Gandeng Universitas Syiah Kuala dan Universiti Sains Malaysia, BIOTROP Gelar Regional Training   ( 01 Juli 2024, Dilihat 8 kali . )
SEAMEO BIOTROP bersama Universitas Syiah Kuala dan Universiti Sains Malaysia menyelenggarakan kegiatan Regional Training WorkshopBiodiversity Conservation and Invasive Alien Plant Identification”. Kegiatan yang berlangsung di tanggal 24 – 25 Juni 2024 ini dilaksanakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala, Aceh.
 

Menjajaki Peluang Ekosistem Bank Syariah Lewat Jalur Pendidikan di Mesir   ( 01 Juli 2024, Dilihat 78 kali . )
Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia 79 tahun silam memiliki beragam peluang kerja sama yang menguntungkan dengan Indonesia. Tak hanya di bidang pendidikan, di mana tercatat kurang lebih 15.000 pelajar asal Indonesia menempuh studi di Mesir, namun Mesir juga memiliki peluang lain untuk dijajaki kerja sama, salah satunya sektor ekonomi perbankan syariah.
 

Dari Sabang ke Melaka, Misi Kebudayaan Laskar Rempah di Lautan ASEAN  ( 01 Juli 2024, Dilihat 34 kali . )
Pada 30 Juni 2024, dunia kembali menoleh ke arah Indonesia. Kapal legendaris, KRI Dewaruci, mengantar Laskar Rempah Kayu Manis menuju Pelabuhan Tanjung Bruas, Melaka. Setelah berlayar selama empat hari dari Sabang melalui Selat Malaka yang bersejarah, Laskar Rempah tiba dengan membawa misi kebudayaan dalam rangka Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024, sebuah inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 

Cerita Laskar Rempah, Menenun Laut Dari Dumai  ( 29 Juni 2024, Dilihat 116 kali . )
Namun, bandara itu tak pernah pendar, sebab panas tak peduli apa pun. Laki-laki kurus semampai itu sampai kota Dumai setelah perjalanan dua jam dari bandara. Melewati kawanan gajah yang melintas di sela-sela pohon sawit, pematang yang memakan berladang-ladang tanah di sepanjang tol Sumatera, Pekanbaru-Dumai. Kita kerapkali membuat lupa akan isu itu, sebab daun-daun menjuntai mencuci mata nampak indah. Mata Kanal, nama panggil lelaki itu memandang jauh cakrawala. Musim kering tak berlaku pada sawit. Lelaki berbadan langsing itu, terus berpikir. Pohon-pohon yang katanya menjadi kunci perekonomian kita banyak berdiri di samping tol dan tempat kawanan gajah. Beberapa kawanan itu mungkin terusir dari lahan. Beberapanya lagi liar dan dirawat. Dari kejauhan gajah besar dengan lelaki bertopi di samping tol menyapa kami. Mereka hanya melintas. Besar tubuh gajah dimanfaatkan untuk mengusir kawanan gajah liar lain yang dianggap mengganggu manusia yang bekerja di lahan sawit. Namun kita tak pernah tahu, sawit-sawit itu menyejahterakan masyarakat sekitar atau tidak.
 

Praktik Baik Pemanfaatan Teks Multimodal di SMA Kabupaten Bandung Barat  ( 29 Juni 2024, Dilihat 107 kali . )
Dalam Gelar Wicara Inspirasi bertajuk Pemanfaatan Teks Multimodal Untuk Penguatan Literasi Jenjang SMA, ditampilkan pula praktik baik pemodelan pembelajaran melalui Teks Multimodal yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Teks Multimodal merupakan teks yang memadukan teks tulis/lisan dengan gambar/animasi. Teks tersebut tidak hanya berbentuk verbal, namun juga berisi teks, audio, dan video.
 

Peningkatan Literasi Melalui Platform Penerjemahan "Penjaring" dari Badan Bahasa  ( 29 Juni 2024, Dilihat 72 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memperingati Hari Keluarga Nasional 2024 dengan meluncurkan "Penjaring". Ini adalah sebuah platform penerjemahan daring yang dirancang untuk memperluas akses literasi anak-anak dalam bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.
 

Praktik Baik Pemanfaatan Kurasi Talenta dan SIMT  ( 29 Juni 2024, Dilihat 55 kali . )
Sebagai upaya mendukung Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) membangun Kurasi Talenta dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) sebagai pangkalan data talenta nasional dalam mendukung pengembangan talenta nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan.
 

Peran Strategis⁠ Kurasi Talenta dan SIMT dalam Memfasilitasi Karier Belajar Siswa  ( 29 Juni 2024, Dilihat 63 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengembangkan Kurasi Talenta dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT). Kedua platform ini diharapkan dapat menjadi basis data talenta nasional guna mendukung pengembangan talenta nasional secara terintegrasi dan berkelanjutan.
 

Kemendikbudristek Terus Menguatkan Literasi Jenjang SMA Melalui Teks Multimodal  ( 28 Juni 2024, Dilihat 43 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan literasi peserta didik yang salah satu strateginya dilakukan melalui program Buku Bacaan Bermutu. Di samping penggunaan buku bacaan bermutu, keberadaan Teks Multimodal di ruang digital juga menjadi alternatif strategi penguatan literasi, khususnya peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).
 

Pemerintah Indonesia Akan Kembalikan Sembilan Kerangka Diduga Tentara Jepang pada Perang Dunia II  ( 28 Juni 2024, Dilihat 125 kali . )
Pada tahun 1944, sejarah telah mencatat bahwa di wilayah yang kini disebut Indonesia pernah menjadi teater Perang Dunia II. Pertempuran berlangsung di beberapa lokasi dan banyak kisah telah terjadi. Salah satu pertempuran terjadi antara tentara Jepang dan Amerika di Kepulauan Biak – Numfor, Papua. Setelah 80 tahun berlalu, Tim Teknis Gabungan Indonesia dan Jepang berhasil mengumpulkan 9 kerangka manusia yang diduga kuat sebagai tentara Jepang yang gugur pada Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Kerangka-kerangka tersebut kini telah sampai di Jakarta untuk diteliti lebih lanjut kepastiannya dengan menggunakan tes DNA. 
 

Peran Strategis Perempuan dalam Mewujudkan Toleransi dan Kedamaian “Berdaya Hadapi Batasan”  ( 28 Juni 2024, Dilihat 132 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Penguatan Karakter bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan Gelar Wicara yang bertajuk “Berdaya Hadapi Batasan”, pada Kamis (27/6). Gelar Wicara ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kaum perempuan memiliki peran strategis dalam mewujudkan kebinekaan global, toleransi dan kedamaian.
 

Kemendikbudristek Lepas 281 Mahasiswa Internasional Program Darmasiswa RI 2023/2024  ( 28 Juni 2024, Dilihat 58 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyelenggarakan Pembekalan Kepulangan Program Beasiswa  Darmasiswa RI Tahun Akademik 2023/2024 di Jakarta, Kamis (27/6).
 

Disiplin Positif dan Asset-Based Thinking: Solusi Tingkatkan Kualitas Pembelajaran  ( 28 Juni 2024, Dilihat 52 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, (25/6). Dalam kunjungan tersebut, ia bertemu dengan para Guru Penggerak yang telah menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah serta menyelesaikan program pendidikan Guru Penggerak yang diinisasi oleh Kemendikbudristek.
 

392 Atlet Mahasiswa Indonesia Berpartisipasi dalam AUG 2024 di Jawa Timur  ( 28 Juni 2024, Dilihat 50 kali . )
Tahun ini Indonesia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN University Games (AUG) 2024, event olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Sebanyak 392 Atlet mahasiswa Indonesia yang berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia berpartisipasi dalam AUG 2024.
 

Kampus Mengajar 7 Resmi Berakhir, Ini Kisah Pengabdian Mahasiswa untuk Negeri  ( 27 Juni 2024, Dilihat 277 kali . )
Mahasiswa peserta Kampus Mengajar Angkatan 7 telah menjalani enam belas minggu pengabdian di sekolah penugasan sejak program dilaksanakan pada 19 Februari 2024 lalu. Total terdapat lebih dari 32.000 mahasiswa yang ditugaskan ke lebih dari 7.000 satuan pendidikan, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMK di seluruh Indonesia.
 
 

Refleksi Kolaborasi Pemda di Sulawesi Barat dalam Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar  ( 26 Juni 2024, Dilihat 38 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar. Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) daerah khususnya di Sulawesi Barat.
 

Kemendibudristek Lanjutkan Program Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan & Kesastraan Bagi Komunitas  ( 26 Juni 2024, Dilihat 95 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), pada tahun ini kembali menyalurkan Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan. Sejak tahun 2023, Badan Bahasa telah menginisiasi rintisan penyaluran Bantuan Pemerintah (Banpem) Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra. Pemberian bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pihak pemroduksi karya dan dapat menjadi penggerak sekaligus penguat dalam membangun kesastraan di tengah masyarakat, serta mengembangkan kesastraan dan menyebarluaskan produk karyanya.
 

ASEAN University Games 2024 Resmi Dibuka, Ratusan Mahasiswa Indonesia Siap Raih Prestasi Terbaik  ( 26 Juni 2024, Dilihat 178 kali . )
ASEAN University Games (AUG) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN telah resmi dibuka, di GOR Basket Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pada Selasa (25/6). Tahun ini merupakan kali kelima Indonesia menjadi tuan rumah AUG yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa Timur (Surabaya-Malang).
 

Pesona Aceh: Napak Tilas Laskar Rempah Batch Kayu Manis di Pulau Sabang dan Kota Banda Aceh  ( 26 Juni 2024, Dilihat 254 kali . )
Provinsi Aceh, dengan pesona alamnya yang memukau dan sejarahnya yang kaya, kembali menjadi pusat perhatian saat Laskar Rempah batch Kayu Manis menapakkan kaki di Pulau Sabang dan Kota Banda Aceh. Tidak hanya sekadar wisata, kunjungan ini adalah sebuah perjalanan spiritual dan edukatif untuk menelusuri jejak masa lalu rempah yang pernah mengharumkan Nusantara.
 

Perkuat Reputasi Pendidikan Internasional, IISMA Lanjutkan Kerja Sama dengan University of Pécs  ( 25 Juni 2024, Dilihat 301 kali . )
Kerja sama IISMA dengan University of Pécs terus berlanjut. University of Pécs merupakan universitas mitra dari Hungaria yang telah bergabung sejak pertama kali program IISMA diluncurkan pada 2021 silam. Pada 7 Mei 2024 lalu, Koordinator Program Studi Luar Negeri dari University of Pécs, Boglárka Vecsánin, melakukan kunjungan ke Sekretariat IISMA di Yogyakarta.
 

Tekankan Sportivitas, Kemendikbudristek Lepas Kontingen Indonesia Mengikuti AUG 2024  ( 25 Juni 2024, Dilihat 137 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), terus berupaya meningkatkan talenta di bidang olahraga. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara, ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang diikuti sekitar 5.000 orang dari 11 negara ASEAN.
 

IISMA Membangun Negeri: Kisah Sukses Alumni IISMA di Coventry University Inggris  ( 25 Juni 2024, Dilihat 288 kali . )
Beasiswa pertukaran pelajar Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) sekali lagi menorehkan prestasinya untuk ikut serta membangun negeri. Dua alumni mahasiswa vokasi penerima beasiswa IISMA yang sebelumnya diterima di Coventry University Inggris untuk program pertukaran pelajar selama satu semester, setelah lulus berhasil diterima dalam program strata 2, Magister Riset (MSc) di universitas yang sama. Lebih lanjut, program MSc ini merupakan program fast track yang memungkinkan mereka untuk berlanjut ke program strata 3 atau PhD.
 

Wujudkan Pemerataan Akses dan Kualitas Pendidikan Melalui PPDB  ( 25 Juni 2024, Dilihat 208 kali . )
Berdasarkan kajian Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (2024), PPDB berhasil menurunkan kesenjangan hasil belajar, terutama dalam literasi dan numerasi, antara sekolah dengan 20 persen status sosial ekonomi (SSE) teratas dan sekolah median di jenjang SMP dan SMA. Sistem PPDB yang berlaku saat ini memberikan kesempatan sekolah menerima peserta didik dari latar belakang ekonomi yang lebih beragam dan capaian hasil belajar tingkat sekolah cenderung lebih merata antarsekolah.