Resmi Dibuka! Produk Insan Vokasi Semarakkan TEI 2024 dan JMFW 2025  ( 10 Oktober 2024, Dilihat 28 kali . )
Karya-karya insan vokasi turut menyemarakkan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 dan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2025. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi berpartisipasi dalam pergelaran pameran perdagangan terbesar dan ekosistem fesyen muslim di Indonesia ini.
 

Talenta Nasional Dikelola, Pemerintah Luncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional  ( 10 Oktober 2024, Dilihat 35 kali . )
Pemerintah menjamin pengembangan talenta nasional bidang riset dan inovasi, seni dan budaya, serta olahraga yang diyakini mampu mendorong kemajuan perekonomian Indonesia. Untuk itulah, pemerintah meluncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional 2024-2045 sebagai desain lanjutan keterlibatan pemerintah dalam mewadahi talenta-talenta nasional. 
 

Badan Bahasa Beri Penghargaan kepada Lembaga di Provinsi DKI Jakarta  ( 10 Oktober 2024, Dilihat 25 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Kepakaran Pembinaan Lembaga: Penganugerahan Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Jakarta, Rabu (9/10). Kegiatan ini dihadiri oleh 100 undangan yang berasal dari 45 lembaga pemerintah, 27 lembaga pendidikan, dan 15 lembaga swasta. 
 

Sayembara Enikki 2024/2025, Membangun Pemahaman Budaya Anak-Anak Asia Lewat Seni  ( 10 Oktober 2024, Dilihat 41 kali . )
Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) menggelar sosialisasi program Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2024/2025, di Jakarta, Rabu (9/10). Program Enikki, yang berarti ‘buku harian’ dalam bahasa Jepang, merupakan sebuah kompetisi untuk mendorong anak-anak di Asia mengekspresikan pemikiran, pengalaman, dan perasaan mereka melalui seni dan tulisan.
 

Jelang Festival Budaya Panji 2024: Menjaga Tradisi, Merangkai Kreasi Baru  ( 09 Oktober 2024, Dilihat 27 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan akan menggelar Festival Budaya Panji (FBP) 2024 dengan tema “Cerita Panji dalam Keragaman Budaya Nusantara”. Acara ini akan diselenggarakan pada 22-24 Oktober 2024 di Gedung Kesenian Jakarta yang akan menampilkan sepuluh kelompok seni terpilih dari berbagai daerah di Indonesia.
 

WINNER 2024: Kolaborasi Indonesia-Belanda bidang Pendidikan & Riset untuk Masa Depan Berkelanjutan  ( 09 Oktober 2024, Dilihat 155 kali . )
Konferensi the Week of Indonesia – Netherlands Education and Research (WINNER) 2024 adalah pertemuan dalam bidang pendidikan dan riset. Kali ini WINNER 2024 menjadi saksi pengesahan kolaborasi antar Konsorsium Universitas di Indonesia dan Belanda untuk Masa Depan Berkelanjutan yang berlangsung pada 24-26 September 2026, Den Haag dan Amsterdam, Belanda.
 

Kemendikbudristek Kembali Gelar Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter 2024  ( 08 Oktober 2024, Dilihat 123 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menggelar Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter pada Pekan untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) Tahun 2024. Apresiasi diberikan kepada para pemangku kepentingan atas upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman dan bebas dari segala bentuk kekerasan.
 

SEAMEO CECCEP Selenggarakan Rapat Dewan Pengurus ke-7 di Yogyakarta, Indonesia  ( 08 Oktober 2024, Dilihat 63 kali . )
Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menyelenggarakan Rapat Dewan Pengurus (Governing Board Meeting/GBM) ke-7 di Yogyakarta, Indonesia, Selasa (8/10). Kegiatan ini merupakan pertemuan tahunan para pengambil keputusan utama dari negara anggota SEAMEO. Pertemuan ini sebagai platform penting untuk menetapkan arah masa depan kebijakan dan program kerja SEAMEO CECCEP yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama regional dalam bidang pendidikan anak usia dini dan pengasuhan anak.
 

Sinergi Indonesia-Prancis, Pengajar Vokasi Bidang Kuliner Dapatkan Pelatihan Eksklusif  ( 08 Oktober 2024, Dilihat 37 kali . )
Wujud kemitraan Indonesia-Prancis di bidang pendidikan vokasi semakin berdampak. Kali ini, dalam rangka peningkatan kompetensi pengajar vokasi bidang kuliner, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar) berkolaborasi dengan Pemerintah Prancis melalui Institut Francais d’Indonesie menyelenggarakan program Training of Trainers (ToT) on French Cooking for Vocational Culinary Teaching.
 

KMHE 2024: Wujudkan Inovasi dan Tanamkan Kesadaran Pentingnya Transportasi Ramah Lingkungan  ( 08 Oktober 2024, Dilihat 99 kali . )
Mengusung tema Hemat Energi Untuk Negeri, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, kembali menggelar Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024. Pada tahun ini, peserta KMHE akan dituntut untuk mewujudkan kendaraan hemat energi dalam dua kategori, yaitu Prototype dan Urban Concept. Ajang perlombaan tingkat nasional ini berlangsung di Sirkuit Carnaval Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, mulai 5 s.d. 10 Oktober 2024.
 

Peringatan Roots Day Nasional 2024: Edukasi dan Aksi Lawan Perundungan di Lingkungan Sekolah  ( 07 Oktober 2024, Dilihat 78 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Roots Day Nasional 2024 di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (7/10). Acara ini menjadi pembuka rangkaian Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2024 yang menitikberatkan pada upaya pencegahan perundungan di sekolah.
 

Peringatan Roots Day Nasional 2024: Langkah Nyata Pencegahan Perundungan di Sekolah  ( 07 Oktober 2024, Dilihat 69 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Roots Day Nasional 2024 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (7/10). Acara ini merupakan sorotan utama dalam rangkaian Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2024, yang fokus pada upaya pencegahan perundungan di sekolah, sebuah isu yang hingga kini masih kerap terjadi di berbagai lingkungan pendidikan.
 

SEAMEO RECFON dan Universitas Ahmad Dahlan Gelar Seminar Internasional Program Makan Siang Sekolah  ( 07 Oktober 2024, Dilihat 235 kali . )
Para pakar dari Asia Tenggara yang tergabung dalam Dewan Wali Amanat Southeast Asia Ministers of Education (SEAMEO) Regional Centre for Food and Nutrition (RECFON) memaparkan praktik baik dan pembelajaran pelaksanaan program pemberian makan siang dalam “International Seminar on School Lunch Programmes in Southeast Asia: Best Practices and Lessons”, yang diselenggarakan oleh Universitas Ahmad Dahlan berkolaborasi dengan SEAMEO RECFON, Kamis (26/9).
 

Hari Guru Sedunia, Dukungan Bagi Guru Menjadi Agen Transformasi Pendidikan yang Berkelanjutan  ( 07 Oktober 2024, Dilihat 94 kali . )
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) bersama dengan Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat dan BBGP Provinsi D. I. Yogyakarta, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Banten, serta SEAMEO Regional Centre QITEP in Language (SEAQIL), in Mathematics (SEAQIM), dan in Science (SEAQIS) tingkatkan kompetensi guru melalui perayaan akbar Seminar Internasional menyambut Hari Guru Sedunia yang bertajuk "Empowering Teachers, Transforming Futures". Seminar ini sukses diselenggarakan dengan moda campuran di Gedung A, Komplek Kemendikbudristek dengan melibatkan guru-guru dari Filipina, Indonesia, dan Malaysia untuk berbagi praktik baik pengajaran mereka pada 5 Oktober 2024.
 

Kesadaran Arkipelagis dalam Membangun Identitas Indonesia  ( 07 Oktober 2024, Dilihat 83 kali . )
Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid, mengajak mahasiswa dan akademisi Universitas Hasanuddin, Makassar, untuk mereimajinasikan Indonesia sebagai negara arkipelagis. Dalam kuliah umum yang berlangsung pada Senin (7/10), Hilmar menegaskan pentingnya memposisikan laut sebagai pusat identitas budaya dan ekonomi bangsa.
 

Taufiq Ismail Memperoleh Anugerah Sastra Majelis Sastra Asia Tenggara dari Brunei Darusalam  ( 06 Oktober 2024, Dilihat 70 kali . )
Salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) 2024 adalah Anugerah Sastrawan ke-7 Mastera, Acara ini dihelat di Hotel Antarbangsa Rizqun, Gadong, Brunei Darussalam (1/10), dihadiri oleh Yang Berhormat Dato Seri Setia Awang Haji Muhammad Juanda bin Haji Abdul Rashid, Menteri Pembangunan, Pemangku Menteri Kebudayaan, Belia dan Sukan.
 

Majelis Sastra Asia Tenggara Gelar Sidang ke-28, Seminar dan Festival Teater Tahun 2024  ( 06 Oktober 2024, Dilihat 68 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) mengikuti rangkaian kegiatan Mastera yang diselenggarakan oleh Mastera Brunei Darussalam. Rangkaian kegiatan ini meliputi Seminar Antarbangsa Kesusatraan Asia Tenggara (SAKAT) 2024, Penganugerahaan Sastrawan Ke-7 Mastera, Festival Teater Mastera 2024, serta Sidang ke-28 Mastera. Kegiatan ini berlangsung mulai 30 September—3 Oktober 2024. Acara ini dilaksanakan bergilir setiap tahunnya di negara-negara anggota Mastera, yakni Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
 

Semangat Muda Berdaya untuk Kedaulatan Pangan Bergema di Lembata  ( 06 Oktober 2024, Dilihat 43 kali . )
Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Sjamsul Hadi, menyampaikan bahwa MBKP merupakan salah satu terobosan pemajuan kebudayaan yang merupakan kolaborasi erat antara Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek).
 

Delegasi Gateways Study Visit Indonesia: Ada Hati yang Tersentuh di Bali  ( 05 Oktober 2024, Dilihat 273 kali . )
Para delegasi Gateways Study Visit Indonesia 2024 yang berasal dari 20 negara hari ini bertolak menuju negara asal mereka pada Jumat (4/10) dengan membawa segudang pengalaman dan pembelajaran. Secara khusus, apa yang terjadi selama tiga hari di Bali meninggalkan kesan mendalam.
 

Hari Guru Sedunia, Guru Semakin Bergerak dan Menggerakkan  ( 05 Oktober 2024, Dilihat 326 kali . )
Hari Guru Sedunia yang diperingati setiap 5 Oktober merupakan momen besar untuk merayakan peran serta perubahan yang telah dilakukan guru bagi dunia pendidikan. Dengan berbagai tantangan yang muncul saat ini, kemampuan adaptasi dan kreativitas guru menjadi kunci yang menentukan arah dunia pendidikan dan patut mendapatkan apresiasi, termasuk upaya guru ketika menjadikan pembelajaran terpusat pada siswa, seperti prinsip gerakan Merdeka Belajar.