Kemendikbudristek Kenalkan Karakter dan Kekayaan Budaya Indonesia Kepada Delegasi G20  17 Maret 2022  ← Back

Yogyakarta, 17 Maret 2022 - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menutup hari pertama pertemuan G20 Education Working Group (EdWG) dengan agenda jamuan makan malam penyambutan atau welcome dinner 27 delegasi yang hadir secara luring. Welcome dinner diselenggarakan di Bale Kambang & Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo pada hari Rabu (16/3).
 
Acara tersebut terdiri dari makan malam bersama sambil menikmati pertunjukkan Tari Serimpi Pandhelori, tarian klasik yang pada 1877-1921 ditarikan untuk Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Kegiatan ini turut disambut oleh Wakil Gubernur DI. Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X yang mewakili Gubernur DI. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menekankan pentingnya toleransi, gotong royong atau saling membantu dan mendukung untuk mencapai tujuan bersama, sesuai dengan tema presidensi G20 tahun ini, ‘Recover Together, Recover Stronger’ atau ‘Pulih Bersama’.
 
Dalam sambutan Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan oleh Wakil Gubernur DI. Yogyakarta mengatakan bahwa Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar, melainkan kerap disebut sebagai “The Heart of Java”. Menurutnya, menyatunya pendidikan dengan budaya, telah menghasilkan karakter masyarakat Yogyakarta yang memegang teguh nilai toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Jika kita melihat kembali sejarahnya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang dibangun di atas nilai-nilai kebinekaan dan toleransi. Candi Prambanan yang akan Anda kunjungi besok oleh delegasi G20 EdWG, telah menjadi saksi betapa nilai toleransi yang dijunjung tinggi antarpemeluk agama pada peradaban masa lalu. Misalnya, Candi Prambanan merupakan candi Hindu, sedangkan Candi Sewu yang letaknya berdekatan merupakan tempat peribadatan umat Buddha,” ujar Wakil Gubernur DI Yogyakarta.
 

Foto 1 -  Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, menyampaikan sambutan dari Gubernur DI. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam agenda welcoming dinner pertemuan G20 EdWG pertama yang diselenggarakan di Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Bapak Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan pesannya dalam toleransi melalui kata sambutannya.
 

Foto 2 - [Ki-Ka] Chair of G20 EdWG 2022, Bapak Iwan Syahril menyambut kedatangan Wakil Gubernur DI. Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X secara simbolis di Bale Kambang & Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo Yogyakarta.
 

Foto 3 - Setelah melalui pertemuan G20 EdWG 2022 yang fokus pada agenda prioritas Pendidikan untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan,Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, Chair of G20 EdWG 2022, Bapak Iwan Syahril bersama delegasi G20 menghadiri agenda sambutan pada acara welcoming dinner yang diselenggarakan di Bale Kambang & Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo Yogyakarta.
 

Foto 4 - Para delegasi G20 Education Working Group (EdWG) 2022 menyaksikan keindahan dari seni tarian tradisional, Tari Serimpi Pandhelori pada agenda welcoming dinner.
 

Foto 5 - Wakil Gubernur DI. Yogyakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, Chair of G20 EdWG 2022, Bapak Iwan Syahril bersama delegasi G20, Education Working Group (EdWG) 2022 menikmati royal dinner di Bale Kambang & Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta.
 
***
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
                                                                                                                                                                                                              
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI                                                      
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id                                              
 
#PulihBersama
#G20Indonesia
Sumber : Foto Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 131/sipers/A6/IlI/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 621 kali