Mitra Pendidikan Indonesia Mengakselerasi Transformasi Sistem Pendidikan Indonesia  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 460 kali . )
Dalam upaya mengakselerasi kualitas pembelajaran bagi seluruh murid di Indonesia, Mitra Pendidikan Indonesia (MPI) di bawah kepemimpinan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) kembali menyelenggarakan Annual Joint Sector Review (AJSR) pada 16 s.d. 17 Oktober 2024 di Jakarta. Kegiatan ini melibatkan unsur lembaga pemerintah, mitra pembangunan, organisasi masyarakat, guru, pimpinan sekolah, dan sektor swasta.
 

Komitmen Kemendikbudristek dalam Meningkatkan Kapasitas Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan  ( 17 Oktober 2024, Dilihat 301 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) dan Direktorat SMA Ditjen Pauddikdasmen, mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan untuk Regional 1 sebagai langkah nyata dalam menangani kekerasan di sekolah. Kegiatan ini melibatkan peserta dari Provinsi Sumatera Utara, Riau, Aceh, Sumatera Barat, Banten, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sumatera Selatan, dengan format hybrid yang menggabungkan metode daring dan luring.
 

Kurikulum Merdeka, Ajak Murid Berguru pada Alam dan Lokalitas   ( 17 Oktober 2024, Dilihat 164 kali . )
Potret Cerita Kurikulum Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) adalah ajang bagi para guru untuk menyuarakan semangat belajar dalam menerapkan Kurikulum Merdeka melalui cerita praktik pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di media sosial. Potret Cerita Kurikulum Merdeka juga memberikan kesempatan kepada pendidik untuk berbagi pengalaman dan metode pembelajaran inovatif mereka sehingga diharapkan dapat menginspirasi komunitas pendidikan lainnya. Tahun ini, 24 karya terpilih berupa foto dan video dalam kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dapat diakses melalui https://feskurmer.kemdikbud.go.id
 

GSI SMP Tingkat Nasional 2024: Wujud Nyata Kemendikbudristek Dukung Pemajuan Sepakbola Nasional  ( 16 Oktober 2024, Dilihat 90 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), kembali menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional 2024. Tahun ini, menjadi gelaran GSI ketujuh kalinya yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dalam upaya mengembangkan talenta muda sepakbola Indonesia.
 

Atdikbud KBRI Canberra Fasilitasi 8 Mahasiswa Indonesia Magang Mengajar di Sekolah Australia  ( 16 Oktober 2024, Dilihat 167 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra kembali memfasilitasi mahasiswa pendidikan dari Indonesia untuk magang atau praktik mengajar di sekolah-sekolah Australia. Pada triwulan keempat dalam kalender akademik sekolah Australia ini, terdapat 8 mahasiswa magang. Mereka berasal dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Atdikbud KBRI Canberra, Mukhamad Najib, dalam kesempatan serah terima mahasiswa magang mengajar di sekolah-sekolah Canberra pada Selasa (15/10).
 

Partisipasi Kemendikbudristek pada Pertemuan 32nd BIMP-EAGA Senior Officials Meeting  ( 15 Oktober 2024, Dilihat 68 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadiri pertemuan 32nd BIMP-EAGA (Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area) Senior Officials Meeting (SOM) yang diselenggarakan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Selasa (15/10). BIMP-EAGA sendiri merupakan kerja sama sub regional ASEAN yang berfokus pada pembangunan ekonomi antara pemerintah negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.
 

GELP Digelar di Jakarta, Para Pemimpin Pendidikan Melihat Transformasi Pendidikan Indonesia  ( 15 Oktober 2024, Dilihat 107 kali . )
Para pemimpin pendidikan dari seluruh kawasan Asia Pasifik dan negara lain berkumpul dalam Global Education Leaders Partnership (GELP) mulai tanggal 14 s.d. 16 Oktober 2024 di Jakarta. Agenda ini merupakan wadah berbagi informasi perihal kemajuan, memperdalam pemahaman tentang transformasi pendidikan, dan mengeksplorasi bagaimana upaya-upaya transformasi tersebut selaras dengan tren serta tantangan global.
 

Science Film Festival ke-15: Wujudkan Emisi Nol Bersih dan Ekonomi Sirkular  ( 15 Oktober 2024, Dilihat 137 kali . )
Science Film Festival kembali hadir di Indonesia dalam edisi ke-15, menjangkau siswa-siswi SD sampai SMA di 100 kabupaten/kota secara hibrida mulai 15 Oktober s.d. 30 November 2024. Tahun ini, festival yang diinisiasi Goethe-Institut ini menyoroti tema “Emisi Nol Bersih dan Ekonomi Sirkular” melalui film-film internasional dan sejumlah eksperimen sains yang menyenangkan.
 

Kemendikbudristek Raih Tiga Penghargaan dalam iNews Award 2024  ( 15 Oktober 2024, Dilihat 123 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), sukses meraih tiga penghargaan dari Kementerian dan Lembaga Awards 2024. Penghargaan tersebut meliputi kategori Kinerja Terbaik, Inovasi Terbaik, dan Pelayanan dan Komunikasi Publik, pada acara penghargaan yang diselenggarakan oleh iNews Media Group, Senin (14/10).
 

Kemendikbudristek Dukung AMI Awards 2024 sebagai Apresiasi bagi Karya Terbaik Musisi Tanah Air  ( 15 Oktober 2024, Dilihat 112 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2024. Sebagai salah satu rangkaian dari acara ini, berlangsung taklimat media pada Selasa (15/10) dan ditayangkan melalui kanal Youtube AMI AWARDS.
 

Atdikbud KBRI Dili Fasilitasi Penandatanganan MoU UNG Dengan Perguruan Tinggi Timor-Leste  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 316 kali . )
Dalam hal mendorong peingkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bidang pendidikant tinggi di Timor-Leste, Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste memfasilitasi pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoUantara Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dengan 10 Perguruan Tinggi di Timor-Leste pada tanggal 12 Oktober 2024.
 

Puncak Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2024 Berlangsung Meriah  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 238 kali . )
Balai Bahasa Provinsi Bali sukses menyelenggarakan puncak Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Bali Tahun 2024 pada Sabtu (12/10). Acara yang berlangsung di Ballroom Griya Agung, Hotel Prime Plaza ini dihadiri oleh para pemenang dan pendamping dari setiap lomba. Ada tujuh kategori lomba yang diselenggarakan, yaitu masatua, matembang, ngripta cerpen, ngripta lan ngwancen puisi, babanyolan, nyurat aksara, dan mapidarta.
 

Kemendikbudristek Boyong 10 Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2024  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 218 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali berpartisipasi dalam Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024 (11/10/2024). Dalam ajang yang bertemakan “Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas” tersebut, Kemendikbudristek berhasil membawa pulang 10 penghargaan, baik secara instansi hingga unit kerja di dalamnya.
 

Kisah Inspiratif Para Pejuang Literasi untuk Anak Negeri  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 265 kali . )
Kepulauan Natuna berada di garis terdepan perbatasan Indonesia, kaya akan potensi dan keindahan alam, tapi menyimpan tantangan tersendiri dalam akses bahan literasi. Di tengah keterbatasan tersebut, ada sosok polisi yang tidak hanya menjaga dan mengayomi masyarakat, tetapi juga memiliki semangat untuk memajukan literasi. Bripka Mudiyanto, Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), adalah sosok pejuang literasi yang turut mengajak anak-anak di Natuna untuk mencintai buku agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah mereka.
 

Kemendikbudristek Terus Tingkatkan Basis Data Talenta Nasional Melalui Bimtek SIMT dan Kurasi  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 247 kali . )
Sebagai upaya meningkatkan basis data talenta nasional untuk mendukung program Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurasi dan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) secara serentak pada Kamis, 10 Oktober 2024 di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magetan, Jawa Timur.
 

Gotong Royong Kunci Transformasi dan Pemulihan Pembelajaran  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 251 kali . )
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan gelar wicara dengan tajuk Gotong Royong dalam Pemulihan Pembelajaran. Gelar wicara yang sekaligus diselenggarakan dalam rangka penguatan literasi dan numerasi untuk mendukung terwujudnya transformasi pembelajaran pasca pandemi Covid-19 ini menghadirkan M. Ari Widowati (Head of Learning Environment Tanoto Foundation), Susi Sukaesih (Founder Sidina Community), Suparmin (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara), Budi Suhardiman (Kepala SMPN 6 Garut).
 

Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan 2025-2045: Membangun Indonesia Berlandaskan Keanekaragaman Budaya  ( 14 Oktober 2024, Dilihat 96 kali . )
Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 115 Tahun 2024 tentang Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan (RIPK) untuk periode 2025-2045. Kebijakan ini menjadi tonggak penting dalam pembangunan kebudayaan nasional, dengan mengintegrasikan kebudayaan sebagai pilar utama dalam menciptakan Indonesia yang bahagia dan sejahtera.
 

Kemendikbudristek Beri Apresiasi Aksi Nyata Penggerak Peduli Literasi dan Numerasi  ( 12 Oktober 2024, Dilihat 248 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Apresiasi Aksi Nyata Literasi dan Numerasi, sebagai bentuk pengakuan  dan penumbuh semangat atas upaya satuan pendidikan, mitra pembangunan, komunitas literasi, dan perguruan tinggi dalam melakukan aksi nyata  penguatan literasi dan numerasi demi tercapainya transformasi pembelajaran di Indonesia. Bertempat di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemendikbudristek, pemberian apresiasi ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran yang berlangsung 11-12 Oktober 2024. 
 

Pemanfaatan Dana BOS Kinerja: Membangun Budaya Prestasi di Satuan Pendidikan  ( 12 Oktober 2024, Dilihat 235 kali . )
Untuk mengoptimalkan pemanfaatan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kinerja Sekolah Prestasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggelar Pendampingan Optimalisasi Dana BOS Kinerja Sekolah Prestasi region Jakarta pada 7 s.d. 10 Oktober 2024. 
 

Mahakarya Adibusana Vokasi Memukau Panggung JMFW 2025   ( 12 Oktober 2024, Dilihat 201 kali . )
Pesona busana dari tangan-tangan insan vokasi memukau panggung Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025. Pada Parade Busana JMFW 2025, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menampilkan 72 koleksi yang kaya akan kreativitas dan keunikan lokal. Mahakarya vokasi adibusana ini lahir dari 12 satuan pendidikan vokasi, yang merupakan sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi vokasi (PTV).
 

SEAQIL dan UNRAM Libatkan Pakar dari 8 Negara, Kaji Literasi melalui AISOFOLL dan ICESS  ( 11 Oktober 2024, Dilihat 338 kali . )
SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) bekerja sama dengan Universitas Mataram menyelenggarakan the 15th Annual International Symposium of Foreign Language Learning (AISOFOLL) dan the 6th International Conference on Education and Social Sciences (ICESS) pada 2 s.d. 3 Oktober 2024 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kedua forum tersebut mengusung tema besar “Teaching Literacy and Practices in Diverse Contexts: Empowering Creativity, Innovation, and Entrepreneurial Skills for Learners and Educators for Sustainable Development”.
 

Tingkatkan Literasi dan Numerasi, Kemendikbudristek Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran  ( 11 Oktober 2024, Dilihat 184 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran di Jakarta, pada 11-12 Oktober 2024, untuk mendorong percepatan pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dan numerasi. Kegiatan ini merupakan ruang apresiasi, berbagi inspirasi, serta gotong royong antar pemangku kepentingan dalam meningkatkan literasi dan numerasi untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter.