SEAMEO BIOTROP Turut Serta Selaraskan Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Kerja  28 Januari 2021  ← Back

Bogor, 28 Januari 2021 --- Southeast Asian Ministers of Education Organization for Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) menggelar temu wicara bertajuk “Integrasi Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam Penguatan Sekolah Vokasi Indonesia”. SEAMEO BIOTROP turut serta mengawal integrasi dan keselarasan SMK dengan DUDI.
 
Acara ini diselenggarakan pada tanggal 28 Januari 2021 di Kantor SEAMEO BIOTROP, Bogor Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti oleh 342 peserta secara daring dan 25 peserta luring, menjadi ajang diskusi dalam rangka peningkatan kapasitas lulusan sekolah vokasi (SMK) dalam mensinergikan dirinya dengan kebutuhan DUDI masa kini.
 
Direktur SEAMEO BIOTROP, Zulhamsyah Imran menekankan bahwa acara temu wicara ini sangat penting untuk mengajak DUDI bekerja sama. “Karena orientasi SEAMEO BIOTROP tidak hanya riset yang menghasilkan produk. Untuk membangun pendidikan Indonesia, harus dilakukan secara bersama. Harapannya hal tersebut dapat didiskusikan lebih lanjut dalam kegiatan temu wicara ini," terangnya.
 
Zulhamsyah menyampaikan bahwa pihaknya sangat peduli dengan perkembangan pendidikan vokasi. SEAMEO BIOTROP telah menggagas program yang melibatkan SMK melalui program SMART-BE dan program ketahanan pangan. “Program ini telah berhasil membina lebih dari 80 SMK di Indonesia,” ungkap Zulhamsyah yang juga merupakan dosen di Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor ini.
 
Pelaksana tugas (plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hendarman dalam sambutannya menyampaikan kegiatan talkshow interaktif diharapkan dapat menjadi pemantik motivasi bagi sekolah vokasi untuk menghasilkan lulusan SMK yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan dunia industri.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam masa pandemi Covid-19 berbagai perubahan harus dilakukan termasuk dalam transformasi pada pendidikan vokasi. “Untuk itu, di tahun 2021 Kemdikbud berkomitmen akan melanjutkan (transformasi pendidikan vokasi),” ucap Hendarman yang disampaikan secara daring pada Kamis (28/1).
 
Dikatakan Hendarman, kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) perannya sangat penting agar pendidikan vokasi dapat berjalan dengan baik. “Diharapkan, pendidikan vokasi akan mengambil peran ke depan dalam menghasilkan SDM unggul untuk mengangkat nama Indonesia terutama di bidang ekonomi hingga ke kancah internasional,” jelasnya. (Nur Widiyanto)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 448 kali