Perkuat Reputasi Pendidikan Internasional, IISMA Lanjutkan Kerja Sama dengan University of Pécs  25 Juni 2024  ← Back



Yogyakarta, Kemendikbudristek – Kerja sama IISMA dengan University of Pécs terus berlanjut. University of Pécs merupakan universitas mitra dari Hungaria yang telah bergabung sejak pertama kali program IISMA diluncurkan pada 2021 silam. Pada 7 Mei 2024 lalu, Koordinator Program Studi Luar Negeri dari University of Pécs, Boglárka Vecsánin, melakukan kunjungan ke Sekretariat IISMA di Yogyakarta.

Kedatangan Boglárka kali ini bertujuan untuk membahas kelanjutan skema kerja sama terbaru dengan IISMA, yaitu IISMA Co-funding. Boglárka menyambut skema IISMA Co-funding dengan antusias dan berharap dapat menerima lebih banyak mahasiswa Indonesia di University of Pécs. Universitas yang bertempat di Hungaria ini merupakan salah satu universitas favorit yang dipilih oleh para pendaftar IISMA. Pada tahun 2023, IISMA mengirimkan 39 mahasiswa Indonesia ke University of Pécs.

“Kami sangat senang menjadi bagian dari program ini,” ujar Boglárka.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Bidang Administrasi dan Umum IISMA, Andi Rahadiyan Wijaya, mengatakan bahwa IISMA memiliki program profesional terbaru yaitu IISMA-E atau IISMA Entrepreneur. Program tersebut direspons positif oleh Boglárka mengingat University of Pécs sudah sering mengadakan program-program serupa IISMA-E seperti kursus musim panas atau Summer Course yang biasanya digelar pada bulan Juli.

Kemudian, Andi menyampaikan bahwa University of Pécs dapat menjadi mitra potensial bagi program IISMA-E tahun depan dan berlanjut membahas program-program lainnya secara lebih lanjut.

Dalam kunjungannya, Boglárka juga memaparkan manfaat yang ia dapat dari Program IISMA. Selama kunjungannya di Indonesia, Boglárka mengatakan bahwa ia disambut baik dan ramah oleh orang-orang Indonesia. Bahkan, beberapa kali Boglárka selalu ditawari makanan.

“Kita bisa belajar banyak dari orang Indonesia dalam hal ini. Oleh karena itu, kita membutuhkan IISMA agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman budaya yang berbeda pada cultural exchange,” ungkapnya.

Selain membahas kelanjutan kerja sama untuk skema IISMA Co-funding dan IISMA Entrepreneur, Ida dari tim IISMA juga memberikan umpan balik mengenai tempat tinggal atau akomodasi para awardee IISMA di University of Pécs. Banyak mahasiswa yang berkeinginan dapat ditempatkan bersama mahasiswa internasional lainnya.

“Para mahasiswa ingin tinggal bersama mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara yang berbeda. Untuk itu, University of Pécs akan mencoba memenuhi keinginan tersebut agar mahasiswa merasa lebih nyaman saat melakukan pertukaran pelajar di Hungaria,” jelas Boglárka.

Kunjungan University of Pécs ke IISMA ini juga menjadi bukti nyata bahwa program IISMA dipercaya oleh mitra-mitra universitas di luar negeri. Reputasi baik ini menegaskan komitmen IISMA dalam menciptakan peluang belajar di berbagai universitas terkemuka di luar negeri dan mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas. (Tim MBKM / Editor: Destian, Stephanie, Denty)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 279 kali