Mari Pahami dan Refleksikan Pemikiran Pendiri Bangsa  24 Oktober 2021  ← Back

Dalam kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berziarah ke makam Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Ir. Soekarno di Kota Blitar, 21 Oktober 2021.

"Tidak ada yang bisa menandingi mengakhiri kunker (kunjungan kerja) dengan berziarah ke makam Proklamator kita, Bung Karno. Ini adalah kunjungan kerja yang sangat spesial buat saya. Secara personal, karena menggerakkan motivasi mengenai masa depan kita dan juga sejarah kita. Pendidikan karakter generasi muda dapat dicapai salah satunya melalui pemahaman sejarah yang baik.
Ayah Bung Karno adalah seorang guru. Lahirnya negara kita ini karena anak seorang guru. Artinya, guru punya arti penting dalam mendidik dan membentuk karakter anak yang menjadi penerus bangsa. Sejarah pembentukan republik dan sejarah pendidikan di Indonesia yang hebat dan panjang saling terkait. Saya percaya bahwa banyak pemikiran beliau yang perlu kita refleksikan kembali untuk membantu kita memajukan Indonesia.
Anak-anak kita harus bisa memahami dan merefleksikan kembali pemikiran tokoh-tokoh bangsa sehingga mereka tidak lupa dengan identitasnya sebagai generasi yang akan melanjutkan pembangunan nasional."
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 8653 kali