2.628 Siswa Pendidikan Dasar Bersaing dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tahun 2020  10 November 2020  ← Back



Tangerang, Kemendikbud --- Sebanyak 2.628 siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) bersaing menjadi yang terbaik dalam Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Pendidikan Dasar Tahun 2020. Mereka terdiri dari 1.249 siswa SD dan 1.379 siswa SMP. Dewan juri menilai video-video yang mereka kirimkan, dan akan memilih wakil-wakil yang akan berlaga di final KOSN yang akan digelar Desember mendatang.

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, KOSN tahun ini tetap dilaksanakan meskipun secara daring. Cabang olahraga yang dilombakan terdiri dari pencak silat dan karate. Penilaian babak penyisihan dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 13 November 2020 di Hotel Grand Soll Marina Tangerang.

Para peserta sebelumnya telah mengirimkan video sesuai ketentuan panitia KOSN dan kemudian mengirimkannya di sistem daring yang ditentukan. Setelah itu panitia mengunduh video tersebut dan dokumen-dokumen persyaratan lainnya. Setelah video diunduh, dewan juri menilai satu per satu video-video tersebut, dan nilainya disimpan dalam sistem daring KOSN.

Salah satu juri karate, Hendrial mengatakan ini pengalaman baru, menilai kemampuan peserta dari video dan tidak secara langsung. Namun dari video tersebut, seorang juri yang berpengalaman dapat menentukan kemampuan peserta dan memberikan nilai yang adil. Ia menjamin para juri akan bekerja profesional dan menghasilkan penilaian yang paling adil.

KOSN dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi mengaku gembira dengan antusiasme siswa mengikuti KOSN. Ia berharap tahap penyisihan KOSN pendidikan dasar ini berjalan lancar dan menghasilkan wakil-wakil terbaik yang akan berlaga di babak final.

"Saya gembira para siswa SD dan SMP antusias mengikuti KOSN. Lebih dari dua ribu video telah diunggah. Sebelumnya pada KOSN pendidikan menengah pesertanya juga luar biasa. Ayo semangat!" kata Asep Sukmayadi ketika membuka Penilaian Babak Penyisihan KOSN Pendidikan Dasar. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1556 kali