Kemendikbudristek Mendorong Ekosistem Pendidikan Gotong Royong untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta  ( 02 Juli 2024, Dilihat 13 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PDM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, mengajak seluruh ekosistem pendidikan, baik pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi maupun masyarakat untuk bergotong royong dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. Iwan menyadari Program Pemulihan Pembelajaran melalui Penguatan Literasi dan Numerasi perlu melibatkan para pihak dan pemangku kepentingan.
 

Upaya Kemendikbudristek Dalam Pemerataan Akses & Kualitas Pendidikan Melalui 4 Jalur Seleksi PPDB  ( 02 Juli 2024, Dilihat 65 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Permendikbud No. 1 Tahun 2021 terus memberikan kesempatan yang adil bagi peserta didik agar mendapatkan layanan pendidikan yang lebih merata dan berkualitas. Dengan sistem Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dan Jalur Prestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kemendikbudristek ingin memberikan kesempatan yang adil bagi peserta didik dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan tidak menjadikan keterbatasan ekonomi sebagai penghalang.
 

MBJR Bersama KRI Dewaruci Singgah di Kota Melaka, Perkuat Konektivitas Kultural Indonesia-Malaysia  ( 01 Juli 2024, Dilihat 73 kali . )
Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar misi pelayaran bertajuk “Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024” menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci. Misi budaya ini mengusung tema utama “Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu”. Kegiatan ini bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut RI, dan singgah di Kota Melaka, Malaysia, pada 30 Juni-3 Juli 2024.
 

Sinergi Kemendikbudristek bersama 293 Penulis Naskah Wujudkan Penyediaan Buku Bacaan Bermutu   ( 01 Juli 2024, Dilihat 213 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumpulkan 293 orang penulis naskah terpilih bahan bacaan literasi dalam Lokakarya Pertemuan Penulis Bahan Bacaan Literasi Tahun 2024. Lokakarya tersebut diselenggarakan di Hotel Le Meridien, Jakarta pada 27 Juni s.d. 1 Juli 2024 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2024. 
 

Gunakan Data Cadangan, Kemendikbudristek Pastikan Pencairan dan Pendaftaran Baru KIPK Tetap Berjalan  ( 01 Juli 2024, Dilihat 5762 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan data cadangan (backup) penerima dan pendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) tetap aman di pusat data Kemendikbudristek. Kemendikbudristek saat ini tengah memulihkan sistem KIP Kuliah menggunakan data cadangan tersebut guna memastikan tidak ada mahasiswa yang kehilangan haknya dalam hal pencairan dan pendaftaran KIP Kuliah.
 

Silaturahmi Awisaka Chapter Yogyakarta, Bersama Tumbuhkan Ekosistem Wirausaha  ( 01 Juli 2024, Dilihat 95 kali . )
Wirausaha dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah keterbatasan lapangan kerja di Indonesia. Salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan untuk mendukung kegiatan wirausaha adalah Program Wirausaha Merdeka (WMK). Melalui Program WMK, mahasiswa mendapat kesempatan belajar mengenai wirausaha selama satu semester sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun bisnis mereka sendiri.
 

Meriahnya Pawai Ondel-Ondel Memukau Berlin  ( 01 Juli 2024, Dilihat 93 kali . )
Nyok kite nonton ondel-ondel, nyok!  menggema di jalanan Theodor-Francke Strasse, Berlin. Sontak saja keriuhan dan sorak sorai yang terdengar asing ini membuat penghuni di sekitar Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin merasa penasaran dan akhirnya membuka jendela. Bukan keributan, bukan perkelahian, melainkan ada Pawai Ondel-Ondel yang tengah berjalan menyusuri jalanan di daerah Tempelhof, Berlin.
 

Semiconductor Education Roadshow Indonesia – Germany 2024  ( 01 Juli 2024, Dilihat 92 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin sukses menyelenggarakan kegiatan Semiconductor Education Roadshow Indonesia – Germany 2024 pada tanggal 2-6 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan sebuah langkah strategis yang diambil Perwakilan RI di Jerman guna membangun serta menciptakan ekosistem industri semikonduktor di Indonesia.
 

Menyelami Tantangan Digitalisasi di Indonesia melalui Conference on Challenges of the Digital Global  ( 01 Juli 2024, Dilihat 99 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin sukses menjadi tuan rumah kegiatan Conference on Challenges of the Digital Globalization in Indonesiapada tanggal 13 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan buah hasil kerja sama antara Universitas dari Indonesia dan Jerman, yaitu Fachhochschule Dortmund, Universitas Airlangga, Universität der Bundeswehr München, dan Universitas Islam Riau dengan dukungan dari Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).
 

Gandeng Universitas Syiah Kuala dan Universiti Sains Malaysia, BIOTROP Gelar Regional Training   ( 01 Juli 2024, Dilihat 87 kali . )
SEAMEO BIOTROP bersama Universitas Syiah Kuala dan Universiti Sains Malaysia menyelenggarakan kegiatan Regional Training WorkshopBiodiversity Conservation and Invasive Alien Plant Identification”. Kegiatan yang berlangsung di tanggal 24 – 25 Juni 2024 ini dilaksanakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala, Aceh.
 

Menjajaki Peluang Ekosistem Bank Syariah Lewat Jalur Pendidikan di Mesir   ( 01 Juli 2024, Dilihat 159 kali . )
Mesir sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia 79 tahun silam memiliki beragam peluang kerja sama yang menguntungkan dengan Indonesia. Tak hanya di bidang pendidikan, di mana tercatat kurang lebih 15.000 pelajar asal Indonesia menempuh studi di Mesir, namun Mesir juga memiliki peluang lain untuk dijajaki kerja sama, salah satunya sektor ekonomi perbankan syariah.
 

Dari Sabang ke Melaka, Misi Kebudayaan Laskar Rempah di Lautan ASEAN  ( 01 Juli 2024, Dilihat 99 kali . )
Pada 30 Juni 2024, dunia kembali menoleh ke arah Indonesia. Kapal legendaris, KRI Dewaruci, mengantar Laskar Rempah Kayu Manis menuju Pelabuhan Tanjung Bruas, Melaka. Setelah berlayar selama empat hari dari Sabang melalui Selat Malaka yang bersejarah, Laskar Rempah tiba dengan membawa misi kebudayaan dalam rangka Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024, sebuah inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 

Cerita Laskar Rempah, Menenun Laut Dari Dumai  ( 29 Juni 2024, Dilihat 195 kali . )
Namun, bandara itu tak pernah pendar, sebab panas tak peduli apa pun. Laki-laki kurus semampai itu sampai kota Dumai setelah perjalanan dua jam dari bandara. Melewati kawanan gajah yang melintas di sela-sela pohon sawit, pematang yang memakan berladang-ladang tanah di sepanjang tol Sumatera, Pekanbaru-Dumai. Kita kerapkali membuat lupa akan isu itu, sebab daun-daun menjuntai mencuci mata nampak indah. Mata Kanal, nama panggil lelaki itu memandang jauh cakrawala. Musim kering tak berlaku pada sawit. Lelaki berbadan langsing itu, terus berpikir. Pohon-pohon yang katanya menjadi kunci perekonomian kita banyak berdiri di samping tol dan tempat kawanan gajah. Beberapa kawanan itu mungkin terusir dari lahan. Beberapanya lagi liar dan dirawat. Dari kejauhan gajah besar dengan lelaki bertopi di samping tol menyapa kami. Mereka hanya melintas. Besar tubuh gajah dimanfaatkan untuk mengusir kawanan gajah liar lain yang dianggap mengganggu manusia yang bekerja di lahan sawit. Namun kita tak pernah tahu, sawit-sawit itu menyejahterakan masyarakat sekitar atau tidak.
 

Praktik Baik Pemanfaatan Teks Multimodal di SMA Kabupaten Bandung Barat  ( 29 Juni 2024, Dilihat 123 kali . )
Dalam Gelar Wicara Inspirasi bertajuk Pemanfaatan Teks Multimodal Untuk Penguatan Literasi Jenjang SMA, ditampilkan pula praktik baik pemodelan pembelajaran melalui Teks Multimodal yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Teks Multimodal merupakan teks yang memadukan teks tulis/lisan dengan gambar/animasi. Teks tersebut tidak hanya berbentuk verbal, namun juga berisi teks, audio, dan video.
 

Peningkatan Literasi Melalui Platform Penerjemahan "Penjaring" dari Badan Bahasa  ( 29 Juni 2024, Dilihat 85 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memperingati Hari Keluarga Nasional 2024 dengan meluncurkan "Penjaring". Ini adalah sebuah platform penerjemahan daring yang dirancang untuk memperluas akses literasi anak-anak dalam bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.
 

Praktik Baik Pemanfaatan Kurasi Talenta dan SIMT  ( 29 Juni 2024, Dilihat 84 kali . )
Sebagai upaya mendukung Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) membangun Kurasi Talenta dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) sebagai pangkalan data talenta nasional dalam mendukung pengembangan talenta nasional yang terintegrasi dan berkelanjutan.
 

Peran Strategis⁠ Kurasi Talenta dan SIMT dalam Memfasilitasi Karier Belajar Siswa  ( 29 Juni 2024, Dilihat 81 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengembangkan Kurasi Talenta dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT). Kedua platform ini diharapkan dapat menjadi basis data talenta nasional guna mendukung pengembangan talenta nasional secara terintegrasi dan berkelanjutan.
 

Kemendikbudristek Terus Menguatkan Literasi Jenjang SMA Melalui Teks Multimodal  ( 28 Juni 2024, Dilihat 69 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengambil langkah-langkah strategis dalam meningkatkan literasi peserta didik yang salah satu strateginya dilakukan melalui program Buku Bacaan Bermutu. Di samping penggunaan buku bacaan bermutu, keberadaan Teks Multimodal di ruang digital juga menjadi alternatif strategi penguatan literasi, khususnya peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).
 

Pemerintah Indonesia Akan Kembalikan Sembilan Kerangka Diduga Tentara Jepang pada Perang Dunia II  ( 28 Juni 2024, Dilihat 135 kali . )
Pada tahun 1944, sejarah telah mencatat bahwa di wilayah yang kini disebut Indonesia pernah menjadi teater Perang Dunia II. Pertempuran berlangsung di beberapa lokasi dan banyak kisah telah terjadi. Salah satu pertempuran terjadi antara tentara Jepang dan Amerika di Kepulauan Biak – Numfor, Papua. Setelah 80 tahun berlalu, Tim Teknis Gabungan Indonesia dan Jepang berhasil mengumpulkan 9 kerangka manusia yang diduga kuat sebagai tentara Jepang yang gugur pada Perang Dunia II di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Kerangka-kerangka tersebut kini telah sampai di Jakarta untuk diteliti lebih lanjut kepastiannya dengan menggunakan tes DNA. 
 

Peran Strategis Perempuan dalam Mewujudkan Toleransi dan Kedamaian “Berdaya Hadapi Batasan”  ( 28 Juni 2024, Dilihat 143 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Penguatan Karakter bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan Gelar Wicara yang bertajuk “Berdaya Hadapi Batasan”, pada Kamis (27/6). Gelar Wicara ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa kaum perempuan memiliki peran strategis dalam mewujudkan kebinekaan global, toleransi dan kedamaian.
 

Kemendikbudristek Lepas 281 Mahasiswa Internasional Program Darmasiswa RI 2023/2024  ( 28 Juni 2024, Dilihat 66 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyelenggarakan Pembekalan Kepulangan Program Beasiswa  Darmasiswa RI Tahun Akademik 2023/2024 di Jakarta, Kamis (27/6).