Siswa Woodleigh School, Melbourne, “Keliling Indonesia” di KBRI Canberra  03 Mei 2024  ← Back



Canberra, Kemendikbudristek
--- Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra menerima kunjungan siswa dan guru dari Woodleigh School, Penbank, Victoria, Australia, pada Rabu, (2/5), yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024. Kunjungan ini merupakan salah satu hasil dari upaya KBRI Canberra untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada siswa dari sekolah-sekolah di Australia.
 
Dalam kunjungan yang berlangsung selama satu jam tersebut, 28 siswa dari Woodleigh School dibagi menjadi dua kelompok. Secara bergantian, kelompok siswa pertama diajak untuk mengenal Indonesia dengan berkeliling Balai Budaya Indonesia yang terdapat di KBRI Canberra, sementara kelompok yang lain mengikuti workshop tari tradisional.
 
Tur Balai Budaya dipandu oleh staf Atdikbud, Witari, untuk mengenalkan keragaman Indonesia mulai dari wilayah yang terdiri dari berbagai pulau, budaya, memainkan wayang, hingga alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia, seperti gamelan, angklung, dan talempong. Sedangkan untuk workshop tari yang dipandu staf Atdikbud, Muhammad Nur Aziz, siswa diajak untuk ikut menari kuda lumping.
 
Para siswa antusias mengikuti kegiatan yang disiapkan oleh kantor Atdikbud. Salah satu guru pendamping, Charlotte Wearne, menyampaikan bahwa anak didiknya sangat senang bisa berkunjung ke kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra. Di tengah musim gugur yang dingin, para siswa bersemangat mengikuti workshop tari dengan lincah. 
 
Atdikbud Mukhamad Najib mengatakan, KBRI memfasilitasi permintaan sekolah untuk berkunjung ke KBRI dan mengenal Indonesia. Ia menyebut, tim Atdikbud menyiapkan beragam kegiatan untuk menyambut para siswa. Kunjungan dilakukan oleh sekolah dari semua jenjang, mulai dari SD sampai SMA, tidak hanya dari Canberra, tapi dari seluruh wilayah Australia.
 
“Woodleigh School ini salah satu sekolah yang datang cukup jauh, dari Melbourne, Victoria. Biasanya setiap sekolah memang memiliki program tur sekolah ke kedutaan-kedutaan, dan Indonesia adalah salah satu yang cukup ramai dikunjungi,” ujarnya.
 
Kantor Atdikbud KBRI Canberra secara reguler menerima kunjungan dari sekolah-sekolah di Australia. Untuk tahun 2024, Woodleigh School adalah sekolah pertama yang berkunjung ke KBRI. Beberapa sekolah lain telah mendaftar untuk mengunjungi KBRI di tahun 2024.
 
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 885 kali