Ini Inovasi dan Transformasi Badan Bahasa Sepanjang Tahun 2022  26 Desember 2022  ← Back

Tangerang Selatan, Kemendikbudristek—Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E. Aminudin Aziz mengatakan bahwa selama kurun waktu 2022, terus berinovasi dan bertransformasi. Hal tersebut ia sampaikan dalam Taklimat Media tentang Capaian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 2022 di Tangerang Selatan, Jumat (23/12/2022).

Di bidang kelembagaan, inovasi dan transformasi yang telah dilakukan Badan Bahasa adalah (a) meningkatkan eselon 15 Balai Bahasa berdasarkan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2022; (b) menetapkan rincian tugas Balai dan Kantor Bahasa berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 257/O/2022; (c) membentuk Jabatan Fungsional Widyabasa berdasarkan Permen-PANRB Nomor 2 Tahun 2022 dan Permendikbudristek Nomor 37 dan 38 Tahun 2022, serta menetapkan Kelas Jabatan melalui Surat Men-PANRB Nomor B/1239/M.SM.02.00/2022; dan (d) meloloskan empat Satker UPT mewakili Kemendikbudristek dalam penilaian ZI WBK tingkat nasional, yakni Balai Bahasa Jawa Timur, Balai Bahasa Bali, Balai Bahasa Kalimantan Tengah, dan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat.

“Akhirnya dua unit kerja, yakni Balai Bahasa Jawa Timur dan Balai Bahasa Bali, berhasil meraih penghargaan dari Menteri PANRB sebagai unit kerja berpredikat ZI WBK,” jelas Aminudin Aziz.

Berikutnya, di sisi peningkatan layanan yang prima, demi mewujudkan moto “Bermartabat-Bermanfaat”, Badan Bahasa melakukan inovasi melalui satu superaplikasi Halo Bahasa. Superaplikasi tersebut kata Kepala Badan Bahasa melingkupi beberapa hal, yaitu 1) Data Pokok Kebahasaan dan Kesastraan (Dapobas) yang dapat diakses melalui alamat dapobas.kemdikbud.go.id; 2) Padanan Istilah (Pasti) yang dapat diakses melalui alamat pasti.kemdikbud.go.id.

Lalu, 3) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring yang dapat diakses melalui alamat kbbi.kemdikbud.go.id; 4) KBBI Disnetra yang dapat diunduh dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa; 5) Sipebi yang dapat diinstal pada PC/Laptop Windows 10 dan dapat diunduh dari laman KBBI daring; serta 6) UKBI Adaptif Merdeka yang pelaksanaan ujinya dapat diakses melalui laman ukbi.kemdikbud.go.id.

Berikutnya, 7) Layanan Ahli Bahasa yang dapat diakses melalui alamat ahlibahasa.kemdikbud.go.id; 8) BIPA Daring yang dapat diakses melalui alamat bipa.kemdikbud.go.id; 9) Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi V yang dapat diakses melalui ejaan.kemdikbud.go.id; 10) Ensiklopedia Sastra Indonesia yang dapat diakses melalui ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/; 11) Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia yang dapat diakses melalui tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/; 12) Korpus Indonesia (KOIN) yang dapat diakses melalui korpusindonesia.kemdikbud.go.id; serta 13) Buku Digital (BUDI) sebagai penunjang literasi yang dapat diakses melalui budi.kemdikbud.go.id.

“Selain terobosan di atas, sebanyak 25 produk dan layanan Badan Bahasa di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra telah diakui dan dilindungi hak ciptanya berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta,” lanjut Kepala Badan Bahasa.

Produk dan layanan tersebut adalah 1) UKBI Adaptif; 2) Simulasi UKBI Adaptif; 3) KBBI Daring; 4) Tesaurus Daring; 5) KBBI Edisi V; 6) Sahabatku Indonesia BIPA 1; 7) Sahabatku Indonesia BIPA 3; 8) Sahabatku Indonesia BIPA 6; 9) Sahabatku Indonesia Membaca Indonesia: Makanan BIPA 1; 10) Sahabatku Indonesia Membaca Indonesia: Ekonomi BIPA 3; 11) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1; 12) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 2; 13) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 3; 14) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 4; 15) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 5; 16) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 6; 17) Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 7; 18) Sahabatku Indonesia Membaca Indonesia: Film BIPA 3; 19) Sahabatku Indonesia Membaca Indonesia: Agama dan Tradisi Spiritual BIPA 4; (20) Sahabatku Indonesia Membaca Indonesia: Identitas Nasional BIPA 4; (21) Sahabatku Indonesia Membaca Jakarta: Keluarga Betawi BIPA 1; (22) Sahabatku Indonesia Membaca Jakarta: Wisata Budaya BIPA 2; (23) Sahabatku Indonesia Membaca Jakarta: Transportasi BIPA 2; (24) Sahabatku Indonesia Membaca Jakarta: Cerita Rakyat BIPA 4; dan (25) Sahabatku Indonesia Membaca Jakarta: Cerita Rakyat BIPA 4. (Penulis: Mery, Tim Badan Bahasa/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1037 kali