GEMASTIK XIV 2021 Resmi Ditutup, ITS Raih Kampiun Medali Terbanyak 12 Oktober 2021 ← Back
Bandung, 11 Oktober 2021 – Kebijakan “Belajar Dari Rumah” yang diterapkan oleh, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di berbagai jenjang termasuk di pendidikan tinggi dimulai pada pertengahan tahun 2020 lalu tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk menorehkan prestasi gemilang. Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Universitas Telkom resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) untuk ke-14 kalinya secara daring pada Kamis (7/10) yang dimulai sejak tanggal 4 Oktober 2021. Ajang tersebut menghantarkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai juara umum dengan raihan 2 emas, 2 perak, 5 perunggu dan 4 honorable.
Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam, dalam sambutan yang dilakukan secara daring, mengatakan, GEMASTIK XIV yang mengusung tema “TIK Untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik” menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan TIK serta membangun persahabatan antar Perguruan Tinggi (PT). “Saya ucapkan selamat kepada finalis yang lolos dan pemenang yang akan diumumkan.
“Melalui ajang GEMASTIK ini, para peserta belajar tentang motivasi diri untuk berprestasi, dan belajar untuk bisa mengimplementasikan pengetahuan kompetensi bidang TIK melalui Kampus Merdeka,” tegas Nizam seraya berharap para mahasiswa untuk menggunakan kesempatan dalam terlibat project base learning dengan mitra industri sehingga melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk membangun Indonesia Maju.
Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi kepada para finalis serta Universitas Telkom sebagai tuan rumah GEMASTIK XIV. “Selamat kepada yang nanti akan menjadi pemenang, dan kepada yang belum berhasil, sesungguhnya kalian adalah juara sejati karena telah memenangkan kesempatan untuk mencoba, memenangkan kesempatan untuk menguji diri, mengaktualisasikan prestasi di ajang ini” pungkas Asep.
Senada dengan itu, Ketua Pelaksana GEMASTIK XIV, Dida Diah Damajanti saat menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan mengungkapkan kegembiraannya karena ajang GEMASTIK berlangsung dengan baik. “Kami sampaikan apreasiasi kepada Kemendikbudristek serta semua pihak yang telah mendukung serta berkontribusi nyata sehingga GEMASTIK XIV terlaksana dengan baik. Akhirnya perjuangan adik-adik telah mencapai puncak, siapa yang belum juara, ide atau gagasannya merupakan kesempatan untuk melakukan perubahan lebih baik di masa mendatang serta akan membuat Indonesia lebih maju di bidang TIK,” pungkasnya.
Daftar Pemenang GEMASTIK XIV 2021
Tahun ini Universitas Telkom telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV dalam memfasilitasi pelaksanaan kompetisi dari total 3.164 tim yang mengikuti pada 11 divisi lomba 11 cabang/divisi lomba, 2 (dua) ekshibisi e-Sport serta kompetisi poster dimana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia.
Total terdapat 10 (sepuluh) perguruan tinggi sebagai kelompok peraih medali terbanyak yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Intstitut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia.
Diawali divisi lomba pemrograman (Programming) dimana Juara I diraih oleh tim Proof by Clarification dari Universitas Bina Nusantara, Juara II oleh tim Ayaka Sayu Venti dari Universitas Indonesia, Juara III oleh tim Semoga Dapat Akun dari Institut Teknologi Bandung dan Juara Harapan oleh tim Dolanan Wae dari Universitas Indpnesia.
Untuk divisi lomba keamanan siber (Cyber Security), Juara I oleh tim Average kuliah online enjoyer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara III oleh tim AMIKOM DEEPWEEB dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan oleh tim Terlantarkan dari Universitas Bina Nusantara.
Selanjutnya divisi lomba penambangan data (Data Mining), Juara I oleh tim ILY dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim PRATAMA AZMI ATMAJAYA dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Nasigoreng dari Institut Teknologi Bandung, Juara Harapan oleh tim Signal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Onet v.2 daril Universitas Muhammadiyah Malang.
Kemudian divisi lomba desain pengalaman pengguna (UX Design), Juara I oleh tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara II oleh tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara III oleh tim DPP-C-Kelompok 7 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Twinless Twin dari Universitas Bina Nusantara.
Untuk divisi lomba animasi (Animation), Juara I oleh tim BAM dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim LANGDALI dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Juara Harapan diraih tim Arutala dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim DULASAWE Twin v.2 dari Universitas Budi Luhur.
Selanjutnya divisi lomba kota cerdas (Smart City), Juara I oleh tim PhantomV dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Go Go HAF dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Lembuswana dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Smart Future dari Universitas Telkom dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Axton dari Universitas Islam Indonesia.
Kemudian divisi lomba karya tulis ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Juara I oleh tim Mawapres Tegeng dari Universitas Mataram, Juara II oleh tim Ganesha_KTI01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Agrotek UG dari Universitas Gunadarma, Juara Harapan diraih tim AmiComTech2021 dari Universitas Amikom Yogyakarta dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hygieia dari Universitas Negeri Surabaya.
Selanjutnya divisi lomba pengembangan perangkat lunak (Software Development), Juara I oleh tim 1611016110004 dari Universitas Lambung Mangkurat, Juara II oleh tim Sehat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Triple A dari Universitas Telkom, Juara Harapan oleh tim Calon Bunda dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim SoftTech dari Universitas Teknologi Indonesia.
Kemudian divisi lomba piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Juara I oleh tim AFA Team dari Universitas Syiah Kuala, Juara II oleh tim Analog PCR dari Politeknik Caltex, Juara III oleh tim ALIVE dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Reagtifity dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh Tim Start Hunters dari Universitas Negeri Makassar.
Selanjutnya divisi lomba pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Juara I oleh tim Yakut dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Juara II oleh tim Ganesha-Game01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Apaya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hako dev dari Universitas Pamulang.
Kemudian divisi lomba pengembangan bisnis TIK, Juara I oleh tim Aipet dari Universitas Telkom, Juara II oleh Cle Bleue dari Universitas Indonesia, Juara III oleh Han Ji-Pyeong dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim FIPMO Fish Pond Monitoring dari Universitas Brawijaya.
Adapun untuk lomba ekshibisi e-Sport yang merupakan kategori tambahan di tahap final, Juara I oleh tim PCR_Squad dari Politeknik Caltex Riau, Juara II oleh tim Unsoed Sobat dari Universitas Jenderal Soedirman dan Juara III oleh tim Tel-U Clutch dari Universitas Telkom.
Selain itu terdapat hasil kompetisi poster dimana Juara I oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Techify dari Universitas Jember, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan Juara Harapan diraih tim Gravis Indonesia dari Universitas Telkom.Seluruh pemenang mendapatkan sertfikat penghargaan dan uang pembinaan dari Puspresnas.
Pelaksanaan GEMASTIK XIV tahun 2021 merupakan pagelaran mahasiswa nasional bidang teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia. Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ke-5 untuk Universitas Telkom dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang tersebut setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan GEMASTIK pada tahun 2008, 2009, 2019 dan 2020. Seluruh informasi lengkap mengenai pelaksanaan GEMASTIK XIV termuat dalam laman resmi kompetisi yaitu https://gemastik.kemdikbud.go.id/
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
#MerdekaBelajar
#JujurItuJuara
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 595/sipres/A6/X/2021
Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam, dalam sambutan yang dilakukan secara daring, mengatakan, GEMASTIK XIV yang mengusung tema “TIK Untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik” menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan TIK serta membangun persahabatan antar Perguruan Tinggi (PT). “Saya ucapkan selamat kepada finalis yang lolos dan pemenang yang akan diumumkan.
“Melalui ajang GEMASTIK ini, para peserta belajar tentang motivasi diri untuk berprestasi, dan belajar untuk bisa mengimplementasikan pengetahuan kompetensi bidang TIK melalui Kampus Merdeka,” tegas Nizam seraya berharap para mahasiswa untuk menggunakan kesempatan dalam terlibat project base learning dengan mitra industri sehingga melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk membangun Indonesia Maju.
Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi kepada para finalis serta Universitas Telkom sebagai tuan rumah GEMASTIK XIV. “Selamat kepada yang nanti akan menjadi pemenang, dan kepada yang belum berhasil, sesungguhnya kalian adalah juara sejati karena telah memenangkan kesempatan untuk mencoba, memenangkan kesempatan untuk menguji diri, mengaktualisasikan prestasi di ajang ini” pungkas Asep.
Senada dengan itu, Ketua Pelaksana GEMASTIK XIV, Dida Diah Damajanti saat menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan mengungkapkan kegembiraannya karena ajang GEMASTIK berlangsung dengan baik. “Kami sampaikan apreasiasi kepada Kemendikbudristek serta semua pihak yang telah mendukung serta berkontribusi nyata sehingga GEMASTIK XIV terlaksana dengan baik. Akhirnya perjuangan adik-adik telah mencapai puncak, siapa yang belum juara, ide atau gagasannya merupakan kesempatan untuk melakukan perubahan lebih baik di masa mendatang serta akan membuat Indonesia lebih maju di bidang TIK,” pungkasnya.
Daftar Pemenang GEMASTIK XIV 2021
Tahun ini Universitas Telkom telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV dalam memfasilitasi pelaksanaan kompetisi dari total 3.164 tim yang mengikuti pada 11 divisi lomba 11 cabang/divisi lomba, 2 (dua) ekshibisi e-Sport serta kompetisi poster dimana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia.
Total terdapat 10 (sepuluh) perguruan tinggi sebagai kelompok peraih medali terbanyak yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Intstitut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia.
Diawali divisi lomba pemrograman (Programming) dimana Juara I diraih oleh tim Proof by Clarification dari Universitas Bina Nusantara, Juara II oleh tim Ayaka Sayu Venti dari Universitas Indonesia, Juara III oleh tim Semoga Dapat Akun dari Institut Teknologi Bandung dan Juara Harapan oleh tim Dolanan Wae dari Universitas Indpnesia.
Untuk divisi lomba keamanan siber (Cyber Security), Juara I oleh tim Average kuliah online enjoyer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara III oleh tim AMIKOM DEEPWEEB dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan oleh tim Terlantarkan dari Universitas Bina Nusantara.
Selanjutnya divisi lomba penambangan data (Data Mining), Juara I oleh tim ILY dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim PRATAMA AZMI ATMAJAYA dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Nasigoreng dari Institut Teknologi Bandung, Juara Harapan oleh tim Signal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Onet v.2 daril Universitas Muhammadiyah Malang.
Kemudian divisi lomba desain pengalaman pengguna (UX Design), Juara I oleh tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara II oleh tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara III oleh tim DPP-C-Kelompok 7 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Twinless Twin dari Universitas Bina Nusantara.
Untuk divisi lomba animasi (Animation), Juara I oleh tim BAM dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim LANGDALI dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Juara Harapan diraih tim Arutala dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim DULASAWE Twin v.2 dari Universitas Budi Luhur.
Selanjutnya divisi lomba kota cerdas (Smart City), Juara I oleh tim PhantomV dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Go Go HAF dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Lembuswana dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Smart Future dari Universitas Telkom dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Axton dari Universitas Islam Indonesia.
Kemudian divisi lomba karya tulis ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Juara I oleh tim Mawapres Tegeng dari Universitas Mataram, Juara II oleh tim Ganesha_KTI01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Agrotek UG dari Universitas Gunadarma, Juara Harapan diraih tim AmiComTech2021 dari Universitas Amikom Yogyakarta dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hygieia dari Universitas Negeri Surabaya.
Selanjutnya divisi lomba pengembangan perangkat lunak (Software Development), Juara I oleh tim 1611016110004 dari Universitas Lambung Mangkurat, Juara II oleh tim Sehat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara III oleh tim Triple A dari Universitas Telkom, Juara Harapan oleh tim Calon Bunda dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim SoftTech dari Universitas Teknologi Indonesia.
Kemudian divisi lomba piranti cerdas, sistem benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), Juara I oleh tim AFA Team dari Universitas Syiah Kuala, Juara II oleh tim Analog PCR dari Politeknik Caltex, Juara III oleh tim ALIVE dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Reagtifity dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh Tim Start Hunters dari Universitas Negeri Makassar.
Selanjutnya divisi lomba pengembangan aplikasi permainan (Game Development), Juara I oleh tim Yakut dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Juara II oleh tim Ganesha-Game01 dari Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III oleh tim Apaya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Hako dev dari Universitas Pamulang.
Kemudian divisi lomba pengembangan bisnis TIK, Juara I oleh tim Aipet dari Universitas Telkom, Juara II oleh Cle Bleue dari Universitas Indonesia, Juara III oleh Han Ji-Pyeong dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim FIPMO Fish Pond Monitoring dari Universitas Brawijaya.
Adapun untuk lomba ekshibisi e-Sport yang merupakan kategori tambahan di tahap final, Juara I oleh tim PCR_Squad dari Politeknik Caltex Riau, Juara II oleh tim Unsoed Sobat dari Universitas Jenderal Soedirman dan Juara III oleh tim Tel-U Clutch dari Universitas Telkom.
Selain itu terdapat hasil kompetisi poster dimana Juara I oleh tim Guardians dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Techify dari Universitas Jember, Juara III oleh tim Boombox dari Institut Seni Indonesia Surakarta dan Juara Harapan diraih tim Gravis Indonesia dari Universitas Telkom.Seluruh pemenang mendapatkan sertfikat penghargaan dan uang pembinaan dari Puspresnas.
Pelaksanaan GEMASTIK XIV tahun 2021 merupakan pagelaran mahasiswa nasional bidang teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia. Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ke-5 untuk Universitas Telkom dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang tersebut setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan GEMASTIK pada tahun 2008, 2009, 2019 dan 2020. Seluruh informasi lengkap mengenai pelaksanaan GEMASTIK XIV termuat dalam laman resmi kompetisi yaitu https://gemastik.kemdikbud.go.id/
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
#MerdekaBelajar
#JujurItuJuara
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 595/sipres/A6/X/2021
Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4246 kali
Editor :
Dilihat 4246 kali