Atdikbud KBRI Dili Sambut 25 Mahasiswa MBKM Interasional UNWIRA Kupang di PBI Dili Timor-Leste  20 Mei 2024  ← Back



Dili, Kemdikbudristek – Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) bersama Pelaksana Fungsi Politik pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili pada Senin, 6 Mei 2024 menyambut kedatangan 25 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Pusat Budaya Indonesia (PBI), KBRI Dili.
 
Ke-25 mahasiswa tersebut akan melaksanakan program MBKM selama 2 bulan di Pusat Budaya Indonesia. Adapun program MBKM yang dilaksanakan meliputi pembelajaran seni musik dan budaya Indonesia, asistensi mengajar Bahasa Indonesia serta studi independen sesuai minat studi mahasiswa.
 
Program MBKM di PBI ini merupakan program MBKM pertama yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi Indonesia di Timor-Leste. Tujuan utama kegiatan ini adalah mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam mewujudkan program MBKM.
 
Atdikbud KBRI Dili, Ikhfan Haris, menyampaikan bahwa KBRI Dili sangat menyambut baik program MBKM Internasional yang dilaksanakan oleh Unwira Kupang.
 
Atdikbud Dili menambahkan, bahwa ini merupakan program MBKM pertama yang dilaksanakan di Timor-Leste. “Semoga perguruan tinggi Indonesia lainnya juga dapat mengikuti langkah Unwira Kupang untuk melakukan MBKM Internasional,“ ujar Ikhfan Haris.
 
Sebelumnya, program MBKM Internasional di Timor-Leste telah ditawarkan kepada berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Harapannya dengan adanya program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan kepada para mahasiswa melalui keterlibatannya secara langsung pada proses pembelajaran di luar kampus.
 
“Para mahasiswa magang nantinya akan mengikuti berbagai program seperti memberikan pelatihan seni dan budaya kepada masyarakat Timor-Leste, melakukan asistensi mengajar Bahasa Indonesia serta melakukan studi independen sesuai dengan minat studi para mahasiswa. Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan secara keberlanjutan kedepannya,” ungkap Ikhfan Haris.
 
Sebagai tempat pelaksanaan MBKM Internasional, Pusat Budaya Indonesia telah menyiapkan berbagai program bagi 25 mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang di antaranya Pelatihan Tari Kreasi; Pelatihan Drama; Pelatihan Paduan Suara; Pelatihan Musik Ansambel; Pelatihan Teknik Vokal; Pelatihan Band; Pelatihan Seni Rupa; dan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
 
Para mahasiswa tersebut akan mengampu 145 peserta yang telah mendaftar pada program pelatihan yang telah disediakan.
 
Harapannya melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja melalui aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di luar kampus. (Pusat Budaya Indonesia/Editor: Rayhan, Andrew)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 759 kali