Bukan Hanya Reuni, Alumnite IISMA Ajang Membangun Jejaring dan Inspirasi  27 April 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Acara bertajuk “ALUMNITE: NOSTALGIA, UNITY, AND CELEBRATION” yang digelar pada Sabtu pekan lalu merupakan acara yang diadakan oleh Alumni Club (AC) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Kepengurusan tahun 2023. Acara ini bertujuan untuk memberikan wadah pertemuan sekaligus inspirasi bagi seluruh penerima Awardee IISMA dan jejaring baru untuk karir di masa depan.
 
Acara ini merupakan kegiatan hybrid atau perpaduan antara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring). Hal ini dikarenakan penerima manfaat (awardee) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, “Seru banget karena ternyata tidak cuma di Jakarta saja, tapi temen-temen dari daerah lain juga ikutan dan jadi berasa makin rame!” tutur Rohananda Devi yang biasa dipanggil Hana ketika menghadiri acara ini di Jakarta. Hana kini sedang menempuh studi di Universitas Indonesia jurusan Manajemen Keuangan dan saat IISMA lalu ia studi di University of Pécs, Hungaria.
 
“Panel Talk Discussion” mengawali kegiatan acara ini dengan tema “Navigating The Intersection of Work, Education, and Social Change: Strategies For Individual and Collective Empowerment”. Acara tersebut menghadirkan beberapa pembicara di sesi diskusi yaitu, Maya Susanti, Human Capital Strategic Partner Manager  PT. Telkom Indonesia sekaligus Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP); Waitatiri, Content Creator dan LPDP Awardee to Harvard University sekaligus penggagas Project Buku Buat Semua; dan Solah Al Ayubi sebagai Alumni IISMA yang menjadi content creator serta pencetus Sakola Kita sebuah organisasi nirlaba dengan fokus menyebarluaskan pengetahuan tentang diplomasi untuk anak muda.
 
Tujuan dari “Panel Talk Discussion” adalah memberikan pencerahan di bidang-bidang seperti pendidikan, karir, dan perubahan sosial. Seluruh pembicara memiliki latar belakang yang kuat di bidangnya masing-masing. Harapan dari terselenggaranya acara ini bisa menginspirasi dan membantu Alumni IISMA yang ingin mempersiapkan karir, pendidikan, ataupun memulai gerakan positifnya.
 
“Manfaat yang aku rasakan dari acara Alumnite itu banyak sekali. Awalnya aku berpikir hanya acara reuni dan networking saja, tapi ternyata bisa dapet banyak wawasan seputar karir dari sesi panel discussion. Selain itu, tentu saja dari acara Alumnite aku bisa kenalan sama alumni IISMA dari banyak host uni lainnya,” tutur Hana.
 
Selanjutnya terdapat acara “Alumni Showcase” di mana setiap alumni yang telah menggerakkan kegiatan positif diberikan wadah untuk menceritakan dan mempromosikan rencana kerja atau platform mereka. Harapannya, hal ini dapat menginspirasi teman-teman alumni untuk berdampak bagi sekitar.
 
“Acaranya super seru dan engaging! Apalagi acara ini diadakan serentak di seluruh Indonesia. Mulai dari Jakarta hingga region Indonesia timur, NTT sehingga IISMA awardees dari sabang sampai merauke benar-benar terintegrasi secara inklusif satu sama lain,” ungkap Az-Zahra Helmi Putri Rahayu, biasa dipanggil Zahra yang menghadiri acara ini di Kota Surabaya, Jawa Timur.
 
Menurut Zahra, acara Alumnite East Jawa Region sangat berkesan karena selain peserta dapat mengikuti rangkaian acara dari pusat, alumnite di Jakarta, diselenggarakan juga beberapa rangkaian acara yang menarik. “We had some games seperti trivia questions, guess the song, hingga sugar cubes. It was fun and full of love,” tuturnya yang sedang menempuh studi di Universitas Airlangga, jurusan Kesehatan Publik. Saat mengikuti program IISMA Zahra berkesempatan menempuh studi ke Vytautas Magnus University, Lituania.
 
Lalu, rangkaian acara selanjutnya adalah “Recognition and Awards” yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus IISMA-AC yang sudah berkontribusi besar terhadap perkembangan IISMA-AC, terdiri dari penghargaan dengan nominasi Best Staff dan Most Valuable Player (MVP). Acara ditutup dengan Inaugurasi IISMA-AC sebagai tanda peralihan kepengurusan dari Angkatan 2023 ke Angkatan 2024.
 
“Semoga kita semua dapat menjadi generasi emas dan dapat bekontribusi penuh bagi kemajuan bangsa,” tutur Az-Zahra.
 
Kebermanfaatan acara ini sangat terasa langsung oleh tiap anggota. Dikatan Az-Zahra, acara ini dapat begitu menyatukan sesama alumni IISMA awardees yang berasal dari beragam latar belakang dan tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, acara ini juga dapat meningkatkan relasi baik personal maupun professional.
 
Para anggota AC IISMA berharap acara Alumnite dapat terus digelar tiap tahunnya, “Semoga next Alumnite makin asik dan makin banyak yang ikut,” kata Aurellia Berliana, mahasiswi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, jurusan Manajamen Bisnis dan saat mengikuti program IISMA berkesempatan studi di National Yunlin University of Science and Technology (YunTech), Taiwan, jurusan Manajemen Internasional.
 
“Pesan aku ke depannya, semoga acara seperti Alumnite ini terus dilaksanakan setiap tahun, supaya kita bisa kenalan dan belajar banyak dari para alumni lain karena pastinya setiap tahun akan bertambah alumninya,” ujar Hana.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 604 kali