Langkah Kemendikbudristek dan DWP Dorong Generasi Sehat dan Berkarakter  14 Juni 2024  ← Back



Jakarta, 13 Juni 2024
– Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan acara Gelar Wicara Gerakan Sekolah Sehat (GSS) 2024 dengan tema “Melalui Gerakan Sekolah Sehat Kita Wujudkan Generasi Emas Indonesia Yang Sehat, Kuat, Cerdas dan Berkarakter”, di Jakarta, Kamis (13/6).
 
Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemendikbudristek, Teti Herawati, menjelaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan (DWP) sangat mendukung program Sekolah Sehat yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek sebagai kampanye pada 23 Agustus 2022. Program ini telah berkembang menjadi Gerakan Sekolah Sehat dan berkelanjutan hingga kini.
 
“GSS termasuk dalam program Dharma Wanita Persatuan (DWP) karena sesuai dengan misi Dharma Wanita Persatuan (DWP), yaitu membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan peserta didik yang sehat jasmani dan rohani. Hal ini adalah modal penting agar mereka dapat belajar dengan baik sesuai dengan semangat Merdeka Belajar,” ujar Teti.
 
Gerakan Sekolah Sehat (GSS) berfokus pada 5 sehat, yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, dan Sehat Lingkungan. Kelima aspek tersebut saling berkaitan dan dapat diperoleh melalui pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Dharma Wanita Persatuan (DWP) bersinergi dengan berbagai stakeholder, mitra, serta organisasi wanita lainnya untuk dapat mengakselerasi implementasi Gerakan Sekolah Sehat ini.
 
“Mari bersama-sama kita mendukung anak-anak Indonesia dalam belajar dan berkarya untuk melahirkan generasi Pelajar Pancasila yang cerdas dan berkarakter,” ungkap Teti.
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Xanty Iwan Syahril, menyampaikan bahwa GSS ini merupakan upaya bersama dan berkelanjutan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga daerah, para mitra, satuan pendidikan, masyarakat, serta pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan satuan pendidikan yang memenuhi lima fokus Sekolah Sehat.
 
Acara kali ini berfokus pada pembahasan terkait Sehat Bergizi dan Sehat Jiwa. “Dalam gelar wicara ini, kita akan berdiskusi dan berbagi informasi kepada peserta terkait pembiasaan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) bagi peserta didik putri dan keterampilan psiko-sosial dalam mengelola emosi bagi seluruh peserta didik jenjang SMP dan SMA,” terang Xanty.
 
Gelar Wicara GSS 2024 menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak dari Kementerian Kesehatan, Lovely Daisy; pakar kesehatan jiwa, Rose Mini Agoes Salim; dan Ketua Komite SMP Negeri 177 Jakarta sekaligus perwakilan orang tua peserta didik, Ferry Yunita. Diselenggarakan di Hotel Pullman Central Park dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Direktorat SMP, acara ini dihadiri oleh 1.210 peserta, baik luring maupun daring. (Afi, Riska / Editor: Stephanie, Denty)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 586 kali