Mimpi Aurelia Awardee IISMA Raih Sukses Jalani Studi di Amerika  25 Juni 2024  ← Back

Jakarta, Kemendikbudristek – Setiap perjalanan menuju impian memiliki rintangan dan tantangan yang harus dihadapi. Namun, keberanian untuk terus berjuang adalah kunci untuk mencapai tujuan. Aurelia Zahra, mahasiswa program studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), merupakan contoh nyata dari keberanian dan ketekunan dalam mengejar impian.

Aurelia adalah salah satu awardee yang beruntung mendapatkan beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) Co-funding. Setelah melalui berbagai kegagalan dalam aplikasi IISMA Reguler, Aurelia tidak lantas menyerah. Ia terus berjuang, dan jerih payahnya terbayar dengan berhasil dalam skema IISMA.

Aurelia ialah mahasiswi yang memiliki ketertarikan tinggi dalam dunia bisnis digital, ia telah menunjukkan ketabahannya dalam menghadapi berbagai rintangan dalam perjalanannya menuju Amerika Serikat. Ia terus mencoba meraih beasiswa hingga memilih universitas yang sesuai dengan minat dan tujuan akademiknya, perjalanan Aurelia penuh dengan kesulitan yang diatasinya berkat kegigihan dan tekad.

Meskipun menghadapi perbedaan dalam budaya perkuliahan antara Indonesia dan Amerika Serikat, Aurelia berhasil menyesuaikan diri dengan baik, bahkan ia meraih IPK sempurna yaitu 4.00 di University Colorado Boulder. Baginya, hal tersebut merupakan prestasi yang sangat gemilang dan membanggakan.

“Ketika pertama kali tiba di Colorado, saya mengalami beberapa culture shock yang benar-benar di luar ekspektasi, terutama terkait perbedaan gaya hidup dan interaksi sosial. Untuk mengatasinya, saya berusaha untuk lebih terbuka dan adaptif terhadap lingkungan baru di sana. Saya mencoba untuk memahami dan menggunakan bahasa sehari-hari (lingo) yang mereka gunakan, serta memperkenalkan budaya Indonesia kepada teman-teman baru. Dengan cara ini, saya tidak hanya belajar untuk menyesuaikan diri, tetapi juga membantu orang lain memahami dan menghargai latar belakang budaya saya sebagai orang Indonesia,” tutur Aurelia.

Selain itu, Aurelia tidak hanya berhasil secara akademik, ia bahkan memanfaatkan waktu senggangnya untuk bergabung dalam komunitas bernama “Women Business Club” di Universitas Colorado Boulder. Selain menunjukkan keinginanya untuk belajar di lingkungan bisnis Amerika Serikat, ia juga aktif terlibat dalam komunitas yang mendukung dan memotivasi perempuan di dunia bisnis. Melalui klub komunitas tersebut, Aurelia mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan profesional wanita yang ahli di bidangnya dan memperluas networkingnya dalam dunia bisnis digital.

"Women Business Club di CU Boulder memberikan saya kesempatan untuk belajar dari para profesional dan berbagi pengalaman dengan sesama mahasiswa. Rasanya sangat bangga bisa berada di lingkungan yang mendukung dan bersama perempuan-perempuan hebat yang memiliki semangat yang sama. Dengan bergabung di komunitas ini, saya mendapatkan banyak insight baru dan berhasil memperluas relasi saya," ungkap Aurelia.

Ketekunannya di dunia bisnis ia mulai sejak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), lalu berkembang dengan seiring waktu, perkembangan di dunia startup yang membuatnya melek akan perkembangan dunia bisnis.

“Dengan adanya program IISMA ini, saya belajar hidup mandiri di lingkungan yang sangat jauh dari rumah dan dapat memperkaya perspektif saya tentang budaya dan cara berpikir yang berbeda. Pengalaman ini benar-benar mengubah semangat hidup saya, bahkan ketika saya kembali ke Indonesia, saya merasa lebih percaya diri, lebih terbuka terhadap perubahan, dan jauh lebih produktif di kehidupan sehari-hari,” ucap Aurelia.

Perjalanan hidupnya ini telah mengajarkan Aurelia dengan berbagai hal, baik secara akademik maupun pribadi. Menurutnya, dengan tekad dan kerja keras tidak ada Impian yang terlalu besar untuk dikejar. Keberhasilannya menaklukkan berbagai rintangan dalam perjalanan menuju Amerika Serikat, telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Semangatnya yang tak kenal lelah dan dedikasi untuk terus belajar dan berkembang adalah cerminan dari potensi yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia.
 
Aurelia berharap, setelah mengikuti IISMA Co-funding ia dapat meneruskan studi dengan nilai terbaik, dan meneruskan sekolah ke jenjang S2 dengan jurusan Magister Bisnis di Amerika Serikat. “Setelah lulus, saya berencana untuk mencari beasiswa S2 MBA di Amerika Serikat untuk mempelajari lebih lanjut tentang inovasi sustainable digital business yang bisa diaplikasikan di Indonesia. Selain itu, saya juga ingin berbagi pengalaman saya dan membantu mahasiswa Indonesia lainnya yang berminat mengikuti program IISMA, sehingga mereka juga bisa merasakan manfaat yang saya rasakan dan mendapatkan kesempatan untuk belajar di lingkup internasional,” tutup Aurelia. (Tim MBKM / Editor: Destian, Denty)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 254 kali