Agustina Dewi, Siswa Berprestasi Peraih Medali Perunggu Battle Of The Chefs 2024  18 Juli 2024  ← Back


(Agustina Dewi, peraih medali perunggu ajang Battle of The Chefs 2024)
 
Palembang, Kemendikbudristek — Salah satu dari enam pemenang dalam ajang Battle of The Chefs adalah Agustina Dewi, yang akrab disapa Tina, siswa SLB Negeri Pembina Palembang. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Maria Irene Veronica Herdjiono, menyampaikan rasa bangga atas raihan prestasi yang telah dicapai. 
 
“Selamat untuk adik-adik yang telah meraih prestasi di ajang Battle of The Chefs. Kemendikbudristek melalui Puspresnas terus mengembangkan bakat dan minat para talenta peserta didik. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi siswa berkebutuhan khusus lainnya di Indonesia,” ujar Irene pada Senin (8/7). 
 
“Terima kasih kepada Tim Pembina dan Pendamping yang sudah bekerja sama membina anak-anak hingga mencapai prestasi,” tambah Kepala Puspresnas.
 
Tina merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara dan merupakan anak dari seorang buruh bangunan dan asisten rumah tangga. Gadis kelahiran tahun 2005 ini memiliki hobi memasak, khususnya membuat kue. Tina menyalurkan hobinya tersebut dalam ajang Battle of The Chefs yang diselenggarakan pada 27-29 Juni 2024 di Penang, Malaysia. Keinginannya untuk menjadi koki terkenal, tidak hanya di Indonesia saja melainkan hingga mancanegara dibuktikan dengan keberhasilannya membawa pulang medali perunggu. 
 
Tina telah berpartisipasi dalam berbagai perlombaan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Di tingkat internasional, Tina berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Battle of The Chefs 2024. Selain itu, Tina juga berhasil meraih juara kedua dalam lomba tata boga tingkat nasional di Jakarta pada tahun 2023. Keberhasilannya dalam meraih juara tersebut yang kemudian membawanya terpilih dalam ajang internasional Battle of The Chefs 2024 bersama enam peserta lainnya.
 
Meskipun sempat mengalami kesulitan selama lomba, Tina terus berusaha dan tidak pernah menyerah. Tina mengungkapkan, "Saya kerap merasa gugup dan kehilangan fokus saat lomba karena teringat waktu yang tersisa. Namun, saya mengatasinya dengan meyakinkan diri bahwa saya bisa selesai tepat waktu, berdoa, dan selalu bersemangat agar bisa menang.”
 
Tina memotivasi para generasi muda agar turut berprestasi. "Untuk teman-teman semua, teruslah semangat. Saya mendukung kalian untuk meraih prestasi dalam menggapai impian demi masa depan," pesannya.
 
Pada kesempatan yang sama, Ima Rachma selaku pembina Tina mengungkapkan, “Perasaan saya sangat senang dan terharu karena salah satu kebahagiaan bagi seorang pendidik adalah mengantarkan peserta didiknya meraih prestasi di ajang internasional dan mendapatkan medali.” 
 
Lebih lanjut, Ima menambahkan bahwa Tina memiliki kepribadian yang baik, sopan, dan rajin. Dalam pembelajaran di kelas, Tina selalu fokus dan giat berlatih, tak pernah melewatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuannya. Ketekunan dan dedikasinya ini membuatnya meraih prestasi yang membanggakan.
 
Selain itu, SLB Negeri Pembina Palembang selalu mendukung dan memfasilitasi para peserta didiknya dengan penuh dedikasi. Sekolah ini rutin mengadakan berbagai pelatihan untuk mengembangkan talenta yang dimiliki oleh setiap siswa. Dengan berbagai program yang diselenggarakan, siswa diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka. Dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh sekolah ini membantu siswa untuk mencapai prestasi yang gemilang dan mengembangkan potensi mereka secara optimal.
 
Sebagai pembina yang mendampingi Tina sejak awal perlombaan, Ima menyampaikan, “Selama perlombaan kami memiliki tantangan dalam memanajemen waktu, maka dari itu kami berupaya untuk mencapai target yang ditentukan dalam setiap sesi latihan. Alhamdulillah selama perlombaan prosesnya berjalan dengan lancar, kami hanya diberikan waktu 120 menit.”
 
Terakhir, Ima berharap agar Tina terus belajar. “Jadikan proses dalam mengikuti ajang lomba internasional ini sebagai pengalaman berharga agar kedepannya Tina selalu percaya diri serta memberikan inspirasi dan contoh yang baik kepada teman-teman di sekolahnya.” (Penulis: Nur Afiatun/Editor: Denty A.)
 
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 21 kali