Kolaborasi Pendidikan Indonesia-Polandia: Cerita Sukses Awardee IISMA di Warsaw University 2023  19 April 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Kedutaan Besar Polandia di Indonesia membuka pintu kerja sama yang lebih erat dengan Indonesia dengan mengundang para penerima penghargaan Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) yang telah menyelesaikan program pertukaran studi di Warsaw, Polandia, pada tahun 2023 kemarin. Acara silaturahmi ini dilangsungkan pada Jumat, 19 April 2024, di kantor Kedutaan Besar Republik Polandia yang berlokasi di Jalan Rasuna Said, Jakarta.
 
Pertemuan yang dihadiri oleh Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska, serta perwakilan IISMA, Aqli Sharfan dan para awardee Warsaw 2023 tersebut menjadi momentum penting dalam mempererat hubungan bilateral antara kedua negara, khususnya dalam bidang pendidikan.
 
Salah satu tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para awardee IISMA untuk berbagi pengalaman mereka selama menjalani masa studi di Polandia. Beata Stoczyńska dengan hangat menerima cerita dan masukan dari para mahasiswa Indonesia mengenai pengalaman belajar dan tinggal di Polandia. Para awardee juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan hal-hal yang mereka sukai dari Polandia, seperti budaya, pendidikan, dan lingkungan akademik.
 
Selain menjadi forum untuk berbagi pengalaman, pertemuan tersebut juga menjadi ajang promosi bagi Polandia sebagai destinasi pendidikan tinggi bagi mahasiswa Indonesia. Duta Besar Beata Stoczyńska dengan antusias memperkenalkan berbagai program magister (S2) yang ditawarkan di Polandia kepada para penerima manfaat (awardee). Pada kesempatan ini, Stoczyńska juga menyoroti pentingnya kerja sama antara perguruan tinggi Polandia dengan IISMA dalam mendukung pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya antarkedua negara.
 
Sementara itu, pihak IISMA juga memanfaatkan kesempatan ini untuk meminta dukungan dari Duta Besar Polandia dalam memperluas kerja sama dengan perguruan tinggi Polandia lainnya. Dengan antusiasme yang sama, para awardee menyatakan minat mereka untuk melanjutkan studi S2 di Polandia dan menanyakan tentang opsi beasiswa yang tersedia dari pemerintah Polandia sebagai alternatif selain beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
 
Dalam tanggapannya, Duta Besar Beata Stoczyńska menegaskan komitmen Polandia untuk terus mendukung kerja sama dengan IISMA serta menyambut baik minat para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan mereka di Polandia. "Polandia sangat antusias untuk menjalin kerja sama dengan IISMA dan tidak sabar menunggu awardee IISMA batch selanjutnya di tahun 2024 ini," ujar Beata Stoczyńska.
 
Pertemuan antara Duta Besar Polandia dan para awardee IISMA ini menjadi langkah awal yang penting dalam memperkuat hubungan bilateral di bidang pendidikan antara Indonesia dan Polandia. Harapannya, kerja sama yang terjalin akan membawa manfaat yang besar bagi kedua negara, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing global.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 619 kali