KBRI Dili Sukses Selenggarakan International Education Expo 2024  11 Juni 2024  ← Back



Dili, Kemdikbudristek – Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste pada tanggal 7 – 8 Juni 2024 menyelenggarakan kegiatan International Education Expo 2024 di Pusat Budaya Indonesia (PBI) Dili yang diikuti oleh 6 Perguruan Tinggi Swasta Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI).
 
International Education Expo 2024 ini bertujuan untuk mendukung program internasionalisasi Perguruan Tinggi Indonesia khususnya bagi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi ABBPTSI Makassar.
 
Peserta International Education Expo 2024 terdiri dari Institut Teknologi dan Bisnis NOBEL, Universitas Almarisah Madani, Universitas Fajar, Universitas Katolik Atma Jaya Makassar, Politeknik LP31 Makassar dan Universitas Bosowa.
 
Atdikbud KBRI Dili, Ikhfan Haris, mengungkapkan bahwa pada tahun 2024 Kantor Atdikbud KBRI Dili mengagendakan tiga Pameran Pendidikan. “Tahun ini kami mengagendakan tiga kali Pameran Pendidikan, yang pertama dilaksanakan bulan Mei lalu yang diikuti oleh lembaga pendidikan vokasi dari Bali. Kali ini pameran yang kedua diikuti oleh Perguruan Tinggi Swasta dari Sulawesi Selatan dan di Oktober mendatang akan diikuti oleh Perguruan Tinggi yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia,” ucapnya di PBI, Dili, pada Jumat (7/6).
 
Lebih lanjut, Ikhfan menjelaskan bahwa kegiatan International Education Expo 2024  bertujuan untuk mendukung internasionalisasi Perguruan Tinggi Indonesia di Timor-Leste.
 
“Saat ini data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjukkan bahwa mahasiswa Timor-Leste menjadi mahasiswa dengan jumlah terbanyak yang melakukan studi di Indonesia,” ungkap Ikhfan.
 
Kegiatan International Education Expo 2024 yang diselenggarakan selama dua hari tersebut turut dihadiri lebih dari 800 pengunjung yang terdiri atas masyarakat dan pelajar Timor-Leste yang tertarik melanjutkan studi di Indonesia.
 
Selain kegiatan pameran pendidikan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan rangkaian kegiatan lainnya yang meliputi penjaringan calon mahasiswa baru, on-site test, pemberian kuliah tamu serta partnership meeting dengan Perguruan Tinggi Timor-Leste.
 
Kegiatan kuliah tamu dilaksanakan di empat Perguruan Tinggi Timor-Leste yaitu, Universidade Oriental Timor Lorosae, Instituto Superior Cristal, Institute of Business dan Dili Institute of Technologi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Katolik Atma Jaya Makassar, Universitas Fajar, Institut Teknologi dan Bisnis NOBEL dan Universitas Bosowa.
 
Hasil dari kegiatan tersebut adalah terjalinnya kerja sama antara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia dengan 19 Perguruan Tinggi Timor-Leste yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU). Setidaknya terdapat 30 MoU yang terfasilitasi selama kegiatan berlangsung. Diharapkan implementasi kerja sama antara Perguruan Tinggi Indonesia dengan Perguruan Tinggi Timor-Leste kedepannya dapat membuahkan hasil yang positif bagi kedua negara. (Pusat Budaya Indonesia/Editor: Rayhan, Denty)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 706 kali