Hardiknas 2024, 3 UPT Provinsi Riau Berkolaborasi Selenggarakan Semarak Bulan Merdeka Belajar  02 Juni 2024  ← Back



Pekanbaru, Kemendikbudristek – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 dengan tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Riau, Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau, Balai Bahasa Provinsi Riau menyelenggarakan Semarak Bulan Merdeka Belajar pada tanggal 2-4 Juni 2024 di Museum Sang Nila dan Taman Budaya Provinsi Riau.
 
Kegiatan Semarak Bulan Merdeka Belajar merupakan hasil kolaborasi 3 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan didukung oleh Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan serta 12 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.
 
Pameran pendidikan, jalan sehat, sarapan sehat, senam sekolah sehat, gelar wicara dan pentas seni dilaksanakan sebagai rangkaian pelaksanaan Semarak Bulan Merdeka Belajar. Tak ketinggalan Semarak Gerakan Sekolah Sehat dan festival kurikulum Merdeka di Provinsi Riau menambahkan kemeriahan rangkaian Bulan Merdeka Belajar. Kegiatan ini  turut dihadiri oleh guru, murid, orang tua, masyarakat sekitar di Provinsi Riau, serta pegawai di 3 UPT.
 
Kegiatan di awali dengan jalan sehat, yang dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau bersama Pelaksana harian (Plh.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kemendikbudristek dengan mengibarkan bendera pertanda dimulainya jalan sehat serta dibukanya pelaksanaan Semarak Bulan Merdeka Belajar di Provinsi Riau.
 
Plh. Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kemendikbudristek, Anang Ristanto, menyampaikan bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 adalah momen penting untuk menghargai peran pendidikan dalam membangun bangsa, merefleksikan pencapaian, mengevaluasi tantangan, dan merumuskan langkah-langkah strategis menuju pendidikan yang lebih baik bagi semua anak bangsa untuk menyongsong generasi emas 2045.
 
“Dengan kegiatan pada hari ini, kita tunjukkan hasil dari proses transformasi pendidikan dan kebudayaan yang telah kita jalani selama ini. Sekali lagi kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas karya yang ditampilkan pada pameran ini, semoga menjadi inspirasi bagi pengunjung dan memicu munculnya penggerak Merdeka Belajar yang baru sebagai agen-agen perubahan,” tutur Anang dalam sambutannya pada pembukaan Semarak Bulan Merdeka Belajar di Provinsi Riau, Minggu (1/6).
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPMP Provinsi Riau, Nilam Sure, yang mewakili BGP dan Balai Bahasa Provinsi, menyampaikan bahwa kolaborasi bersama 3 UPT menjadikan pelaksanaan Semarak Bulan Merdeka Belajar, Gerakan Sekolah Sehat dan Festival Kurikulum Merdeka menjadi lebih semarak sebagai sarana dalam menggaungkan keberlanjutan Merdeka Belajar.
 
Nilam menambahkan, bahwa di periode terakhir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, semangat Merdeka Belajar harus tetap dilanjutkan. “Kebijakan Merdeka Belajar sebagai transformasi satuan pendidikan maka kita sama-sama harus menguatkan, pemerintah pusat dan daerah secara bersama-sama mengimplementasikan kebijakan agar arah proses transformasi satuan pendidikan berlangsung,” ucap Nilam.
 
Lebih lanjut, Nilam mengatakan bahwa kegiatan Semarak Bulan Merdeka Belajar bertujuan untuk menguatkan dan mensosialisasikan kebijakan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta membangkitkan semangat bersama dalam melanjutkan Merdeka Belajar. (Darmawan/Editor: Rayhan, Denty)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 947 kali