Kemendikbud Imbau Kepala Sekolah dan Guru SMK Persiapkan Diri, Tingkatkan Kerja Sama dengan DUDI 29 Juni 2020 ← Back
Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim berharap lima tahun mendatang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) banyak diminati oleh masyarakat. Untuk itu ribuan kepala dan guru SMK diimbau agar segera mempersiapkan diri dalam meningkatkan 'pernikahan' dengan dunia usaha dan dunia industri.
Hal tersebut disampaikan Mendikbud pada lokakarya peningkatan kualitas kepemimpinanan kepala SMK di seluruh Indonesia secara virtual, Sabtu (27/06). “Harapan saya, Pendidikan Vokasi Indonesia menjadi semakin mumpuni, semakin kuat dan akan menghasilkan talenta-talenta Indonesia yang berdaya saing dan berkualitas tinggi, menjadi daya dorong kemajuan bangsa, menguatkan Indonesia," tutur Mendikbud
Sebagai manajer pada satuan pendidikan, kata Mendikbud kepala sekolah harus seperti CEO perusahaan. Harus bisa mengelola sekolahnya dalam mencari dan mengembangkan peluang kerja sama dengan industri dan dunia kerja. Guru-guru dan instruktur harus mau berlatih dan meningkatkan kompetensinya agar terus relevan dengan kompetensi yang digunakan dan dibutuhkan oleh industri dan dunia kerja. “Jadi penting sekali Kepala, Guru, Instruktur SMK terbuka pada perubahan, dan melihat peluang perubahan,” imbuhnya.
Ke depan, harap Mendikbud, pendidikan vokasi Indonesia menjadi center of excellence di dunia yang kualitas lulusannya tidak lagi diragukan. Untuk mewujudkan hal ini, Ditjen Pendidikan Vokasi memiliki paket pernikahan massal yang harus diterapkan oleh seluruh SMK.
Paket Pertama, Kurikulum disusun bersama industri di mana materi pelatihan dan sertifikasi di industri masuk resmi ke dalam kurikulum di sekolah. Kedua, guru tamu dari industri rutin mengajar di sekolah. Ketiga, program magang yang terstruktur dan dikelola bersama dengan baik. Keempat, komitmen kuat dan resmi pihak industri menyerap lulusan. Kelima, program beasiswa dan ikatan dinas bagi siswa.
Selanjutnya Keenam, jembatan program di mana pihak industri memperkenalkan teknologi dan proses kerja industri yang diperlukan kepada para guru, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh pihak industri. Ketujuh, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh sekolah bersama industri. Kedelapan, riset bersama yaitu riset terapan dengan guru yang berasal dari kasus nyata di industri. Kesembilan, berbagai kegiatan atau program 'pernikahan' lainnya.
Selain Mendikbud dan Dirjen Pendidikan Vokasi, turut hadir menjadi narasumber utama pada lokakarya ini, yaitu Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud, M. Bakrun; pakar Manajemen Perubahan/Founder Rumah Perubahan, Rhenald Kasali; Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Antonius J Supit; Pemimpin Redaksi Koran TEMPO, Budi Setyarso; dan Kepala SMK Negeri 1 Batam, Lea Suroso.
Jakarta, 28 Juni 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.idh
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 153/sipres/A6/VI/2020
Hal tersebut disampaikan Mendikbud pada lokakarya peningkatan kualitas kepemimpinanan kepala SMK di seluruh Indonesia secara virtual, Sabtu (27/06). “Harapan saya, Pendidikan Vokasi Indonesia menjadi semakin mumpuni, semakin kuat dan akan menghasilkan talenta-talenta Indonesia yang berdaya saing dan berkualitas tinggi, menjadi daya dorong kemajuan bangsa, menguatkan Indonesia," tutur Mendikbud
Sebagai manajer pada satuan pendidikan, kata Mendikbud kepala sekolah harus seperti CEO perusahaan. Harus bisa mengelola sekolahnya dalam mencari dan mengembangkan peluang kerja sama dengan industri dan dunia kerja. Guru-guru dan instruktur harus mau berlatih dan meningkatkan kompetensinya agar terus relevan dengan kompetensi yang digunakan dan dibutuhkan oleh industri dan dunia kerja. “Jadi penting sekali Kepala, Guru, Instruktur SMK terbuka pada perubahan, dan melihat peluang perubahan,” imbuhnya.
Ke depan, harap Mendikbud, pendidikan vokasi Indonesia menjadi center of excellence di dunia yang kualitas lulusannya tidak lagi diragukan. Untuk mewujudkan hal ini, Ditjen Pendidikan Vokasi memiliki paket pernikahan massal yang harus diterapkan oleh seluruh SMK.
Paket Pertama, Kurikulum disusun bersama industri di mana materi pelatihan dan sertifikasi di industri masuk resmi ke dalam kurikulum di sekolah. Kedua, guru tamu dari industri rutin mengajar di sekolah. Ketiga, program magang yang terstruktur dan dikelola bersama dengan baik. Keempat, komitmen kuat dan resmi pihak industri menyerap lulusan. Kelima, program beasiswa dan ikatan dinas bagi siswa.
Selanjutnya Keenam, jembatan program di mana pihak industri memperkenalkan teknologi dan proses kerja industri yang diperlukan kepada para guru, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh pihak industri. Ketujuh, sertifikasi kompetensi bagi lulusan diberikan oleh sekolah bersama industri. Kedelapan, riset bersama yaitu riset terapan dengan guru yang berasal dari kasus nyata di industri. Kesembilan, berbagai kegiatan atau program 'pernikahan' lainnya.
Selain Mendikbud dan Dirjen Pendidikan Vokasi, turut hadir menjadi narasumber utama pada lokakarya ini, yaitu Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud, M. Bakrun; pakar Manajemen Perubahan/Founder Rumah Perubahan, Rhenald Kasali; Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Antonius J Supit; Pemimpin Redaksi Koran TEMPO, Budi Setyarso; dan Kepala SMK Negeri 1 Batam, Lea Suroso.
Jakarta, 28 Juni 2020
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: www.kemdikbud.go.idh
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 153/sipres/A6/VI/2020
Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2439 kali
Editor :
Dilihat 2439 kali