Lakukan Lawatan ke Kairo, Dirjen PAUD Dikdasmen Bagikan Motivasi untuk Siswa SIC  17 Mei 2024  ← Back



Kairo, Kemendikbudristek – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, di sela penugasan resminya ke Kairo berkesempatan mengunjungi Sekolah Indonesia Cairo (SIC), pada Senin, 13 Mei 2024.

Iwan Syahril hadir sebagai perwakilan Kemendikbudristek dalam acara yang diadakan oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) dan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset Mesir bertajuk Gateways for Public Digital Learning Initiative pada tanggal 13 s.d 16 Mei 2024.

Iwan menyampaikan apresiasi atas ekosistem pendidikan yang dilakoni oleh guru dan siswa di SIC. “Meskipun jauh dari tanah air, tidak serta merta menghilangkan semangat kalian semua untuk melanjutkan pendidikan serta kecintaan kepada Indonesia,” ungkap Iwan.

Iwan juga menambahkan bahwasanya pendidikan merupakan bekal investasi di masa mendatang. “Pemerintah Indonesia akan selalu hadir menyediakan layanan pendidikan yang setara untuk anak Indonesia, tak luput para siswa yang berada di negara lain,” jelas Iwan yang saat kedatangannya disambut oleh Tarian dari Aceh “Ratuh Dharu” dibawakan oleh siswa SIC.

Selanjutnya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo, Abdul Muta'ali, turut menyatakan kebanggaannya atas lawatan Dirjen Iwan. “Menjadi sebuah momen langka, Bapak Iwan Syahril di sela penugasannya, berkenan hadir serta memberikan semangat dan motivasi untuk siswa SIC terus tekun belajar,” ucap Muta'ali.

Tak ketinggalan, seorang siswa SIC kelas X, Rifka Tsarwatul Ghina, menyatakan kegembiraannya dapat melihat dan bertemu secara langsung Dirjen Iwan.

“Selama ini saya hanya melihat Bapak Iwan lewat kanal media sosial, saya senang di hari ini mendapat motivasi yang menginspirasi saya dari beliau untuk terus melanjutkan pendidikan demi masa depan,” pungkas Rifka.

Tidak hanya membagikan pesan yang membangun inspirasi dan motivasi, Dirjen Iwan juga larut dalam momen kebersamaan setelah sesi diskusi dengan bernyanyi bersama. Beliau menyanyikan tiga lagu diiringi instrumen alat musik gitar yang direspons gembira oleh semua siswa SIC, yaitu lagu berjudul "Tanah Air," "Disini Senang, Disana Senang," dan "Laskar Pelangi."

Sebagai informasi, Kedatangan Dirjen Iwan di SIC diterima langsung oleh Atdikbud, Abdul Muta'ali dan Wakil Kepala Perwakilan KBRI Kairo, M. Zaim A. Nasution. Adapun acara yang dihadiri oleh Dirjen Iwan di Cairo turut diikuti oleh kurang lebih 14 peserta perwakilan negara dari benua Asia, Amerika, dan Afrika.

Lewat pertemuan internasional tersebut, para perwakilan negara berkesempatan belajar serta berbagi praktik baik secara langsung terkait pengembangan platform pembelajaran digital yang dilakukan oleh Mesir guna mendukung pendidikan masyarakat. (Atdikbud KBRI Kairo / Editor: Andrew, Stephanie, Denty, Seno)

 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 855 kali