IISMA Membangun Negeri: Kisah Sukses Alumni IISMA di Coventry University Inggris  25 Juni 2024  ← Back

Inggris, Kemendikbudristek --- Beasiswa pertukaran pelajar Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) sekali lagi menorehkan prestasinya untuk ikut serta membangun negeri. Dua alumni mahasiswa vokasi penerima beasiswa IISMA yang sebelumnya diterima di Coventry University Inggris untuk program pertukaran pelajar selama satu semester, setelah lulus berhasil diterima dalam program strata 2, Magister Riset (MSc) di universitas yang sama. Lebih lanjut, program MSc ini merupakan program fast track yang memungkinkan mereka untuk berlanjut ke program strata 3 atau PhD.
 
Wulan Riyanti, alumni Politeknik Negeri Jakarta dan Gabriela S Siregar, Alumni Politeknik Negeri Batam, adalah penerima beasiswa IISMA tahun 2022 lalu yang berhasil diterima dalam program Master by Research dengan beasiswa penuh dari Coventry University. Keduanya memulai perjalanannya dengan ketertarikan untuk meneliti lebih lanjut mengenai “greenwashing” dalam industri perhotelan. Greenwashing sendiri merupakan sebuah praktik yang dilakukan oleh industri-industri yang menampilkan citra ramah lingkungan namun tanpa diikuti oleh bukti dan tindakan substansial yang sebenarnya. Wulan memfokuskan risetnya pada praktik dalam industri perhotelan yang berkelanjutan, sedangkan Gabriela memfokuskan risetnya pada respon konsumen terhadap marketing greenwashing yang dilakukan oleh pihak hotel.
 
Hasil yang diantisipasi dari penelitian mereka tidak hanya bersifat akademis, namun juga menjanjikan perubahan di dunia nyata. Dengan memberikan pemangku kepentingan industri pengetahuan dan alat untuk menavigasi kompleksitas keberlanjutan dan pemasaran hijau, Wulan dan Gabriella bermimpi untuk memupuk budaya akuntabilitas dan integritas dalam sektor perhotelan. Sejalan dengan aspek sustainability dan praktik green marketing di Indonesia, keduanya berharap riset mereka dapat berkontribusi sebagai acuan dalam menyusun praktek bisnis yang berkelanjutan, transparan dan bertanggung jawab.
 
Professor Benny Tjahjono, Professor asal Indonesia di bidang Sustainability dan Supply Chain Management, yang juga merupakan kepala Research Centre for Business in Society di Coventry University menyampaikan antusiasmenya ketika secara langsung membimbing mahasiswa-mahasiswa vokasi ini ketika pertama kali datang ke Coventry University melalui skema IISMA. Kedua mahasiswa ini datang melalui jalur seleksi yang ketat. Hal ini membuka peluang besar untuk menawarkan beasiswa bagi anak-anak vokasi pemenang IISMA sehingga mereka bisa melanjutkan studi S2. Salah satu tujuannya adalah untuk mempersiapkan lebih banyak lagi mahasiswa/i vokasi berkualitas untuk berkarir di dunia pendidikan vokasi di Indonesia.
 
Saat perjalanan mereka berlangsung, Wulan dan Gabriella tidak hanya merasakan rasa syukur yang mendalam karena mendapatkan kesempatan ini berkat dukungan dari IISMA, tetapi juga sangat berbangga sebagai penerima beasiswa IISMA dari program vokasi. Kehadiran IISMA bukan hanya sekadar memberi mereka kesempatan untuk mengejar impian akademis mereka, tetapi juga memberikan wadah yang ideal bagi mereka untuk mengembangkan potensi dan kontribusi mereka dalam masyarakat.

Dalam memilih mitra, IISMA juga telah menunjukkan ketajamannya dalam memilih universitas-universitas yang tepat untuk mendukung perjalanan para awardee-nya seperti Wulan dan Gabriella. Keputusan ini bukan hanya tentang memberikan beasiswa, tetapi juga tentang memberikan dukungan penuh, termasuk memberikan umpan balik konstruktif dan bahkan membiayai mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka ke luar negeri. Tindakan ini tidak hanya mencerminkan komitmen IISMA terhadap perkembangan akademis, tetapi juga menunjukkan kepeduliannya terhadap pertumbuhan pribadi dan profesionalisme mahasiswa.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi individu, IISMA juga turut serta dalam membangun negeri. Dengan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa berbakat untuk belajar dan berkembang, IISMA secara tidak langsung ikut serta dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Setiap langkah positif yang diambil oleh Wulan, Gabriella, dan mahasiswa lain yang didukung oleh IISMA, adalah langkah menuju sebuah masa depan yang lebih cerah bagi bangsa ini. (Tim MBKM / Editor: Stephanie, Denty)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 269 kali