Kemendikbud Selenggarakan Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila Sekolah Dasar Tahun 2020 11 November 2020 ← Back
Jakarta, 10 November 2020 --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Gebyar Gema Pertiwi Pelajar Pancasila Sekolah Dasar Tahun 2020. Gebyar tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Kemendikbud dalam penguatan pendidikan karakter bagi para peserta didik, dengan menghadirkan profil Pelajar Pancasila yang kreatif, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, dan berkebinekaan global.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter, para peserta didik yang akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan perlu dibekali dengan kompetensi dan karakter yang berakar pada falsafah dan ideologi bangsa.
“Semangat Merdeka Belajar yang diajarkan Ki Hajar Dewantara mendorong pembelajaran yang relevan dan bermakna yang berfokus pada kebutuhan siswa,” tuturnya saat memberikan sambutan secara virtual pada Selasa (10/11).
Mendatang Kemendikbud akan fokus pada pembelajaran berbasis project base yang akan melatih kemampuan siswa serta guru berpikir kritis, kreatif, dan mengasah kemampuan berkolaborasi. Kompetensi ini penting dimiliki setiap individu dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.
Mendikbud mengapresiasi kegiatan Gema Pertiwi Pelajar Pancasila tahun 2020 yang diinisiasi Direktorat Sekolah Dasar sebagai wadah mengasah kreativitas. “Melalui karya-karya kreatif yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila, seluruh pihak yang terlibat dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan dan inovatif,” ucapnya.
Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Jumeri berharap, kegiatan yang baru diadakan pertama kalinya ini dapat terus dilakukan setiap peringatan Hari Pahlawan, serta menjadi ruang inovasi dan kreativitas elemen sekolah yakni peserta didik, guru, dan orang tua.
“Melalui pembuatan karya video pendek dan cipta lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” urainya ketika membuka perhelatan secara resmi.
Pada kesempatan ini, hadir putra bungsu dari pahlawan nasional Jenderal Besar Soedirman, Teguh Soedirman dalam gelar wicara. “Saya mengajak anak-anakku sekalian, cucu, saya menyebut cucu karena usia saya saat ini adalah 71 tahun. Belajar dengan tekun sebagai salah satu cara mengikuti jejak pahlawan kita sehingga yang dicita-citakan oleh para pahlawan kita di jaman dahulu yaitu Indonesia yang aman, maju dan sejahtera dapat terwujud,” demikian pesannya.
Peran Tiga Pilar dalam Mensukseskan Internalisasi Nilai Pancasila
Peran tiga pilar pendidikan, kata Jumeri, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar sangatlah dibutuhkan. Dengan terbangunnya kerja sama antara guru, sekolah dan masyarakat, diharapkan dapat menumbuhkan ide atau gagasan inovasi dan kreativitas yang tepat di masa pandemi ini.
“Belajar memang tidaklah selalu mudah tapi inilah saatnya kita berinovasi dan kreativitas. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen, inilah saatnya kita memulai yang lebih baik di masa depan. Selamat kepada anak anak, guru orang tua dan segenap insan pendidikan yang telah mengikuti kegiatan ini,” tutur Jumeri pada acara yang berlangsung hybrid event (daring dan luring) dan disiarkan melalui Youtube Kemendikbud RI itu.
Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud, Sri Wahyuningsih dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan Gebyar Gema Pertiwi merupakan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi peserta didik yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam rangka pembinaan peserta didik di masa pandemi Covid-19.
“Secara khusus, acara ini bertujuan untuk mendukung upaya terwujudnya pelajar Pancasila melalui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada peserta didik sekolah dasar, serta meningkatkan literasi digital, literasi science, serta literasi budaya dan kekeluargaan melalui pembuatan video pendek dan menciptakan lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.
Berdasarkan catatan, terdapat sebanyak 213 karya yang dikirimkan oleh kreator muda tingkat sekolah dasar dari seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut. Pertama, pembagian subtema untuk kategori video pendek yaitu ragam budaya dan permainan tradisional nusantara (58 karya video), proses internalisasi Pancasila dalam pembelajaran (22 karya video), karakter peserta didik yang berkebhinekaan global (8 karya video), sifat kegotong-royongan pada peserta didik (13 karya video), serta bagaimana peserta didik menanamkan perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia (13 karya video), karya science technology engineering mathematics (STEM), inovasi dan kreativitas melalui penampilan project-based learning (21 karya video). Adapun subtema terakhir adalah olahraga yang merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dalam masa pandemi belajar dari rumah (19 karya video).
Kedua, pembagian subtema untuk kategori karya video klip cipta lagu yaitu klip lagu tema cinta tanah air (32 karya video), klip lagu tema lingkunganku yang bebas sampah (12 karya video), dan klip lagu dengan tema sehat badan dan cerdas pikiranku (15 karya video). Dari hasil seleksi, terpilih 26 nominasi karya video pendek, enam nominasi karya video klip cipta lagu serta tiga nominasi karya terfavorit.
Pada akhir acara, panitia menyempatkan untuk berinteraksi dengan salah satu pemenang karya video pendek dengan subtema “Internalisasi Nilai-nilai Pancasila”, Karin Nurhaliza Gasukma. Karin yang saat ini tercatat sebagai siswa Sekolah Dasar Islam Al-Hasanah, Ciledug, Tangerang menjadi salah satu dari empat nominator pada sub kategori yang sama. Sebagai penutup rangkaian acara Gebyar Gema Pertiwi, Karin yang menjadi perwakilan dari seluruh pemenang didaulat untuk menerima hadiah serta piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Widyaprada Ahli Muda, Direktorat Sekolah Dasar Setiawan Witaradya. Adapun informasi daftar peraih penghargaan dapat dilihat pada situs Direktorat Pendidikan Dasar, Kemendikbud.
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
#bersamahadapikorona
#merdekabelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 348/sipres/A6/XI/2020
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, demi terwujudnya sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter, para peserta didik yang akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan perlu dibekali dengan kompetensi dan karakter yang berakar pada falsafah dan ideologi bangsa.
“Semangat Merdeka Belajar yang diajarkan Ki Hajar Dewantara mendorong pembelajaran yang relevan dan bermakna yang berfokus pada kebutuhan siswa,” tuturnya saat memberikan sambutan secara virtual pada Selasa (10/11).
Mendatang Kemendikbud akan fokus pada pembelajaran berbasis project base yang akan melatih kemampuan siswa serta guru berpikir kritis, kreatif, dan mengasah kemampuan berkolaborasi. Kompetensi ini penting dimiliki setiap individu dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian.
Mendikbud mengapresiasi kegiatan Gema Pertiwi Pelajar Pancasila tahun 2020 yang diinisiasi Direktorat Sekolah Dasar sebagai wadah mengasah kreativitas. “Melalui karya-karya kreatif yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila, seluruh pihak yang terlibat dapat menghadirkan pembelajaran yang lebih bermakna, menyenangkan dan inovatif,” ucapnya.
Senada dengan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. Jumeri berharap, kegiatan yang baru diadakan pertama kalinya ini dapat terus dilakukan setiap peringatan Hari Pahlawan, serta menjadi ruang inovasi dan kreativitas elemen sekolah yakni peserta didik, guru, dan orang tua.
“Melalui pembuatan karya video pendek dan cipta lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” urainya ketika membuka perhelatan secara resmi.
Pada kesempatan ini, hadir putra bungsu dari pahlawan nasional Jenderal Besar Soedirman, Teguh Soedirman dalam gelar wicara. “Saya mengajak anak-anakku sekalian, cucu, saya menyebut cucu karena usia saya saat ini adalah 71 tahun. Belajar dengan tekun sebagai salah satu cara mengikuti jejak pahlawan kita sehingga yang dicita-citakan oleh para pahlawan kita di jaman dahulu yaitu Indonesia yang aman, maju dan sejahtera dapat terwujud,” demikian pesannya.
Peran Tiga Pilar dalam Mensukseskan Internalisasi Nilai Pancasila
Peran tiga pilar pendidikan, kata Jumeri, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar sangatlah dibutuhkan. Dengan terbangunnya kerja sama antara guru, sekolah dan masyarakat, diharapkan dapat menumbuhkan ide atau gagasan inovasi dan kreativitas yang tepat di masa pandemi ini.
“Belajar memang tidaklah selalu mudah tapi inilah saatnya kita berinovasi dan kreativitas. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen, inilah saatnya kita memulai yang lebih baik di masa depan. Selamat kepada anak anak, guru orang tua dan segenap insan pendidikan yang telah mengikuti kegiatan ini,” tutur Jumeri pada acara yang berlangsung hybrid event (daring dan luring) dan disiarkan melalui Youtube Kemendikbud RI itu.
Direktur Sekolah Dasar, Kemendikbud, Sri Wahyuningsih dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan Gebyar Gema Pertiwi merupakan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi peserta didik yang dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam rangka pembinaan peserta didik di masa pandemi Covid-19.
“Secara khusus, acara ini bertujuan untuk mendukung upaya terwujudnya pelajar Pancasila melalui proses internalisasi nilai-nilai Pancasila pada peserta didik sekolah dasar, serta meningkatkan literasi digital, literasi science, serta literasi budaya dan kekeluargaan melalui pembuatan video pendek dan menciptakan lagu yang memuat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.
Berdasarkan catatan, terdapat sebanyak 213 karya yang dikirimkan oleh kreator muda tingkat sekolah dasar dari seluruh Indonesia dengan rincian sebagai berikut. Pertama, pembagian subtema untuk kategori video pendek yaitu ragam budaya dan permainan tradisional nusantara (58 karya video), proses internalisasi Pancasila dalam pembelajaran (22 karya video), karakter peserta didik yang berkebhinekaan global (8 karya video), sifat kegotong-royongan pada peserta didik (13 karya video), serta bagaimana peserta didik menanamkan perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia (13 karya video), karya science technology engineering mathematics (STEM), inovasi dan kreativitas melalui penampilan project-based learning (21 karya video). Adapun subtema terakhir adalah olahraga yang merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dalam masa pandemi belajar dari rumah (19 karya video).
Kedua, pembagian subtema untuk kategori karya video klip cipta lagu yaitu klip lagu tema cinta tanah air (32 karya video), klip lagu tema lingkunganku yang bebas sampah (12 karya video), dan klip lagu dengan tema sehat badan dan cerdas pikiranku (15 karya video). Dari hasil seleksi, terpilih 26 nominasi karya video pendek, enam nominasi karya video klip cipta lagu serta tiga nominasi karya terfavorit.
Pada akhir acara, panitia menyempatkan untuk berinteraksi dengan salah satu pemenang karya video pendek dengan subtema “Internalisasi Nilai-nilai Pancasila”, Karin Nurhaliza Gasukma. Karin yang saat ini tercatat sebagai siswa Sekolah Dasar Islam Al-Hasanah, Ciledug, Tangerang menjadi salah satu dari empat nominator pada sub kategori yang sama. Sebagai penutup rangkaian acara Gebyar Gema Pertiwi, Karin yang menjadi perwakilan dari seluruh pemenang didaulat untuk menerima hadiah serta piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Widyaprada Ahli Muda, Direktorat Sekolah Dasar Setiawan Witaradya. Adapun informasi daftar peraih penghargaan dapat dilihat pada situs Direktorat Pendidikan Dasar, Kemendikbud.
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
#bersamahadapikorona
#merdekabelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 348/sipres/A6/XI/2020
Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1009 kali
Editor :
Dilihat 1009 kali