Akhtarelgusya Al Dian, Murid dengan Segudang Prestasi dari SMPN 8 Tangerang Selatan   23 Mei 2024  ← Back

Tangerang, Kemendikbudristek – Akhtarelgusya Al Dian atau Akhtar, adalah seorang siswa yang senang berorganisasi dan mengukir prestasi gemilang di dalam maupun luar sekolah. Di sekolah, ia menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS, Ketua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), dan berperan penting dalam Pramuka Pasukan Khusus sebagai Juru Uang dan Garuda Penggalang. Adapun di luar sekolah, ia berhasil menjadi salah satu dari 14 anggota terpilih KidZania CongreZZ Kidz (2023-2025) dan menjabat sebagai Ketua Komisi Kesejahteraan & Komunikasi. Ia juga aktif dalam organisasi Laskar Lingkungan Muda (LLM) Tangerang Selatan dan menjabat sebagai Sekretaris Himpunan Remaja Saifillah (HIJRAH). Akhtar menunjukkan dedikasinya dalam berbagai bidang, termasuk lingkungan dan keagamaan.
 
Tak hanya aktif berorganisasi, ia juga berhasil menorehkan segudang prestasi akademis, yaitu dalam olimpiade IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris tingkat provinsi maupun nasional. Prestasi tersebut menempatkannya di peringkat pertama Jalur Prestasi pada PPDB SMPN 8 Tangerang Selatan. Selain di bidang akademis, ia juga unggul di bidang olahraga, dengan memenangkan medali emas dan perak dalam kejuaraan Taekwondo tingkat Kota Tangerang, Piala Wali Kota Tangerang Selatan, dan Piala Kemenpora tingkat nasional. Ia juga menerima lencana Garuda Penggalang dari Wali Kota Tangerang Selatan.
 
Tidak hanya pada skala nasional, prestasinya di tingkat internasional juga luar biasa. Ia berhasil meraih penghargaan sebagai Honour Delegate dan Global Peace Initiator pada Asia World Peace Summit 2023, serta Brand Ambassador International Model United Nations (IMUN) 2022.
 
Di sekolah, ia dijuluki "Peneliti Cilik" berkat sejumlah prestasinya dalam karya tulis ilmiah. Ia berhasil meraih medali emas dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2024, yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association dan Departemen Aktuaria, Fakultas Sains dan Analitika Data-ITS. Keberhasilannya dalam LKTIN merupakan hasil lompatannya dari kegagalan sebelumnya. Ia bangga dapat mewakili sekolahnya dan bersaing dengan mahasiswa dari UI dan Andalas. Ia juga lolos OPSI Tingkat Provinsi Banten pada tahun 2023 dan 2024 serta berkesempatan magang di BRIN untuk mengerjakan seluruh penelitiannya. Prestasi terbarunya pada Mei 2024, yaitu berhasil meraih peringkat ke-13 dari 20 besar dalam kompetisi Roket Air Tingkat Jabodetabek dan melanjutkan ke tingkat nasional.
 
Prestasi gemilang yang diraihnya tidak terlepas dari peran orang tuanya. Sejak kecil, ia sudah dilatih public speaking di rumah. Hasilnya, ia berhasil menjuarai berbagai lomba pidato dan dai cilik, baik di dalam maupun luar sekolah, bahkan dikenal sebagai "Speechmaster" oleh banyak orang. Salah satu prestasi terbaiknya adalah meraih gelar Best Speaker pada ajang Speech Contest on Sharia Business and Economics Festival Vol. 5, yang sebagian besar pesertanya adalah mahasiswa.
 
Akhtar mengungkapkan bahwa dalam setiap capaian, pasti ada kegagalan, “Dari kegagalan tersebut, saya selalu belajar untuk terus tetap maju. Ada hal negatif dan positif yang telah saya dapatkan, tetapi saya tidak terpengaruh dan selalu mengambil hal yang baik. Ketika saya lomba, saya harus sungguh-sungguh, Ketika saya berorganisasi, saya harus bertanggung jawab.” 
 
Kegagalan, kurangnya dukungan, dan beban mental menjadi tantangan yang sering dihadapinya. Namun, ia berusaha tetap fokus pada hal-hal positif dan tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif. “Jika kamu ingin sukses, halangan apapun tidak akan berarti. Push yourself beyond your limit, achieve your biggest goal.” pungkasnya.
 
Pada kesempatan ini, Akhtar berpesan kepada generasi muda, bahwa dalam mempersiapkan sesuatu, haruslah sungguh-sungguh. “Jika gagal dalam mempersiapkan, maka bersiaplah juga gagal dalam hasilnya. Kalaupun gagal, bukan berarti terjatuh dan tidak bangkit lagi. Intinya harus membuktikan bahwa kita bisa, kita sukses,” tutupnya. *** (Penulis: Malya/Editor: Shafira Ramadhani, Denty A.)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 1770 kali