Televisi Menjadi Alternatif Utama sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh  14 Oktober 2020  ← Back



Jakarta, Kemendikbud --- Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19, televisi menjadi salah satu media pembelajaran yang diandalkan masyarakat. Menyoroti pentingnya media televisi dalam menunjang pembelajaran, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud, Hasan Chabibie, mengatakan, hasil survei Kemendikbud menunjukkan sebanyak 60 persen peserta didik jenjang SD dan 40 persen peserta didik jenjang SMP memanfaatkan televisi sebagai media pembelajaran dalam PJJ, terutama Program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di TVRI.
 
“TV masih sebuah kotak ajaib yang menjadi medium alternatif untuk membantu kita mengatasi tantangan kuota internet. Kuncinya, kita selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas tayangan supaya makin bagus untuk adik-adik kita,” ujar Hasan Chabibie dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, pada peringatan hari ulang tahun ke-16 TV Edukasi, Senin (12/10/2020).
 
Selain TVRI, TV Edukasi juga menjadi salah satu alternatif bagi para siswa dan guru yang menjalani PJJ di masa pandemi Covid-19. Guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya, Roro Martiningsih, mengaku sangat terbantu dengan adanya TV Edukasi. “Anak-anak malah minta agar guru menjadwalkan TV Edukasi dalam pembelajaran. Kami sebagai guru bisa tenang karena kita tahu program TV Edukasi sudah melalui penyaringan, sehingga aman untuk anak-anak,” ucap Roro.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda juga mengapresiasi upaya konsisten Kemendikbud untuk terus menyiarkan konten edukasi berkualitas. “Semoga Kemendikbud lewat Pusdatin bisa terus memproduksi konten kreatif lewat TV Edukasi, supaya masyarakat bisa memanfaatkannya,” kata Syaiful.
 
TV Edukasi yang biasa disingkat TVE adalah stasiun televisi Kemendikbud yang dikembangkan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin). TV Edukasi menayangkan konten pendidikan secara gratis dan dapat diakses pada satelit Telkom-4 frekuensi 4125/V/5500. Agar mudah diakses masyarakat, program-program TV Edukasi juga disiarkan oleh TVRI dan berbagai TV lokal. Informasi mengenai TV Edukasi dapat diakses di laman resmi https://tve.kemdikbud.go.id
 
Tahun ini, menginjak usianya yang ke-16, TV Edukasi mengangkat tema “Gemilang 16 Tahun TV Edukasi: Merdeka Belajarnya, TV Edukasi Medianya”. (Denty Anugrahmawaty/Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4959 kali