Jejak Alumni MSIB Menginspirasi Kesuksesan Adik Angkatan Berikutnya  20 April 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan kegiatan sapa mahasiswa dengan tajuk “Student Journey MSIB 6 Navigate Your Journey: Path to Success” secara daring pada Jumat, (19/4). Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan semangat mahasiswa peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan keenam dalam menyelesaikan program.
 
Berdasarkan pengalaman, mahasiswa-mahasiswa yang sebelumnya mengikuti MSIB bisa lebih cepat diterima di perusahaan. “Saya berharap nanti teman-teman yang di angkatan 6 setelah kembali ke kampus menyelesaikan skripsinya kemudian lulus. Setelah lulus, adik-adik bisa segera bekerja,” tutur Kepala Program MSIB, Wachyu Hari Haji.
 
Hadir dalam Sapa Mahasiswa adalah Muhammad Reihan Adilla, CEO dan Co-founder Agrilabs.id yang merupakan alumni MSIB 3. Agrilabs adalah perusahaan startup yang berfokus pada pengembangan inovasi di bidang pertanian. Perusahaan milik Muhammad ini mengembangkan algoritma citra satelit yang mampu mengidentifikasi nutrisi dalam perkebunan skala besar. Didukung oleh profesional dan peneliti yang memiliki minat tentang teknologi pertanian, Agrilabs mempunyai visi menjadi penyedia teknologi pertanian global terpercaya yang menjunjung keberlanjutan pertanian guna memperkuat ketahanan pangan.
 
Muhammad tidak serta merta berada di posisinya sekarang. Saat masih berstatus mahasiswa, Muhammad banyak belajar. Salah satunya ketika mengikuti program Magang Kampus Merdeka di Grab Indonesia. “Saya mencoba mengasah kemampuan advertising. Bagaimana berempati pada mitra Grab. Bagaimana kita bisa tahu apa kebutuhan mereka. Apa keluhannya,” kata Muhammad.
 
Sedikit banyak, pengalaman Muhammad menjadi bagian di Business Development & Partnership Intern, Grab Indonesia, membentuk dirinya sekarang. Lain lagi cerita Atla Tegar Habib Amrullah yang memberikan tips dan trik untuk menjalani program dan berhasil lulusan kuliah dengan baik.
 
“Misal teman-teman bingung mau penelitian skripsi di mana, bisa di tempat teman-teman magang. Aku mengangkat mitra kerjaku sendiri sebagai skripsi. Karena aku kemarin di lembaga legislasi atau DPR, jadi aku mengangkat masalah Undang-Undang,” jelas Atla.
 
Selain berbagi kisah sukses para alumni, di kegiatan ini tim program MSIB pun mengenalkan MSIB Alumni Space yakni wadah bagi mahasiswa yang telah menjalankan program MSIB untuk dapat berjejaring, menjalin komunikasi, dan bertukar informasi terkait dunia profesional. Atla pun sudah terpilih menjadi Presiden MSIB Alumni Space yang pertama.
 
Lewat MSIB Alumni Space, harapannya cerita baik alumni yang saat ini telah sukses di dunia kerja bisa tersebar luas kepada mahasiswa peserta program. Cerita baik ini perlu diketahui guna memberikan motivasi dan semangat kepada mahasiswa yang masih menjalankan program MSIB sehingga menyadari dampak positif yang akan didapat ketika menyelesaikan program. Tim program MSIB berkeyakinan bahwa MSIB Alumni Space mampu menjadi komunitas yang bermanfaat, kuat, dan berdaya saing tinggi. *** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 778 kali