Ini Deretan Peraih Medali di Ajang Medical Online Championship 2020  22 November 2020  ← Back



Tangerang, 22 November 2020 --- Kompetisi bagi mahasiswa kedokteran Medical Online Championship (MOC) selesai digelar dan menetapkan Universitas Diponegoro (Undip) sebagai juara umum. Penutupan yang berlangsung secara virtual pada Sabtu (21/11) lalu ini, menjadi ajang pengumuman siapa saja yang berhasil merebut medali. 
 
Adapun daftar pemenang Medical Online Championship (MOC) Tahun 2020 di bidang Infectious Disease adalah sebagai berikut.  Juara pertama yaitu Felly Moelyadi dan Alan Dharmasaputra dari Universitas Hang Tuah, juara kedua yaitu Fara Syafira dan Kaima Ishmata Rianti dari Universitas Sriwijaya, dan juara ketiga yaitu Ahmad Razi Maulana Alnaz dan Rasyid Ridha dari Universitas Sumatera Utara.
 
Untuk bidang Neuropsychiatry, juara pertama diraih Iskandar Hermanto dan Maulidina Amalia Putri asal Universitas Diponegoro, juara kedua diraih Devani Subagio dan Eugina Isadora asal Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, juara ketiga diraih I Nyoman Insan Bhakti Parisudha dan Shahifa Audy Rahima asal Universitas Jember.
 
Berikutnya, posisi pertama pada bidang Cardiorespiratory ditempat oleh Christianto dan Billy Pramatirta dari Universitas Indonesia. Posisi kedua ditempati oleh Muhammad Mufaiduddin dan  Vito Etenio Ade Laryan dari Universitas Diponegoro. Posisi ketiga ditempati oleh Naufal Gusti dan Muhammad Aji Aqsha dari Universitas Syiah Kuala Bidang.
 
Untuk bidang Digestive, juara pertama adalah Eric Ricardo Yonatan dan Jonathan Christianto dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Juara kedua adalah  Dominikus Evano Putra dan Bernadetha Kusuma Kris Firmantya Tei Saran dari Universitas Diponegoro. Juara ketiga adalah Stanley Lesmana dan Albert Fiorentino Cuwardy dari Universitas Sumatera Utara.
 
Kemudian untuk bidang Genitourinary, tempat pertama diduduki Josephine Fiona Sucahyo dan Vania Verina Himawan dari Universitas Diponegoro. Di tempat kedua, Ahmad Taufik Fadillah Zainal dan Adlina Safira Kaharu dari Universitas Hasanuddin. Tempat ketiga ditempati oleh Aivi Mujono dan Rivaldi Ruby dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
 
Pada bidang Musculoskeletal, juara satu adalah Damianus Galih Panunggal dan Harold Jefferson Matthew Charlex dari Universitas Diponegoro, juara kedua adalah Ahmad Syauqi Pahriza dan Akmal Rizky Harun dari Universitas Lambung Mangkurat, juara ketiga adalah Fathan Chandra Suhartono dan Cindy Oktavia Siregar dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 
 
Juara satu pada bidang Cardiorespiratory yakni Christianto dan Billy Pramatirta dari Universitas Indonesia menyatakan harapannya, kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun. “Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan.”
 
“Acara ini semoga menjadi titik awal acara (sejenis) berikutnya di masa pandemi. Kegiatan ini sangat berguna sehingga kita tidak hanya diam di rumah saja selama pandemi melainkan kita tetap bisa belajar, aktif dan berkompetisi,” ungkap juara kedua, Muhammad Mufaiduddin dan Vito Etenio Ade Laryan dari Universitas Diponegoro, menambahkan.
 
“Kegiatan ini juga dapat mengevaluasi diri kita dalam belajar untuk waktu selanjutnya dan menyemangati kita untuk terus belajar dan berkompetisi meski di tengah pandemi,” imbuh juara ketiga bidang Cardiorespiratory Naufal Gusti dan Muhammad Aji Aqsha dari Universitas Syiah Kuala Bidang.
 
Juara kedua untuk bidang Digestive, Dominikus Evano Putra dan Bernadetha Kusuma Kris Firmantya Tei Saran dari Universitas Diponegoro mengutarakan antusiasnya pada metode seleksi tersebut. Menurut Bernadetha, metode seleksi dinilai sangat menarik karena membuka kesempatan bagi para finalis memodifikasi cara untuk menunjukkan wawasan keilmuannya. “Sangat menarik ada metode-metode lomba seperti ini karena bisa mengembangkan talenta kita dengan lebih baik,” ujarnya.  (Denty A./Aline R.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2758 kali