peningkatan kesejahteraan guru dan dosen sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
 

UNESCO dan UNICEF Tunjuk Indonesia Adakan Gateways Study Visit 2024  ( 11 September 2024, Dilihat 70 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hari ini mengumumkan penyelenggaraan Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) pada 1–3 Oktober 2024 di Bali. Konferensi internasional bertajuk “Lebih dari Intervensi Teknologi: Menavigasi Transformasi Pendidikan Indonesia” tersebut direncanakan akan dihadiri oleh delegasi lebih dari 20 negara dan organisasi internasional. Acara ini menjadi kesempatan bagi Indonesia dan negara peserta dalam berbagi pengalaman, mendiskusikan tentang keberhasilan, tantangan, dan keberlanjutan transformasi pendidikan yang dilakukan, terutama dalam payung Merdeka Belajar.
 

Persempit Gap Kompetensi, BNET Academy dan SMK Sepakat Bekerja Sama  ( 10 September 2024, Dilihat 103 kali . )
Kebutuhan tenaga kerja di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diproyeksi akan terus meningkat di masa depan. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendorong ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang relevan dengan sektor tersebut. 
 

Sokola Institute Raih Penghargaan UNESCO Confucius Prize for Literacy 2024  ( 10 September 2024, Dilihat 151 kali . )
Sokola Institute dengan programnya "Pendidikan Literasi untuk Masyarakat Adat Indonesia" telah terpilih sebagai salah satu pemenang UNESCO Confucius Prize for Literacy 2024. Penghargaan bergengsi ini mengakui upaya luar biasa Sokola Institute dalam meningkatkan literasi di kalangan masyarakat adat melalui pendekatan inovatif dan integratif. 
 

Festival Budaya Panji 2024: Pelestarian Memory of The World  ( 09 September 2024, Dilihat 186 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan akan menyelenggarakan Festival Budaya Panji 2024 pada 22 s.d. 24 Oktober 2024 di Gedung Kesenian Jakarta. Mengusung tema “Cerita Panji dalam Keragaman Budaya Nusantara,” festival ini bertujuan untuk memperkuat warisan budaya Panji sebagai salah satu bentuk ekspresi seni yang diakui oleh dunia.
 

Kiprah Inisiatif Revitalisasi Bahasa Daerah Kemendikbudristek Diakui Majalah TIME  ( 09 September 2024, Dilihat 104 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bawah kepemimpinan Nadiem Makarim terus mengupayakan berbagai inisiatif untuk mendorong pemajuan kebudayaan. Program Revitalisasi Bahasa Daerah yang diluncurkan sebagai Merdeka Belajar Episode 17 pada Februari 2022 telah memberikan manfaat dan dampak besar dalam upaya pelestarian dan pengembangan bahasa daerah di seluruh Indonesia. Keberhasilan program tersebut baru-baru ini juga diakui oleh media internasional, yakni Majalah TIME.
 

Kerja Sama Kemendikbudristek dan Kejaksaan, Tingkatkan Kapasitas PPNS Kebudayaan  ( 09 September 2024, Dilihat 348 kali . )
Untuk meningkatkan kapasitas bagi Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Hal ini ditandai dengan penandatanganan naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek (Ditjen Kebudayaan), tentang Penguatan dan Sinergisitas Penyidik Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian/Lembaga, pada Selasa Pagi, di Hotel Le Meridien, Jakarta, (3/9/2024).
 

Musnas Ikatan Duta Bahasa Tahun 2024, Dorong Optimalisasi Program Prioritas Badan Bahasa  ( 09 September 2024, Dilihat 403 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan acara Musyawarah Nasional Ikatan Duta Bahasa Tahun 2024. Acara ini diselenggarakan pada 5—6 September 2024 di Hotel Sultan Jakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 62 orang yang terdiri atas perwakilan Ikadubas dan pendamping dari 31 provinsi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Rakor Duta Bahasa Tahun 2021. Salah satu hasil rekomendasi rakor tersebut adalah diadakan kegiatan musyawarah nasional untuk membentuk dan memilih Ketua Ikatan Duta Bahasa Nasional.
 

Jawa Tengah Terbaik I pada Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional Tahun 2024  ( 08 September 2024, Dilihat 111 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menggelar Malam Penganugerahan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2024 di Jakarta pada Jumat (6/9). Kemendikbudristek menetapkan Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah, yaitu Gemilang Dani Saputra dan Olivia Firdaus sebagai Terbaik I Duta Bahasa Tingkat Nasional 2024.
 

Lokovasia 2024 Sukses Digelar, Eksistensi Musik Tradisi Memperkuat Pemajuan Kebudayaan  ( 08 September 2024, Dilihat 149 kali . )
Perhelatan Lokakarya Konservasi dan Inovasi Musik Tradisi Indonesia (Lokovasia) 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Yayasan Musike SJ resmi berakhir dengan sukses pada Sabtu (7/9) di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, Jawa Timur.
 

Kemendikbudristek dan DPR RI Gelar Diskusi Soroti Kebijakan Anggaran Pendidikan  ( 07 September 2024, Dilihat 186 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Komisi X DPR RI menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) dengan tema Menggugat Kebijakan Anggaran Pendidikan. Kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta, pada Sabtu (7/9), bertujuan untuk merumuskan kebijakan yang tepat dalam pembiayaan pendidikan di Indonesia, termasuk dikaitkan dengan efektivitas pemanfaatan Anggaran Pendidikan 20 persen APBN, dalam menghadapi tantangan ke depan untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan yang berkeadilan di seluruh wilayah Indonesia.
 

Komisi X DPR RI Setujui Tambahan Anggaran untuk Mendukung Program Prioritas Kemendikbudristek  ( 06 September 2024, Dilihat 126 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen untuk terus melakukan pengawalan terhadap pelaksanaan program yang memberikan dampak luas terhadap masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, ketika menyampaikan laporannya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Jakarta, pada Jumat (6/9).
 

KILA 2024: Rayakan Persahabatan dan Budaya Indonesia Lewat Lagu Anak  ( 06 September 2024, Dilihat 75 kali . )
Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar pentas musik Kita Cinta Lagu Anak Indonesia (KILA) Tahun 2024, pada Jumat (6/9) di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta.
 

Kerja Sama Pemerintah Indonesia dan Republik Korea Luncurkan Rumah Indonesiana   ( 06 September 2024, Dilihat 70 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea meluncurkan Pusat Kreativitas Digital Berbasis Kearifan Lokal yang bernama Rumah Indonesiana, di Jakarta (6/9). Kegiatan peluncuran Rumah Indonesiana yang berlokasi di Museum Kebangkitan Nasional ini dihadiri oleh pihak Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, sementara pihak Korea diwakili oleh Direktur Divisi Hallyu Support Sim Minseok.
 

Kolaborasi Kemendikbudristek, Pemda, dan Masyarakat Tingkatkan Angka Melek Aksara dan Literasi  ( 06 September 2024, Dilihat 162 kali . )
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melek aksara, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbudristek terus mendorong kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat , terutama jelang peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2024. Dengan kolaborasi ketiga pihak tersebut, diharapkan adanya data, pemetaan, dan intervensi yang tepat untuk percepatan penuntasan buta aksara.
 

Program Wirausaha Merdeka Tahun 2024 Resmi Dibuka  ( 06 September 2024, Dilihat 544 kali . )
Pada tahun 2024, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menunjukkan komitmennya untuk membangun ekonomi berbasis kewirausahaan dengan meluncurkan kembali Program Wirausaha Merdeka (WMK) Tahun 2024. Acara peluncuran yang berlangsung pada Kamis (23/8), yang juga bisa disaksikan melalui kanal Youtube Kampus Merdeka ini, menandai babak baru dalam mendukung para mahasiswa untuk menjadi wirausaha tangguh dan inovatif.
 

Ditjen Kebudayaan Raih Juara Umum Dalam Lomba Olahraga dan Seni Kemendikbudristek Tahun 2024  ( 06 September 2024, Dilihat 402 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sukses menggelar Lomba Olahraga dan Seni dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada Jumat (30/8). Pada pelaksanaanya tahun ini, Direktorat Jenderal Kebudayaan berhasil meraih juara umum dan mendapatkan piala bergilir perlombaan.