Tari Tradisional dan Kontemporer Indonesia Pukau Penonton pada Malam Pembukaan Hannover Messe 2023  17 April 2023  ← Back



Hannover, 17 April 2023
--- Tepuk tangan meriah dari delegasi berbagai negara yang hadir pada pembukaan pameran Hannover Messe 2023 menggema di Hannover Congress Centrum (HCC), Jerman, Minggu (16/04) sore. Tepuk tangan tersebut merupakan respons setelah beragam tarian dari berbagai pulau di Indonesia tampil menghibur dan memukau audiens.

Tari Janger dari Bali membuka rangkaian penampilan yang disebut sebagai Indonesia Cultural Diversity dan kemudian disusul dengan tari Ampar-ampar pisang dari Kalimantan, tari Lir Ilir dari Jawa, dan tari Yamko Rambe Yamko, dari Papua, secara berurutan. Sajian tari-tarian tersebut menjadi semakin menarik dengan adanya kombinasi permainan animasi multimedia, teknologi hologram, dan pencahayaan yang dinamis dan modern yang membuat suasana panggung lebih hidup.

Presiden Joko Widodo yang hadir bersama Ibu Negara, Iriana, tampak berada di barisan paling depan menyaksikan penampilan budaya Indonesia. Beberapa kali Presiden Jokowi turut bertepuk tangan mengikuti irama lagu daerah yang menyapa lebih dari seribu penonton di HCC. Setelah tari-tarian, Claudia Emmanuela Santoso, pemenang ajang pemilihan bakat di Jerman tahun 2019, tampil menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Usai menyaksikan suguhan Indonesia Cultural Diversity, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dan harapannya pada perhelatan Hannover Messe 2023. Presiden mengatakan, kembalinya Indonesia menjadi negara mitra pada Hannover Messe merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan bagi Indonesia untuk mewujudkan dua strategi besar Indonesia dalam transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi.

“Dua strategi besar kami, pertama hilirisasi industri dan yang kedua ekonomi hijau. Kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia, dan Indonesia mengundang investor Jerman untuk membangun green economi di Indonesia.” ujar Presiden Joko Widodo.

Undangan dari Presiden Jokowi disambut oleh Kanselir Jerman, Olaf Scholz, yang menyatakan keyakinannya akan kerja sama kedua negara. Olaf mengatakan, pihaknya berniat memperkuat kerja sama dengan Indonesia terutama di bidang ekonomi. “Kemauan Indonesia dalam energi terbarukan, mengundang kita semua untuk berpartisipasi dalam upaya tersebut,” tuturnya.

Di hari kedua pembukaan Hannover Messe 2023, Presiden Jokowi bersama dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz membuka secara resmi Paviliun Indonesia yang berada di Aula 2, Hannover Fair Ground. Masih di hari yang sama, Paviliun Indonesia menampilkan pementasan budaya dalam acara yang bertajuk “Indonesia Night”. (Aline Rogeleonick)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 999 kali