Mendikdasmen Bahas Strategi Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan Bersama Media  ( 24 Oktober 2024, Dilihat 1169 kali . )
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menggelar giat bertajuk “Silaturahmi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dengan Media” pada Rabu (23/10) di Jakarta. Acara ini menjadi ruang diskusi penting antara pemerintah dan media terkait strategi peningkatan mutu pendidikan dan berbagai isu yang dihadapi di lapangan.
 

Nadiem Makarim Pamit dari Kemendikbudristek, Serahkan Estafet Kepemimpinan kepada Tiga Menteri Baru  ( 21 Oktober 2024, Dilihat 8072 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar serah terima jabatan (sertijab) dan acara pisah sambut antara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Nadiem Anwar Makarim kepada tiga menteri Kabinet Merah Putih yaitu, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti; Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Satryo Soemantri Brodjonegoro; dan Menteri Kebudayaan, Fadli Zon. Acara berlangsung di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (21/10).
 

Meningkatkan Pemahaman, Keterampilan, dan Kemampuan Pengelolaan Keuangan melalui Literasi Finansial  ( 21 Oktober 2024, Dilihat 480 kali . )
Kemajuan teknologi merevolusi ketersediaan layanan finansial bagi masyarakat Indonesia. Pengalaman berbelanja dan peminjaman daring menjadi semakin mudah. Bagai dua sisi mata uang, hal tersebut justru menjerat banyak generasi muda sehingga gagal membayar utang. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2023 mencatat 57,3% dari total kredit macet pinjaman daring perseorangan dalam skala nasional didominasi usia 19-34 tahun. Bahkan, data Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan per Juli 2024, terdapat sekitar 4 juta pemain dan 168 juta transaksi judi online (judol) di Indonesia.
 

Lewat PIMNAS ke-37, Kemendikbudristek Cetak Talenta Muda Riset dan Inovasi yang Produktif  ( 20 Oktober 2024, Dilihat 378 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) selaku tuan rumah penyelenggara, sukses menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 yang digelar pada 14 s.d. 19 Oktober 2024.
 

Kuliah Umum Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4 2024: Berbagi dan Berkolaborasi  ( 19 Oktober 2024, Dilihat 297 kali . )
Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) semakin marak dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pendidik merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) membantu para pendidik meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan peserta didik untuk masa depan yang semakin digital. Inovasi Pembelajaran Digital dengan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) menjadi sebuah keniscayaan bagi para pendidik dalam menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis TIK dan berpusat pada peserta didik (student center oriented) serta bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan media pembelajaran digital.
 

Daftar Nominasi Festival Film Indonesia 2024 Secara Resmi Diumumkan  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 235 kali . )
Dari lokasi Museum Vrederberg, Yogyakarta, daftar nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2024 diumumkan secara resmi oleh Komite FFI 2024 hari ini. Pembacaan nominasi 22 kategori penghargaan Piala Citra FFI dan Karya Kritik Film dilakukan secara bergantian oleh Duta FFI 2024, yaitu Dian Sastrowardoyo, Kamila Andini, Lutesha, dan Bryan Domani, Ketua Komite FFI 2024-2026 Ario Bayu, serta penampilan khusus dari Bernadya.
 

Sinergi Kemendikbudristek dan Para Mitra Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas, Berkarakter  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 134 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Jenderal  Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan mitra yang berasal dari dunia usaha, organisasi non-pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, dan dunia industri dalam rangka mendukung implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS). Penandatanganan PKS tersebut dilangsungkan dalam rangkaian agenda gelar wicara GSS dengan tema “Sinergi Hadapi Perubahan Iklim untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Berkarakter”.
 

Satu Dekade Pembangunan Pendidikan, Semakin Berdampak dan Bermanfaat  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 130 kali . )
Selama satu dekade terakhir, pembangunan di sektor pendidikan di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan dan program-program yang sudah dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan untuk memastikan keberadilan, pemerataan, dan peningkatan akses pendidikan yang menyeluruh. Dampak positif dari kebijakan-kebijakan yang sudah dijalankan tidak hanya dirasakan oleh para peserta didik, namun juga dirasakan oleh pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat luas.
 

Memanfaatkan Asesmen Nasional dan Rapor Pendidikan untuk Pemantauan, Evaluasi, Advokasi Kebijakan  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 115 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan kebijakan Asesmen Nasional (AN) dan Rapor Pendidikan sebagai bagian dari transformasi sistem pendidikan yang menyeluruh. AN mengumpulkan data tentang kualitas hasil belajar murid, proses pembelajaran, serta berbagai aspek lingkungan belajar dari hampir semua satuan pendidikan di Indonesia. Data tersebut disampaikan sebagai bahan refleksi dan perencanaan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah melalui platform Rapor Pendidikan.
 

Revitalisasi Bahasa Daerah Tingkatkan Kecintaan Anak-anak Kepada Bahasa Daerah di Jawa Tengah  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 134 kali . )
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 pada Selasa (15/10). Acara yang berlangsung di Gedung Wanita, Kabupaten Jepara ini dihadiri oleh para siswa pemenang lomba FTBI Tingkat Kabupaten/Kota dan guru pendamping dari setiap lomba. Ada tujuh kategori lomba yang diselenggarakan, yaitu ndhagel ijen, nembang macapat, ndongeng, nulis lan maca aksara jawa, nulis cerkak, maca geguritan, dan sesorah.
 

Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-220 Dimulai, Indonesia Ajak Kolaborasi Hadapi Tantangan Global  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 233 kali . )
Delegasi Republik Indonesia berpartisipasi aktif dalam Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-220 yang berlangsung di Paris, Prancis. Dalam sidang pleno, Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) yang juga sebagai Ketua Delegasi Republik Indonesia yang hadir, Itje Chodidjah, menyampaikan pernyataan nasional yang kuat dan penuh makna.
 

Peluncuran Film Dokumenter “Merdeka Bermimpi”: Sebuah Rekam Jejak Transformasi Pendidikan Tinggi  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 311 kali . )
Sebagai penanda jejak transformasi Pendidikan tinggi, Direktorat Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kemendikbudristek RI meluncurkan film dokumenter tentang kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang merekam transformasi besar dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Film ini dipersembahkan bagi berbagai pemangku kepentingan pendidikan, pejabat pemerintahan, mitra industri, dan masyarakat luas.
 

GELP 2024 di Jakarta: Soroti Terobosan Transformasi Pendidikan Indonesia melalui Kurikulum Merdeka  ( 18 Oktober 2024, Dilihat 325 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyambut baik kehadiran 53 pemimpin pendidikan dari 24 negara kawasan Asia Pasifik dan sejumlah negara maju lain yang tergabung dalam Global Education Leaders’ Partnership (GELP) di Jakarta. Para pemimpin pendidikan tersebut menghadiri pertemuan yang berlangsung pada 14 s.d. 16 Oktober 2024. Mereka juga mendatangi beberapa satuan pendidikan di Jakarta untuk melihat langsung transformasi sistem pendidikan yang dilakukan di Indonesia.
 

Mitra Pendidikan Indonesia Mengakselerasi Transformasi Sistem Pendidikan Indonesia  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 1373 kali . )
Dalam upaya mengakselerasi kualitas pembelajaran bagi seluruh murid di Indonesia, Mitra Pendidikan Indonesia (MPI) di bawah kepemimpinan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) kembali menyelenggarakan Annual Joint Sector Review (AJSR) pada 16 s.d. 17 Oktober 2024 di Jakarta. Kegiatan ini melibatkan unsur lembaga pemerintah, mitra pembangunan, organisasi masyarakat, guru, pimpinan sekolah, dan sektor swasta.
 

Upaya Kemendikbudristek Wujudkan Generasi Sehat di Tengah Tantangan Perubahan Iklim  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 102 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyelenggarakan gelar wicara Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dengan tema “Sinergi Hadapi Perubahan Iklim untuk Generasi Sehat, Cerdas dan Berkarakter”, Kamis (17/10). Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong akselerasi implementasi Gerakan Sekolah Sehat (GSS) di satuan pendidikan, serta memberikan informasi tentang upaya untuk mendukung peserta didik dalam mengenal dan mengantisipasi perubahan iklim.
 

IHA Raih Penghargaan Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat dalam kampanye Reimajinasi Warisan Budaya  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 81 kali . )
Indonesian Heritage Agency (IHA) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), berhasil mendapatkan penghargaan dari Detik atas kontribusinya dalam pemberdayaan masyarakat dan inovasi pelayanan publik melalui kampanye Reimajinasi Warisan Budaya. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan IHA dalam mengintegrasikan teknologi modern dan pendekatan baru untuk mengubah pengalaman masyarakat terhadap museum dan situs cagar budaya di Indonesia sejak diluncurkan pada Mei 2024.
 

Komitmen Kemendikbudristek dalam Meningkatkan Kapasitas Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 519 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) dan Direktorat SMA Ditjen Pauddikdasmen, mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan untuk Regional 1 sebagai langkah nyata dalam menangani kekerasan di sekolah. Kegiatan ini melibatkan peserta dari Provinsi Sumatera Utara, Riau, Aceh, Sumatera Barat, Banten, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sumatera Selatan, dengan format hybrid yang menggabungkan metode daring dan luring.
 

Delegasi GELP Terkesan dengan Kurikulum Merdeka, Teknologi Pembelajaran, dan Pembentukan Karakter  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 282 kali . )
Sebanyak 53 anggota Global Education Leaders Partnership (GELP) yang berasal dari 20 negara terkesan melihat kegiatan belajar mengajar (KBM) dan proses transformasi pendidikan di Indonesia melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Para delegasi tersebut melakukan kunjungan ke satuan pendidikan Sekolah Dasar 01 Pulo Jakarta Selatan dan SMP Negeri 240 Jakarta Selatan, Selasa (15/10).
 

Kurikulum Merdeka, Ajak Murid Berguru pada Alam dan Lokalitas   ( 17 Oktober 2024, Dilihat 558 kali . )
Potret Cerita Kurikulum Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah ajang bagi para guru untuk menyuarakan semangat belajar dalam menerapkan Kurikulum Merdeka melalui cerita praktik pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di media sosial. Potret Cerita Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan kepada pendidik untuk berbagi pengalaman dan metode pembelajaran inovatif mereka sehingga diharapkan dapat menginspirasi komunitas pendidikan lainnya. Tahun ini, 24 karya terpilih berupa foto dan video dalam kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dapat diakses melalui https://feskurmer.kemdikbud.go.id
 

GSI SMP Tingkat Nasional 2024: Wujud Nyata Kemendikbudristek Dukung Pemajuan Sepakbola Nasional  ( 16 Oktober 2024, Dilihat 237 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), kembali menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2024. Tahun ini, menjadi gelaran GSI ketujuh kalinya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya mengembangkan talenta muda sepakbola Indonesia.
 

Atdikbud KBRI Canberra Fasilitasi 8 Mahasiswa Indonesia Magang Mengajar di Sekolah Australia  ( 16 Oktober 2024, Dilihat 517 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra kembali memfasilitasi mahasiswa pendidikan dari Indonesia untuk magang atau praktik mengajar di sekolah-sekolah Australia. Pada triwulan keempat dalam kalender akademik sekolah Australia ini, terdapat 8 mahasiswa magang. Mereka berasal dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Atdikbud KBRI Canberra, Mukhamad Najib, dalam kesempatan serah terima mahasiswa magang mengajar di sekolah-sekolah Canberra pada Selasa (15/10).