Pusat Budaya Indonesia-Dili Fasilitasi Penjaringan Mahasiswa Baru President University  21 Mei 2024  ← Back



Dili, Kemendikbudristek – Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste pada Minggu, 5 Mei 2024 telah memfasilitasi pelaksanaan on-site test yang diselenggarakan oleh President University dalam rangka penjaringan calon mahasiswa baru asal Timor-Leste Tahun Ajaran 2024/2025 di Pusat Budaya Indonesia (PBI).
 
Fasilitasi tersebut merupakan bentuk dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terhadap program internasionalisasi perguruan tinggi Indonesia khususnya di Timor-Leste. Kegiatan on-site test tersebut diikuti oleh 230 calon mahasiswa asal Timor-Leste yang tertarik melanjutkan studi di President University. Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.
 
Atdikbud KBRI Dili, Ikhfan Haris, menyampaikan apresiasi kepada President University yang sangat aktif menjaring mahasiswa dari Timor-Leste. Sebagai informasi, Atdikbud KBRI Dili pada rentang tahun 2022 - 2023 telah memfasilitasi penyaluran beasiswa sebanyak 719 mahasiswa dengan berbagai skema pembiayaan baik dari Pemerintah Republik Indonesia maupun dari perguruan tinggi.
 
“Peminat President University di Timor-Leste sangat tinggi, hal ini tidak lepas dari peran aktif President University yang setiap tahunnya selalu berkunjung ke Timor-Leste untuk melakukan penjaringan calon mahasiswa,” ungkap Ikhfan Haris dalam sesi pembukaan on-site test.
 
Setiap tahunnya President University memberikan kuota beasiswa sebanyak 35 kursi kepada mahasiswa Timor-Leste yang memenuhi kualifikasi. President University juga menjadi salah satu perguruan tinggi Indonesia yang telah menjalin Perjanjian Kerja Sama dengan Lembaga Pengelola Beasiswa di Timor-Leste.
 
President University merupakan salah satu perguruan tinggi Indonesia yang aktif menjaring mahasiswa asal Timor-Leste, hingga tahun 2023 President University telah memiliki ratusan alumni dari Timor-Leste dan menjadikannya salah satu perguruan tinggi Indonesia yang sangat diminati oleh calon mahasiswa dari Timor-Leste.
 
Lebih lanjut, dijelaskan bahwa setiap tahunnya President University selalu mengalokasikan beasiswa kepada calon mahasiswa asal Timor-Leste, tentunya dengan strategi ini dapat meningkatkan minat para calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di President University.
 
Kantor Atdikbud KBRI Dili secara aktif memfasilitasi kegiatan penjaringan mahasiswa baru asal Timor-Leste yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi Indonesia. Timor-Leste merupakan salah satu target potensial bagi perguruan tinggi untuk memperoleh mahasiswa asing.
 
Hasil seleksi penerimaan mahasiswa akan diumumkan pada bulan Juni mendatang melalui pos-elektronik masing-masing peserta dan akun media sosial Pusat Budaya Indonesia. (Pusat Budaya Indonesia/Editor: Rayhan, Andrew)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 793 kali