Menggali Jejak Budaya Rempah di Lampung  ( 19 Juli 2024, Dilihat 79 kali . )
Dalam momentum persinggahan ke Lampung, Direktorat Jenderal Kebudayaan membawa rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 mengunjungi Museum Negeri Lampung, pada Jumat (12/7). Kunjungan ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang jejak budaya rempah di Provinsi Lampung di masa lalu dan perkembangannya pada saat ini melalui pameran dan seminar.
 

Sebanyak 471 Siswa Peserta Program Gema Cita 2024 Lanjutkan Pendidikan Jenjang Menengah di Indonesia  ( 19 Juli 2024, Dilihat 444 kali . )
“Kembalilah ke Indonesia kita….” Begitu bunyi kalimat yang diteriakkan bersama secara lantang oleh 471 anak remaja yang mau sekolah di Indonesia. Sebagian besar dari para remaja itu adalah anak Indonesia kelahiran Sabah, yang belum pernah ke Indonesia, tapi ingin melanjutkan sekolah di Indonesia. Kalimat itu menjadi slogan utama yang selalu diteriakan sebagai pembangkit semangat dan motivasi mereka untuk mengejar cita-cita.
 

SK Pengangkatan CPNS Dosen Seleksi Tahun 2023 Saat Ini Mulai Didistribusikan   ( 18 Juli 2024, Dilihat 774 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen untuk segera menerbitkan dan mendistribusikan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Dosen yang lulus seleksi tahun 2023 secara bertahap sampai dengan akhir Juli 2024.
 

Perkuat Peran Indonesia di Panggung Global, KNIU Gelar Sidang Pleno Tahun 2024  ( 18 Juli 2024, Dilihat 69 kali . )
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) selaku penghubung untuk kementerian/lembaga pengampu program United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Indonesia kembali menggelar Sidang Pleno KNIU tahun 2024 di Graha Utama, Kompleks Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, pada Rabu (17/7).
 

Kunjungi Kemendikbudristek, Duta SMA se-Indonesia Antusias Intip Pelayanan di ULT  ( 18 Juli 2024, Dilihat 79 kali . )
Puluhan anak muda berkaus “Merdeka Belajar” berkerubung di ruang pendaftaran Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senayan, Jakarta, Kamis, 18 Juli 2024. Mereka adalah para Duta SMA se-Indonesia yang hadir untuk mempelajari mekanisme pelayanan publik di Kemendikbudristek.
 

Elfadry Bayu Saputra, Siswa Peraih Penghargaan Diploma Tingkat Internasional  ( 18 Juli 2024, Dilihat 92 kali . )
Elfadry Bayu Saputra, yang lebih dikenal dengan panggilan Bayu adalah salah satu dari enam pemenang dalam ajang Battle of The Chefs 2024. Bayu adalah siswa dari SLB Prof. Dr. Soedewi Masjchun Jambi. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dan putra seorang wiraswasta.
 

Aldy, Siswa SLB-C Negeri Pembina Kalimantan Selatan Peraih Medali Perunggu Battle of The Chefs 2024  ( 18 Juli 2024, Dilihat 102 kali . )
Aldy, siswa berprestasi berusia 16 tahun yang berhasil menorehkan namanya sebagai peraih medali perunggu dalam ajang Battle of The Chefs yang diadakan pada 27-29 Juni 2024 lalu di Penang, Malaysia. Siswa SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki hobi membuat kue dan bercita-cita menjadi seorang chef. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya berprofesi sebagai sopir dan ibunya seorang ibu rumah tangga. 
 

Menjaga Kearifan Lokal Masyarakat Osing lewat Rancang Ilalang  ( 18 Juli 2024, Dilihat 198 kali . )
Lewat lokakarya Rancang Ilalang bertajuk Pemanfaatan Ilalang Sebagai Bahan Eksterior dan Interior Bangunan dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal yang digelar Kemendikbudristek bersama Sekolah Adat Osing Pesinauan, masyarakat Osing, Banyuwangi diajak belajar tentang nilai kultural ilalang dalam masyarakat adat Osing dan melakukan praktik menganyam ilalang. Lokakarya berlangsung pada 6 s.d. 7 Juli 2024.
 

Kemendikbudristek Pastikan Keamanan Data Pendidikan Indonesia & Komitmen Wujudkan PPDB Berkualitas  ( 18 Juli 2024, Dilihat 92 kali . )
Komisi X DPR RI menyelenggarakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama jajaran Eselon Satu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Gedung Nusantara, DPR RI, Jakarta, Selasa (9/7). Dalam RDP tersebut, terdapat dua agenda utama, yaitu pembahasan mengenai mitigasi pengelolaan data pendidikan atas insiden pada Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS2) dan penanganan isu pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 

Gaung Garuda 2024: Meriahkan Hannover dengan Pesta Budaya dan Musik Indonesia  ( 18 Juli 2024, Dilihat 108 kali . )
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hannover sukses menggelar acara spektakuler bertajuk "Gaung Garuda" di Musikzentrum, Hannover, Sabtu (13/7). Acara yang ditunggu-tunggu ini menunjukkan antusiasme tinggi masyarakat Indonesia di Jerman, terlihat dari antrian panjang yang sudah mengular sebelum pintu dibuka pada pukul 15:30 waktu setempat.
 

Dubes RI Bicara Kerja Sama Transisi Energi di Universitas Australia  ( 18 Juli 2024, Dilihat 82 kali . )
Duta Besar RI untuk Australia, Siswo Pramono, menjelaskan pentingnya kolaborasi Indonesia-Australia dalam transisi energi hijau melalui pengembangan mobil listrik. Menurutnya, sudah saatnya para peneliti Indonesia dan Australia bekerja sama untuk mencari solusi energi hijau yang paling efisien dan dapat diterapkan di kedua negara. Hal tersebut disampaikan Dubes Siswo saat menjadi pembicara kunci dalam “International Symposium on Critical Metals for Battery Production” yang diselenggarakan oleh Swinburne University of Technology di kota Melbourne, Australia pada Senin (15/7).
 

Agustina Dewi, Siswa Berprestasi Peraih Medali Perunggu Battle Of The Chefs 2024  ( 18 Juli 2024, Dilihat 101 kali . )
Salah satu dari enam pemenang dalam ajang Battle of The Chefs adalah Agustina Dewi, yang akrab disapa Tina, siswa SLB Negeri Pembina Palembang. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Maria Irene Veronica Herdjiono, menyampaikan rasa bangga atas raihan prestasi yang telah dicapai. 
 

MBKM Mandiri di LLDikti X Sukses Capai Level Siap  ( 18 Juli 2024, Dilihat 91 kali . )
Implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X yang mencakup Sumatera Barat dan Jambi berhasil mencapai level baik di tahun 2023. Hal ini didasarkan pada hasil evaluasi dan pemeringkatan yang dilakukan tim Kampus Merdeka Mandiri, Kemendikbudristek.
 

LLDikti Wilayah I: Keberhasilan MBKM Mandiri Mencapai 80%  ( 18 Juli 2024, Dilihat 76 kali . )
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara telah menjalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tingkat partisipasi mahasiswa sebesar 80%. Jumlah perguruan tinggi (PT) yang terlibat mencapai 53 institusi pendidikan yang terdiri dari universitas, sekolah tinggi, institut, dan akademi.
 

Dahsyatnya Dukungan Orang Tua yang Membuahkan Prestasi Kadek Dwi Andika Putra  ( 18 Juli 2024, Dilihat 71 kali . )
Kadek Dwi Andika Putra merupakan siswa SLBN 2 Denpasar peraih medali perunggu dalam ajang Battle of The Chefs (BOTC). Guru pendamping Kadek, I Wayan Sumarsa tak dapat menyembunyikan rasa bangganya terhadap Kadek. “Saya sangat bangga sekaligus tidak menyangka Kadek bisa meraih perunggu di kompetisi BOTC kemarin,” ucapnya.
 

Inovasi PKL Terintegrasi Pemberdayaan Masyarakat Diluncurkan BPPMPV KPTK  ( 18 Juli 2024, Dilihat 68 kali . )
Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) meluncurkan inovasi pembelajaran “Model Magang Industri/Praktik Kerja Lapangan (PKL) Terintegrasi Pemberdayaan Masyarakat”. Selain berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi kompetensi siswa sekolah menengah kejuruan dengan kebutuhan dunia kerja, inovasi ini menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan tempat magang, utamanya di kawasan Indonesia timur.
 

Kemendikbudristek Apresiasi Implementasi Program Prioritas Merdeka Belajar di Kota Pangkalpinang  ( 18 Juli 2024, Dilihat 71 kali . )
Dalam memantau perkembangan implementasi pelaksanaan program Merdeka Belajar, khususnya Program Prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependididkan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, melakukan kunjungan kerja, Rabu (10/7) ke Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam kunjungannya Dirjen GTK melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj.) Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan.
 

Kabar Baik, Kini Pengangkatan Kepsek dan Pengawas Semakin Mudah, Cepat, dan Terintegrasi   ( 18 Juli 2024, Dilihat 73 kali . )
Pemerintah terus berupaya mempercepat pemenuhan Kepala Sekolah (Kepsek) melalui sinergi lintas kementerian/lembaga. Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan (Dir. KSPSTK), Kasiman mengungkapkan bahwa awal Mei yang lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan edaran bersama sekaligus meluncurkan aplikasi terintegrasi untuk memudahkan dan mempercepat pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam rangka memenuhi kebutuhan yang ada di lapangan.
 

Sambut Vokasifest 2024, Kemendikbudristek Hadirkan Wirausaha Muda untuk Latih SMK  ( 17 Juli 2024, Dilihat 128 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menyambut gelaran Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI) X Vokasifest 2024 di wilayah DKI Jakarta dengan mengadakan pelatihan khusus untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan murid dan guru SMK dalam bidang pencitraan merek (branding) dan mempersiapkan mereka untuk berkompetisi di pasar global.
 

Indonesia dan Papua Nugini Perkuat Kerja Sama Bidang Pendidikan  ( 16 Juli 2024, Dilihat 47 kali . )
Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Pemerintah Papua Nugini melalui Departemen Pendidikan Nasional, bersepakat untuk memperkuat kerja sama bidang pendidikan dalam pertemuan bilateral di Istana Presiden, Bogor, Senin (15/7).
 

Kemendikbudristek Gelar Forum Peningkatan Kepakaran Mitra Program BIPA Untuk Pengajar Lokal  ( 16 Juli 2024, Dilihat 45 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menggelar Diseminasi Program BIPA: Forum Peningkatan Kepakaran Mitra Program BIPA untuk Pengajar Lokal. Acara ini berlangsung mulai tanggal 10 s.d. 15 Juli 2024 di Hotel Sari Pasific, Jakarta.