Peningkatan Kualitas Guru Tingkatkan Kualitas Peserta Didik  06 Februari 2018  ← Back

 

Depok, Kemendikbud --- Kualitas peserta didik ditentukan dengan kualitas pendidiknya. Itulah salah satu nilai yang dipegang Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir , Rikardo Hutajulu, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.

"Jika gurunya tidak mempunyai pengetahuan yang luas, bagaimana ia bisa memberikan ilmunya kepada siswanya?," ujar Rikardo di sela-sela penyelenggaraan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2018, di Pusdiklat Kemendikbud, Depok, Jawa Barat, (6/2/2018).

Ia mengatakan, salah satu program yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir adalah pelatihan guru. "Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir telah memberikan pelatihan sebanyak 50 guru SD, 50 guru SMP, baik untuk meningkatkan motivasi maupun pengetahuannya," kata Rikardo.

Lebih lanjut ia menambahkan, pendidikan di wilayahnya telah bekerja sama dengan organisasi menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara atau SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization) dalam melakukan pelatihan peningkatan kompetensi baik guru maupun siswa.

"Masih ada sekitar 2.500 guru yang belum mendapat pelatihan, saya menargetkan dengan kerja sama ini, tahun 2019 seluruh guru tersebut sudah mendapatkan pelatihan sehingga kompetensi mereka meningkat," tuturnya.

Menurut Rikardo, kerja sama dengan berbagai pihak seperti SEAMEO dan perguruan tinggi atau pihak lain, dapat menumbuhkan komunitas-komunitas sains sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. “Dengan kerja keras semua pihak, pada tahun 2017, satu siswa SD Kabupaten Toba Samosir mendapat Juara 2 di Olimpiade IPA,” katanya bangga.

Ia pun berharap dengan diselenggarakannya RNPK 2018, akan semakin banyak program peningkatan kualitas guru yang bisa diterapkan, khususnya untuk guru di Kabupaten Toba Samosir. (Dwi Retnawati/Desliana Maulipaksi)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1230 kali